Apa Saja Yang Dibicarakan Saat Konseling Pra Nikah Nanti?

Apa Saja Yang Dibicarakan Saat Konseling Pra Nikah Nanti?

Apa Saja Yang Dibicarakan Saat Konseling Pra Nikah Nanti?

Saat anda dan pasangan memutuskan untuk melakukan konseling pra nikah, terkadang muncul kebingungan kira-kira apa yang sebaiknya dikomunikasikan dengan konselor nanti? Selain pehamanan mengenai rasa cinta dalam pernikahan topik seperti seks dan pengelolaan finansial ternyata jadi bagian yang tak boleh luput dari pembicaraan.

Seks dan uang seringkali menjadi faktor penyebab merenggangnya hubungan pasangan suami istri. Bahkan jika tidak diatasi dengan baik, masalah kedua hal tersebut dapat berujung pada perpisahan. akan tetapi, untuk melihat sejauh mana anda dan pasangan ingin membahas topik tersebut menjelang pernikahan tentu kembali pada kesiapan mental bagaimana anda berdua menerima perbedaan.Apa Saja Yang Dibicarakan Saat Konseling Pra Nikah Nanti?

Yang dibicarakan saat konseling pra nikah

Perlu dipahami dalam proses konseling pra nikah umumnya dilakukan secara bertahap. Mulai dari konseling satu orang kemudian konseling berdua. Anda dan pasangan juga bisa meminta konselor untuk fokus pada satu topik tertentu atau membatasi topik yang akan diangkat. Peran konselor sebagai moderator sangatlah penting karena ia harus mampu menyelaskan perbedaan dua individu menjelang hidup bersama.

Dikutip dari kompas seorang ahli kejiwaan bernama Dr. Ratna Mardiati Sp.KJ dari klinik Angsamerah, mengungkapkan perempuan dan laki-laki dapat memilih apa yang ingin dibahas dalam konseling pernikahan. Akan tetapi umumnya terdapat 3 hal yang sering dikomunikasikan antara lain:

1.      Persoalan keuangan

Apabila pasangan memilih untuk mengangkat topik keuangan serta bagaimana cara yang tepat mengelolanya. Umumnya pasangan akan membicarakan berapa bagian yang akan diperlukan keluarga serta sejauh mana uang yang akan dipakai untuk pengembangan setiap individu.

2.      Pembagian waktu

Meskipun telah resmi menikah namun setiap orang tentu tetap menjadi dirinya sendiri, tentu tak selamanya hubungan pernikahan akan terus menempel pada diri seseorang. Untuk itu, pembagian waktu sangatlah penting, pembagian mengenai kegiatan apa yang boleh dilakukan sendiri, bersama kelurga dan aktivitas bersama pasangan tentu akan dibahas selama proses konseling nanti.

Pemahaman yang dibangun sebelum menikah tentu akan membuat kedua pasangan lebih memahami kebutuhan masing-masing.

3.      Perencanaan ke depan

Baik anda maupun pasangan tentu masih menyimpan keinginan untuk mengembankan potensi diri. Misalnya jika suami atau istri masih menginginkan menempuh  pendidikan yang tinggi dan meraih cinta-cita yang belum tercapai. Dalam proses konseling nanti ada baiknya jika  anda dan pasangan sama-sama membicarakan keinginan pribadi. Sehingga baik anda maupun pasangan akan menyepakati bagaimana membangun pernikahan yang harmonis namun mimpi masing-masing tetap bisa diraih. Untuk itu perencanaan masa depan sangat dibutuhkan.

Membicarakan seks menjelang pernikahan

Sedangkan jika membahas mengenai seks, pembekalan mengenai cinta saat proses konseling pra nikah justru menjadi penguat. Menurut seorang seksolog dan androlog Dr. Heru Oetoeng menjelaskan jika sudah saling mencintai, pasangan akan menjadi lupa menganai latar belakang masing-masing. Diperlukan penerimaan atas diri dan risiko dari persoalan sesksualitas yang dibahas, yang penting adalah cinta.

Selain itu, Dr. Heru juga menegaskan isu keperawanan seringkali menimbulkan perpecahan pada pasangan yang hendak menikah atau yang telah menjalani pernikahan. Akan tetapi, dengan adanya pemahaman mengenai pentingnya menumbuhkan cinta dalam hubungan isu seperti ini bukan lagi sebuah masalah bagi pasangan suami dan istri.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *