Apakah Bisa Pernikahan Kembali Membaik Dari Perselingkuhan Melalui Konseling?

Apakah Bisa Pernikahan Kembali Membaik Dari Perselingkuhan Melalui Konseling?

Apakah Bisa Pernikahan Kembali Membaik Dari Perselingkuhan Melalui Konseling?

Apakah Bisa Pernikahan Kembali Membaik Dari Perselingkuhan Melalui Konseling?

Membangun hubungan pernikahan memang rentan akan isu dan konflik. Hubungan pernikahan yang dijalani bisa diibarakan sebuah pohon “semakin tinggi pohon maka semakin kencang pula angina yang berhembus” begitu pula semakin lama usia pernikahan maka akan semakin besar pula konflik yang dihadapi.

Mungkin banyak yang mengira jika permasalahan akan sering muncul pada awal pernikahan, namun pada kenyataannya konflik yang dihadapi oleh pasangan yang menjalani hubungan pernikahan cukup lama mengalami konflik yang cukup kompleks. Uang, anak, komunikasi, hubungan seksual, keintiman kedua pasangan adalah faktor yang sering menjadi penyebab kenapa pasangan sering mengalami konflik. Konflik yang kian membesar dan tidak ada tindakan untuk menyelesaikan ancaman percerian bisa terjadi dalam hubungan kedua pasangan.

Fenomena perselingkuhan dalam rumah tangga

Bukan hanya faktor yang telah disebutkan diatas yang menjadi kenapa pasangan berpisah, terkadang faktor orang ketiga adalah pemicu terjadinya perceraian. Dari kebanyakan kasus perceraian hampir sebagian diajukan dengan alasan adanya pihak ketiga dalam hubungan. Perselingkuhan memang sulit ditoleransi bagi pasangan, anak, maupun anggota keluarga lainnya.

Perselingkuhan tidak hanya menyerang pada pasangan yang terpisah jauh saja. ada beberapa kasus perselingkuhan yang dilakukan secara diam-diam saat masih menjalin hubungan yang harmonis. Salah satu kasus perselingkuhan public figure Indonesia adalah kasus pernikahan Sule dan istrinya Lina di tahun 2018.

Sule comedian yang terkenal dengan kelucuannya kini harus merelakan kepergian Lina. Mereka resmi bercerai setelah Sule mengetahui jika sang istri berselingkuh dengan pria lain. Hubungan pernikahan seideal apapun pasti akan hancur jika salah satu pasangan mengkhianati janji suci yang diucapkan ketika akad.

Dampak dari perselingkuhan

Setiap perbuatan pasti ada akibat yang harus ditanggung oleh pelakunya sama halnya jika seseorang melakukan hubungan perselingkuhan. Dampak buruk yang disebabkan oleh perselingkuhan diantaranya sebagai berikut :

  • Menimbulkan rasa trauma secara psikologis pada korban
  • Kehilangan kepercayaan dari pasangan
  • Merasa malu dan rendah terhadap diri sendiri
  • Mendapatkan penilaian dan pandangan negative dari masyarakat dan lingkungan keluarga besar
  • Rentan terkena HIV/AIDS
  • Menjadi pribadi yang sensitive dan selalu negative thinking
  • Selalu dihantui oleh perasaan takut, was-was dan curiga
  • Rentan akan perceraian

Apakah hubungan dapat membaik setelah terjadi perselingkuhan?

Perselingkuhan adalah hal yang menyakitkan. Tak semua pasangan menerima kenyataan yang terjadi dalam pernikahannya. Namun bila timbul pertanyaan apakah hubungan bisa kembali membaik seperti dulu, meskipun salah satu pasangan pernah berselingkuh?

Sepertinya terdengar sulit, namun mungkin hal itu bisa terjadi jika pasangan melakukan konseling. Pada umumnya seorang yang menjadi korban perselingkuhan akan berusaha mencari seorang yang berkompeten. Tujuan dari konseling tersebut adalah agar pasangan dapat menemukan jalan keluar. Menghadapi kenyataan yang pahit memang sulit maka dari itu ada baiknya, untuk itu perlu usaha dan waktu untuk menghadapi hal tersebut.

Bukan hal yang mustahil jika selama proses konseling nanti pasangan dapat kembali ke jalan yang seharusnya meskipun perselingkuhan pernah dilakukan. Hal yang harus dilakukan oleh kedua pasangan suami istri agar hubungan pernikahannya membaik kembali adalah dengan :

  • Menyadari jika hal tersebut 100% adalah salah
  • Rendah hati dan berusaha ikhlas
  • Ada kemauan untuk belajar setia, berubah menjadi lebih baik melalui tahapan konseling

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di http://maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *