5 Contoh Body Shaming

5 Contoh Body Shaming

5 Contoh Body ShamingBody Shaming? Apa yang anda pikirkan ketika pertama kali mendengar kalimat tersebut? Atau malah anda baru saja mendengarnya? Ya, mungkin salah satu diantara kalian sering mengomentari tentang bentuk fisik orang lain, Itu adalah tindakan yang disebut body shaming . Yang awalnya hanya dibuat sebagai bahan guyonan namun malah menjadi keterusan. Sebenarnya hal tersebut tidak baik untuk dilakukan apalagi kepada teman kita sendiri.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan, untuk membuat anda mengerti apa itu Body Shaming dan alasan kenapa Body Shaming tidak pantas untuk diungkapkan kepada orang lain. Mari kita bahas bersama.

Apa saja contoh body shaming

  1. Mereka menyebutmu “Gendut”

Pasti ini kaum wanita sering mendengar atau malah mempermasalah jika anda terlihat “gendut”.  Misalnya saja anda dan teman-teman anda tengah mendatangi sebuah pesta pernikahan atau rumah makan yang berkonsep prasmanan. Kemudian anda mengambil porsi makan yang cukup banyak bila dibandingkan orang normal lainnya. Pasti anda akan mendengar komentar “pantas saja gendut makannya banyak” atau mungkin “kamu badan kecil tapi makannya banyak”.

Kita sebagai teman harus mengerti jika metabolisme seseorang berbeda-beda. Jadi jangan berpikir dari luar fisik orang saja tapi lihatlah dari segi kesehatan juga.

      2. Mengomentari warna kulit

Body shaming bukan hanya soal bentuk tubuh yang gemuk atau kurus. Body shaming juga berkaitan dengan warna kulit. Pernah gak sih kalian diputusin atau ditolak seseorang hanya karena “Kulit kamu Hitam dan dibilang jelek”. Dari situlah saat ini orang-orang berlomba-lomba menghabiskan uang jajan mereka hanya untuk membeli produk pemutih kulit atau melakukan perawatan di salon untuk memutihkan kulit mereka. Padahal kecantikan atau ketampanan seseorang bukan hanya warna kulit namun mengenai hati mereka yang baik atau tidak.

      3. Mengomentari setelah adanya perubuhan fisik

Kadang anda merasa bingung dengan komentar orang lain. Ketika anda terlalu banyak makan dan terlihat lebih berisi, orang-orang berkomentar “ih gendutan ya sekarang” atau saat anda berusaha melakukan diet dengan tujuan agar pola hidup anda lebih sehat orang-orang malah berkomentar “wah sekarang kurusan ya”. hal itu terkadang membuat anda sedikit jengkel dengan komentar orang-orang tersebut.

       4. Orang lain tetap mengejek padahal mereka tahu bahwa anda sudah tidak nyaman

Bercanda atau saling membully satu sama lain antara hubungan pertemanan memang diperlukan dengan tujuan menambah keakraban. Namun, dalam candaan akan lebih baik jika kita peka dengan teman disekitar kita. Jika dirasa seseorang sudah merasa keberatan dengan apa yang kita jadikan bahan becanda maka sebaiknya berhenti dan meminta maaf pada orang yang bersangkutan. Jangan berkomentar mengenai perasaannya yang dinilai berlebihan atau sifatnya yang mudah marah/ngambek.

Alasan kenapa kita tidak boleh melakukan Body Shaming

Setelah mengetahui contoh body shaming yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari, ada beberapa alasan kenapa body shaming itu tidak boleh dilakukan.

  1. Body shaming sama dengan bullying

Body Shaming adalah sebuah tindakan Bullying, ya memang tidak ada kontak fisik yang merugikan seseorang tapi body shaming dapat mempengaruhi perubahan karakter pada seseorang.

      2. Body Shaming dapat menghilangkan kepercayaan diri seseorang, bisa saja berakibat stress pada seseorang

Komentar yang negative apalagi mengenai bentuk tubuh seseorang dapat mempengaruhi keadaan Psikologis seseorang. Bisa saja karena komentar yang berlebihan membuat seseorang merasa dirinya semakin terpuruk dan stress. Kalau sudah ditahap seperti ini Body Shaming harus dihentikan.

        3. Body Shaming tidak menguntungkan siapapun

Sadarilah kalau tindakan body shaming hanya akan merusak pertemanan kita, malah bisa saja berakibat fatal. Tidak ada yang bermanfaat dari body shaming, dengan melakukan body shaming tidak akan membuat seseorang  terlihat keren. Jadi untuk apa dilakukan?

        4. Menunjukan perilaku yang kekanak-kanakan

Body shaming tidak bisa mengambarkan bahwa anda sosok yang dewasa. Malah justru kebalikannya, anda malah akan semakin terlihat kekanak-kanakan karena terlalu banyak berkomentar terhadap hidup orang lain.

         5. Tak ada manusia yang sempurna

Ini adalah point penting, tanamkan pada diri kita sendiri bahwa semua orang punya kekurangan dan kelebihan. Jadi bentuk fisik seseorang bisa saja itu kekurangan yang terlihat namun sebenarnya dia memiliki bakat yang luar biasa. jadi sadarilah bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan untuk melengkapi satu sama lain

Nah, itu dia pembahasan kita mengenai Body Shaming. Semoga dengan informasi diatas membuat kita semakin berhati-hati terhadap apa yang kita ucapkan pada orang lain. Tak semua komentar yang kita ucapkan itu baik bagi orang lain.

Jika anda masih bingung dengan pembahasan Body Shaming atau tindalan Bullying lainnya anda dapat menghubungi layanan konsultasi kami melalui webite www.maragama.com atau WhatsApp kami 085 290 4 99960.

Semoga informasi diatas bermanfaat, salam jiwa sehat!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *