10 Kebiasaan untuk Menghindari Kondisi Depresif

10 Kebiasaan untuk menghindari kondisi depresif

Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang 10 kebiasaan yang bisa dilakukan disekeharian untuk menjauhkan diri dari kondisi terpuruk secara emosi atau sering disebut dengan depresif. Walau setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda, namun tidak ada salahnya apabil anda juga mencoba beberapa tips terkait kebiasaan-kebiasaan apa saja yang bisa menghindari anda dari kondisi depresif, berikut ini penjelasan lebih lengkapnya,

Menulis Jurnal

Menulis merupakan salah satu cara yang baik untuk melepaskan emosi negatif. Menulislah tanpa perlu menggunakan filter, seperti anda berbicara tanpa mengedit apa yang anda pikirkan. Tidak perlu memikirkan soal kritik atau celaan dari orang lain atas apa yang anda pikirkan. Hal ini memungkinkan anda untuk mengeksplorasi emosi pada tingkat yang mungkin saja anda belum pernah anda jangkau dan entah bagaimana caranya emosi tersebut muncul dengan sendirinya saat anda menuliskan dengan pena di kertas.

Tidur yang Cukup

Tidur merupakan sesuatu yang penting untuk menjaga kondisi emosi anda. Dapat dikatakan tidur merupakan salah satu cara untuk memulihkan kondisi tubuh. Terdapat mekanisme perbaikan sistem kekebalan tubuh, otak beristirahat dan relaks dan untuk memperbaiki energi untuk hari berikutnya. Saat anda dalam kondisi emosi yang tidak stabil misalnya seperti pada saat anda merasa tertekan, maka secara tidak langsung kualitas tidur anda juga akan terganggu. Oleh sebab itu tetep jaga kualitas tidur anda agak hal tersebut juga bisa membantu anda lebih tenang dalam mengatasi permasalahan emosi.

Berolahraga

Rutin olahraga akan mendorong tubuh anda menghasilkan endorfin secara alami. Hormon endorfin berfungsi untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik. Terdapat banyak penilitian yang menunjukan bahwa olaraga dapat meningkatkan mood positif. Agar mood anda selalu terjaga maka mulai perbaiki rutinitas olah raga anda. Olahraga tak hanya untuk membentuk badan anda menjadi lebih menarik, namun yang terpenting ialah untuk membuat suasana hati anda menjadi lebih nyaman.

Minum Banyak Air Putih

Tubuh kita 95% terdiri dari air. Seringkali dehidrasi sering diabaikan hanya karena kesibukan. Padahal saat tubuh mengalami dehidrasi maka secara tidak langsung juga mempengaruhi metabolisme tubuh. Maka jangan biarkan diri anda mengalami dehidrasi sebab itu juga akan berpengaruh pada mood anda.

Bersosialisasi

Banyak orang yang mengalami permasalahan emosi didasari karena mereka cenderung tidak suka bersosialisasi. Bersosialisasi tak melulu datang ke tempat keramaian, seperti club malam. Yang perlu dipahami adalah bersosialisasi adalah menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain. Apabila anda sering merasa sendiri, maka segera cari perkumpulan atau komunitas yang sesuai dengan hobi anda, dengan demikian maka anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan anda, sehingga pola komunikasi akan lebih mudah untuk dibangun, terlebih orang tersebut adalah orang baru bagi anda.

Bermeditasi atau Berdoa

Berdoa itu identik dengan ritual agama, padahal bila ditelaah tidak selalu demikian. Saat anda berada pada kondisi tertekan karena suatu persoalan maka anda akan sulit untuk mengambil keputusan dengan tenang. Oleh karena itu untuk bisa menenangkan diri maka anda bisa bermeditasi atau berdoa. Dengan bermeditasi maka anda akan mengembalikan kesadaran anda. Sadar anda sedang melakukan apa dan sadar apa yang sedang anda hadapi. Ketika kesadaran anda mulai kembali maka anda akan lebih jernih dalam melihat suatu persoalan. Selain itu dengan berdoa anda akan membuat diri anda kuat karena anda tidak merasa sendiri dalam mengahadapi persoalan. Berdoa itu bagian dari komunikasi dengan Tuhan, saat anda merasa Tuhan dekat dengan anda maka anda akan memiliki kekuatan untuk menghadapi persoalan.

Bersyukur

Beryukur merupakan salah satu obat yang mujarab. Berterimakasihlah atas apa yang telah anda miliki dan sedang anda mikmati saat ini. Setiap orang di dunia ini selalu memiliki sesuatu yang dapat disyukuri setiap hari, tidak perduli betapa buruknya situasi yang sedang dialami. Ketika anda beryukur, maka secara sadar anda fokus pada hal-hal positif yang sedang anda alami. Bahkan saat-saat kondisi buruk sekalipun sangat penting untuk mengingat hal baik yang anda alami, misalnya masyukuri sampai saat ini anda masih diberi kemampuan untuk bernafas.

Belajar Untuk Memiliki Cinta Yang Tak Bersyarat

Hal ini mungkin terdengar sedikit aneh dan sulit dilakukan bagi beberapa orang. Cinta tanpa syarat ialah bentuk cinta yang tidak mengharapkan balasan secara langsung. Misalnya anda memiliki hewan peliharaan dan anda menyayanginya sepenuh hati tanpa mengharapkan imbalan. Mungkin bila diterapkan pada hewan peliharaan hal tersebut terdengar mudah karena hewan tidak bisa berkomunikasi selayaknya manusia. Akan tetapi bila anda perhatikan hewan bisa merespon apa yang anda lakukan terhadapnya dan biasanya ia akan menjadi lebih penurut. Begitu pula dengan berhubungan sesama manusia, bila anda sering merasa jengkel dengan anak anda maka bisa jadi anda belum menerapkan sebuah cinta yang tanpa syarat. Maka mulailah cintai anak anda atau pasangan anda tanpa perlu ada syarat yang menyertai. Dengan begitu sebenarnya anda sedang mencintai diri anda sendiri. Bila tidak percaya, cobalah dan rasakan apa yang terjadi pada anda.

Mungkin tips-tips diatas tidak sepenuhnya membaskan diri anda dari depresi. Akan tetapi cara-cara tersebut dapat membantu anda menjadi lebih kuat dan memiliki kontrol terhadap diri anda. Sehingga walau anda berada dalam kondisi yang terpuruk, anda tetap bisa membuat diri anda kuat untuk menghadapinya. Demikianlah, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Apabila anda membutuhkan psikolog untuk mendiskusikan permasalahan yang sedang anda alami, maka anda bisa hubungi Maragama Consulting dengan whats App di 085290499960.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *