Apakah Pasangan Bisa Rujuk Setelah Melakukan Konseling Pra Perceraian?

Apakah Pasangan Bisa Rujuk Setelah Melakukan Konseling Pra Perceraian?

Apakah Pasangan Bisa Rujuk Setelah Melakukan Konseling Pra Perceraian?Apakah Pasangan Bisa Rujuk Setelah Melakukan Konseling Pra Perceraian?

Mungkin sebelumnya anda pernah mendengan topik konseling pra nikah, namun bagaimana dengan konseling pra perceraian? Apakah masih terdengar asing di telinga anda?

Apa itu konseling pra perceraian?

Konseling pra perceraian adalah suatu layanan untuk masyarakat umum yang berbentuk psikoterapi dan bertujuan agar pasangan yang diambang atau sedang menghadapi kehidupan setelah resmi bercerai. Ketika kedua pasangan resmi bercerai tentu hal tersebut akan mempengaruhi kondisi kedua pasangan, selain itu perceraian juga akan mempengaruhi kedua keluarga besar dan anak mereka.

Kasus perceraian mungkin sudah hilir mudik menghiasi berbagai media informasi disekitar kita mulai dari TV, Koran, radio, media sosial, dan situs website dan platform lainnya. Meskipun sudah tidak asing lagi, bukan berarti pasangan suami istri berhak memutuskan bercerai kapan saja. banyak dari pasangan yang bercerai siap menghadapi perpisahan baik secara psikis, emosional, maupun fisik. Bahkan Negara besar seperti Amerika serikat menyakatan dari banyaknya kasus pernikahan yang berakhir pada perceraian, separuhnya dilakukan oleh pasangan yang menikah dalam kurun waktu 5 tahun usia pernikahannya.

Meskipun banyak tekanan yang didapatkan oleh kedua pasangan sebelum memutuskan bercerai. Namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, bukan hanya faktor emosional, atau psikis saja.

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum kedua pasangan memilih untuk berpisah adalah sebagai berikut :

1.      Perceraian akan mempengaruhi anak

Bagi anda yang memiliki anak pada usia yang masih kecil, khususnya usia balita.  Perceraian akan memperngauhi kondisi psikologisnya. Masalah psikologis seperti rasa trauma dapat anda cegah dengan melakukan konsultasi psikologi.

2.      Kerugian yang akan anda dapatkan nantinya

Setelah bercerai tentu saja kehidupan yang anda lalui akan berubah secara drastis, salah satu perubahan yang mudah terlihat adalah dari segi pendapatan anda yang kurang dari biasanya. Pikirkan kembali apakah siap untuk berjuang sendirian? Apakah anda siap untuk kehilangan patner hidup anda selamanya?

3.      Apakah dengan bercerai anda akan lebih bahagia?

Konflik yang semakin membesar dalam pernikahan tentu saja akan membuat anda tersiksa menjalani hidup. Namun bukan berarti dengan terlepas dari tali pernikahan kehidupan anda akan jauh lebih baik. Coba pikirkan kembali apakah setelah bercerai anda mampu menghadapi kondisi emosional yang buruk?

4.      Sudahkan anda mencegah perceraian tersebut dengan maksimal

Bercerai berarti anda harus hidup mandiri, melakukan berbagai aktivitas sendirian. Keinginan untuk bercerai hanyalah bentuk pemberontakan dari anda yang tak menerima kondisi saat ini. Cobalah pikirkan lagi mungkin ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk mencegah perceraian itu?

Pra perceraian dapat mencegah perpisahan

Apakah memungkinkan hubungan kedua pasangan akan membaik dan kedua pasangan mengurungkan niat mereka untuk bercerai dengan melakukan konseling pra perceraian?

Hal itu sangat mungkin terjadi karena dalam prosesnya yang berlangsung, ada tiga tahapan yang harus dilalui kedua pasangan, yaitu :

  • Konseling individu
  • Konseling pasangan
  • Mediasi

Selama berada dalam ketiga tahapan tersebut, pasangan akan saling menjelaskan keinginan masing-masing. Dengan adanya forum untuk berdiskusi serta bantuan dari professional, sangat memungkinkan bagi kedua pasangan untuk saling memahami satu sama lain. Perceraian yang terjadi biasanya didasari oleh ego masing-masing, meskipun nanti pasangan tetap bersikukuh untuk berpisah. Namun adanya proses konseling ini akan mengantisipasi dampak buruk yang diakibatkan oleh perceraian baik kedua pasangan maupun anggota keluarga lainnya.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di http://maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *