Apakah Benar Pasangan Memerlukan Konseling Saat Pernikahan Sedang Bermasalah?

Apakah Benar Pasangan Memerlukan Konseling Saat Pernikahan Sedang Bermasalah?

Apakah Benar Pasangan Memerlukan Konseling Saat Pernikahan Sedang Bermasalah?Apakah Benar Pasangan Memerlukan Konseling Saat Pernikahan Sedang Bermasalah?

Terkadang banyak orang yang kebingungan untuk mendatangi seorang konsultan pernikahan. Bagi sebagian orang masih menyimpan keraguan banyak yang bertanya “apakah bisa dengan melakukan konseling pernikahan hubungan suami istri akan kembali membaik?” tujuan dari setiap pasangan saat melakukan konseling adalah mempertahankan status pernikahan mereka. Meskipun dari kebanyakan kasus yang terjadi konseling dapat membantu pasangan untuk memperbaiki hubungannya, namun ada beberapa kasus pernikahan yang menuntun pasangan pada perpisahan. Sebenarnya tujuan utama dari konseling pernikahan adalah untuk menyakinkan kedua pasangan jika hubungan pernikahan yang mereka jalani sudah tidak sehat dan mencari jalan terbaik bagi kedua pihak meskipun itu adalah perpisahan.

Sebenarnya banyak faktor yang bisa mempengaruhi potensi keberhasilan atau kegagalan hasil konseling. Dalam hal ini kedua pasangan harus mampu menentukan apakah dalam hubungan mereka membutuhkan sebuah konseling atau tidak?

Kapan pasangan suami istri harus mengikuti sebuah konseling?

Banyak yang tidak tahu apakah hubungan mereka membutuhkan konseling pernikahan atau tidak? Tanpa disadari terkadang terdapat masalah yang dihadapi kedua pasangan dan sulit untuk diselesaikan berdua. Untuk itu simak beberapa kondisi berikut ini yang menandakan jika anda dan pasangan membutuhkan konseling :

  • Masalah yang terjadi berangsur terlalu lama dan tidak dapat diselesaikan sendiri, hingga akhirnya masalah tersebut tersebar ke aspek kehidupan masing-masing pasangan. Karena satu masalah yang belum terselesaikan memicu munculnya masalah baru.
  • Salah satu pihak atau kedua pasangan memutuskan untuk berpisah, mereka menggunakan jasa layanan konseling sebagai salah satu cara untuk mengumumkan keinginan mereka untuk berpisah.
  • Jika dalam hubungan pernikahan salah satu pihak melakukan tindakan kekerasan fisik sebagai ancaman bagi pasangannya. Kondisi ini sering terjadi jika dalam sebuah penyelesaian masalah pasangan tidak dapat menyelesaikan dengan cara diskusi.
  • Salah satu atau kedua pasangan keras kepala atau menolak adanya peran masing-masing, padahal melakukan peran dan tanggung jawab adalah salah satu cara agar tercipta hubungan keluarga yang harmonis.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Marital and Family terapi menyatakan jika, konseling pernikahan berhasil membantu 7 dari 10 pasangan dalam menemukan keutuhan rumah tangganya masing-masing. Namun bukan berarti jika semua penelitian tersebut mempunyai pengaruh yang sama pada tiap pernikahan. Salah satu faktor utama dalam menentukan apakah konseling pernikahan efektif dilakukan adalah tingkat dorongan kedua pasangan.

Bagaimana cara konseling pernikahan dapat membantu menyelesaikan sebuah masalah?

Keberhasilan konseling dapat ditentukan dari kemampuan seorang konselor serta kemauan yang dimiliki oleh kedua pasangan. untuk menyelesaikan sebuah masalah pernikahan berikut ini cara kerja konseling pernikahan :

  • Konseling dapat membantu pasangan dengan memotivasi keduanya untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi serta mencari jalan keluar dengan perspektif baru.
  • Konseling pernikahan mengajarkan cara-cara baru dan efisien untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan sebuah konflik.
  • Konseling pernikahan dapat menjadi sebuah wadah komunikasi yang mungkin saja mengikis keharmonisan. Biasanya hal ini dibutuhkan pada pasangan yang tidak lagi menaruh kepercayaannya terhadap pernikahan
  • Konseling pernikahan memiliki peran sebagai pihak yang netral. Hal ini dibutuhkan untuk membantu pasangan menghadapi sebuah masalah yang sulit ataupun menghindari beberapa hal yang memicu perpisahan.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di http://maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *