4 Cara Efektif Untuk Membangung Komunikasi Agar Pernikahan Tetap Harmonis

4 Cara Efektif Untuk Membangung Komunikasi Agar Pernikahan Tetap Harmonis

4 Cara Efektif Untuk Membangung Komunikasi Agar Pernikahan Tetap Harmonis4 Cara Efektif Untuk Membangung Komunikasi Agar Pernikahan Tetap Harmonis

Pada hubungan pernikahan komunikasi adalah hal yang paling pent­ing karena komunikasi adalah awal dari kepercayaan satu sama lain. Tak jarang dalam sebuah pernikahan jika kedua pasangan memiliki komunikasi yang baik maka secara otomatis hubungan pernikahan akan berjalan baik pula. Namun dalam pernikahan terkadang pasangan mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan komunikasi. Sehingga komunikasi yang tidak sehat terkadang terbentuk dan dibiarkan begitu saja.

Tanda komunikasi pasangan tidak sehat

Bahkan banyak pasangan yang tidak sadar jika komunikasi yang mereka jalani termasuk komunikasi yang kurang sehat, berikut adalah tanda jika komunikasi pernikahan tidak lagi sehat :

  • Salah satu pasangan merasa tertekan, takut, terancam dan menarik diri setiap kali berkomunikasi
  • Saat seseorang mengambil keputusan secara sepihak tanpa melibatkan pasangannya
  • Ketika diskusi berubah menjadi percecokan
  • Pasangan yang selalu membantah, menyangkal atau menyembunyikan kebenaran yang terjadi

4 cara untuk membangun komunikasi yang baik dengan pasangan

Mengingat jika komunikasi merupakan komponen yang penting, dan sumber utama dari segala masalah yang dihadapi. Ada baiknya anda dan pasangan melakukan tindakan untuk memperbaiki komunikasi yang terjalin. Untuk itu simak tips di bawah ini 4 cara efektif membangun komunikasi dengan pasangan.

1.      Fokus pada sisi positif

Menurtu konsultan cinta online dan pelatih kencan bernama Julie Spira mengungkapkan jika untuk membangun sebuah komunikasi yang baik dengan pasangan, yang anda perlukan adalah mencurahkan waktu dan membuat ritual. Selain itu, ada baiknya anda fokus pada sisi positif pasangan baik itu sifat atau perilakunya, serta jangan ragu untuk memberikan pujian padanya. Misalkan saat anda memiliki waktu untu berbicang, katakan saja jika anda menyukai pillow talk setiap malam. Hal tersebut akan memberikan kesan kepada pasangan jika komunikasi terjalin telah baik dan anda menghargai dia.

2.      Jadilah pendengar yang baik untu pasangan

Keinginan anda untuk selalu didengarkan adalah hal sama yang diingkan oleh pasangan. komunikasi yang baik bukanlah saat anda mendengarkan keluh kesah pasangan saja, namun pasangan juga bersedia mendengarkan cerita anda. Ketahuilah jika setiap orang ingin didengar dan dipahami, jadi dalam komunikasi pentingnya menjadi pendengar yang baik dibading harus mendominasi percakapan.

3.      Fokus melakukan hal-hal kecil pula

Kebanyakan orang terkadang terlalu fokus dengan hal yang besar namun lupa akan hal kecil. Untuk itu selain fokus dengan aspek besar antara anda dan pasangan, cobalah untuk memerhatikan hal kecil. Contohnya dengan mengungkapkan perasaan cinta setiap pagi, mencium kening pasangan sebelum berangkat, atau memberikan pujian dan ucapan terima kasih setiap kerja keras yang dilakukan. Gerakan yang ringan dan tak perlu mengeluarkan banyak usaha namun dapat membuka komunikasi agar lebih baik serta menumbuhkan rasa saling menghargai.

4.      Hadapi masalah dengan tenang

Terkadang masalah selalu menjadi batas kedua pasangan sehingga enggan bagi mereka untuk membicarakannya. Padahal yang seharusnya dilakukan kedua pasangan harus berdiskusi mengenai penyelesaian masalah, jangan ragu atau memendamnya beranikan diri untuk membicarakan masalah tersebut dengan pasangan. jika anda terbiasa untuk membicarakan masalah dengan tenang maka pasangan pun akan bersikap demikian. Jika perlu jadwalkan hari dimana kalian membicarakan sesuatu yang memang penting.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *