Adanya Konseling Antara Anda Dan Pasangan Yang Berperan Sebagai Helping Relationship

Adanya Konseling Antara Anda Dan Pasangan Yang Berperan Sebagai Helping Relationship

Adanya Konseling Antara Anda Dan Pasangan Yang Berperan Sebagai Helping RelationshipAdanya Konseling Antara Anda Dan Pasangan Yang Berperan Sebagai Helping Relationship

Umumnya manusia adalah makhluk sosial, yang saling membutuhkan satu sama lain. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Interkasi dan komunikasi yang dibangun terkadang berubah menjadi hubungan antara dua orang atau lebih. Hubungan atau relasi yang dibangun bisa berkaitan dengan pertemanan, pekerjaan, hubungan kekeluarga hingga asmara.

Konseling sebagai helping relationship

Setiap hubungan yang anda jalani pasti akan mengalami beberapa kendala sehingga dapat memicu kerusakan ikatan yang antara anda dan orang lain, termasuk hubungan asmara. Namun terkadang untuk menyelesaikan sebuah masalah anda membutuhkan orang lain yang dapat menjadi sosok mediator. Dalam hubungan asmara perdebatan atau pertengkaran mungkin adalah hal yang wajar saja terjadi, namun yang menjadi masalah adalah saat kedua pasangan tak mampu menyelesaikannya.

Salah satu mediator yang dapat anda pilih untuk menyelesaikan hubungan asmara anda adalah konselor. Dengan proses konseling masalah yang anda hadapi mungkin saja menemukan jalan keluar yang efektif. Bukan hanya itu dengan berkonseling terkadang anda akan mendapakan beberapa cara agar hubungan yang dijalani menjadi lebih berkualitas. Dengan peniliai konselor yang objektif dan tidak netral tentu akan lebih mudah bagi anda dan pasangan dalam memahami masalah yang sedang dihadapi.

Sebenarnya proses konseling ini termasuk dalam psikoterapi. Menurut Pepinsky seorang konselor dalam bidang relationship berpendapat jika hubungan yang mengacu pada pengaruh elemen-elemen emosional dari sebuah interaksi, dimana hubungan ini didasarkan pada observasi terhadap sikap ataupun tingkah laku pasien. Sangat penting untuk ditekankan jika konselor berperan sebagai variabel dalam hubungan anda serta bagaimana hubungan tersebut membantu pasiennya.

Karakteristik dan dimensi relationship dalam proses konseling

1.      Keunikan

Relationship merupakan hal yang unik. Adapun beberapa faktor yang membuat keunikan tersebut yaitu keberagaman karekter setiap orang. Sikap konselor, perilaku, karakteristik fisik serta latar belakang pasien adalah faktor yang membentuk mengapa muncul keunikan dalam hubungan asmara. Kesulitan ini terkadang membuat generalisasi mengenai kesulitan proses konseling. Selain terdapat aspek lain dari keunikan relationship pada proses terapi yakni perbedaan setiap hubungan yang dijalin oleh individu.

2.      Objektif dan subjektif

Sebenarnya ada dua cara pandang yang berbeda bagi seorang konselor untuk memberikan penilaiannya yaitu subjektif dan objektif. Diperlukan kedua penilaian tersebut untuk menyeimbangkan sebuah hubungan asmara selama proses konseling berlangsung. Keseimbangan akan mengacu pada tingkatan, elemen, serta pengaruh kecerdasan emosional. Oleh sebab itu seorang konselor akan memberikan cara pandang tanpa melibatkan penilaian pribadi. Adanya unsur subjektif dalam hal ini adalah kedekatan dan kehangatan yang terjalin antara konselor dan pasiennnya.

3.      Kognitif atau afektif

Yang dimaksud dengna kognitif dalam hubungan adalah adanya hubungan intelektualitas yang terjalin antara konselor dan pasiennya. Bentuk hubungan tersebut dapat berupa saling bertukar informasi mengenai masalah yang sedang dihadapi. Sementara afektif merupakan ekspresi perasaan dan perubahan yang dialami oleh pasien. Untuk itu seorang konselor harus tahu kapa ia  mendorong eksplorasi masalah dan perasaan pasiennya.

4.      Ambiguitas

Ambiguitas merupakan sebuah situasi yang ditandai orang-orang yang merespon berbeda bahkan terkadang tidak menunjukan respon yang jelas. Ambiguitas memiliki peran sebagai kemungkanan paien untuk memproyeksikan perasaannya selama proses konseling.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *