Apakah Bisa Sifat Seseorang Berubah Setelah Menikah?

Apakah Bisa Sifat Seseorang Berubah Setelah Menikah?

Apakah Bisa Sifat Seseorang Berubah Setelah Menikah?Apakah Bisa Sifat Seseorang Berubah Setelah Menikah?

Sebelum melangsungkan pernikahan, setiap orang tentu memiliki karakteristik kepribadian dan sifat-sifat yang khas pada dirinya. Karakteristik kepribadian ini dibentuk dari asuhan atu didikan dari lingkungan sekitarnya selama hidup. Di dalam pernikahan sendiri, terdapat dua orang yang memiliki kepribadian yang saling bertolak belakang dan harus hidup bersama dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk melangsungkan pernikahan anda harus bersiap untuk menjalani berbagai perubahan-perubahan yang akan terjadi selepas menikah. Perubahan yang terjadi bisa berasal dari dalam diri anda yaitu perubahan sidat setelah menikah.

Yang menjadi pertanyaan mungkinkan sifat atau watak seseorang dapat berubah setelah ia menikah? Simak penjelesannya berikut ini.

Apa yang dapat membuat seseorang berubah setelah ia menikah?

Banyak hal yang dapat terjadi setelah menikah misalnya cara pandang anda terhadap pasangan menjadi berubah. Ia bukan lagi pacar atau kekasih hati melainkan pendamping hidup. Cara kerja anda pun ikut berbeda dari sebelumnya, jika dulu anda bekerja hanya untuk kebahagian pribadi namun setelah menikah anda harus bekerja untuk biaya hidup bersama pasangan dan anak-anak.

Cara anda dan pasangan bertengkar pun ikut berubah setelah resmi menikah. Kedewasaan mulai muncul dalam pernikahan dan semakin berpikir rasional dalam menghadapi masalah. Selain itu, cara pandang anda terhadap masa depan akan berbeda dibanding saat anda masih berstatus lajang. Saat ini mungkin anda akan memikirkan tempat tinggal keluarga, kebutuhan rumah tangga, pendidikan anak, dan berbagai keperluan lainnya. Banyak sekali yang akan terjadi pada diri anda setelah menikah. Bahkan bukan hanya hal-hal tersebut saja, kepribadian anda akan turut berubah karena beberapa faktor yang disebutkan.

Menikah dapat mengubah kepribadian seseorang

Menurut penelitian, menikah dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah memaafkan dan meningkatkan kemampuan dalam mengendalikan diri. Tim peneliti dari Tilburg University di Belanda berpendapat jika kedua kualitas tersebut sangat penting untuk membangun rumah tangga yang bahagia.

Yang dimaksud dengan memaafkan adalah keputusan seseorang  untuk melepaskan perasaan menerima terhadap perlakuan orang lain (pasangannya). Dengan memaafkan seseorang akan mampu mengurangi emosi negatif terhadap siapa saja. sementara pengendalian diri merupakan kemampuan untuk mengelola pikiran, perasaan dan dorongan yang anda rasakan dengan memberikan tanggapan yang tepat. Pengendalian diri akan membandu anda tidak terbawa emosi saat menghadapi situasi yang sulit, dan memaafkan akan membantu anda terus melanjutkan hubungan yang harmonis dalam jangka panjang bersama pasangan.

Tidak semua orang dapat berubah setelah ia menikah

Menurut seorang profesor bernama Andrew Christensen dari UCLA mengungkapkan jika kepribadian seseorag belum tentu akan berubah seutuhnya setelah ia menikah. Sehingga tak jarang jika dalam pernikahan pasangan akan menemui beberapa konflik. Baik itu konflik besar maupun kecil hal ini berakibat pada perbedaan cara pandang. Ada beberapa orang tak dapat merubah karakternya meskipun telah mencoba dan sia-sia saja jika pasangan menuntut mereka untuk merubah karakter yang dimilikinya.

Saat menikah, sejak awal seseorang harus mampu menerima pasangan secara apa adanya. Mungkin muncul dorongan dalam hati anda untuk merubah kehidupannya, tapi bukan berarti anda bisa mengubah karakter yang telah dibentuk saat seseorang masih kecil. Hanya pasangan anda sendirilah yang mampu mengubah dirinya sendiri, begitu pula dengan anda.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *