atasi pertengkaran dalam hubungan

Atasi Pertengkaran dalam Hubungan

Dalam sebuah hubungan, kita tak bisa mengelak pasti selalu saja ada hal-hal yang menimbulkan suatu perdebatan hingga pertengkaran. Wajar bila hal tersebut hanya terjadi pada saat-saat tertentu saja, namun bagaimana bila pertengkaran sudah menjadi suatu kebiasaan dalam hubungan? Pastinya akan menyebabkan rasa cinta perlahan luntur dan menghilang. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini terdapat beberap tips yang bisa anda lakukan dengan pasangan, yaitu:

Bukan Mencari Siapa yang Benar

Biasanya yang menyebabkan pertengkaran menjadi berkepanjangan ialah karena masing-masing ingin membuktikan siapa yang paling benar. Hal tersebut membuat inti dari penyebab pertengkaran menjadi kabur, sehingga tidak pernah mendapatkan solusinya.  Jika hal ini terus terjadi maka kebencian akan timbul dalam hubungan Anda. Solusinya ialah fokus pada menyari solusi permasalahan. Redakan ego dengan meminta maaf terlebih dahulu, tidak peduli siapa yang salah.

Berkompromi satu sama lain

Saling berkompromi adalah satu hal yang bisa dilakukan untuk meredakan pertengkaran. Kompromi menandakan bahwa anda dan pasangan sama-sama memiliki niat baik untuk memperbaiki hubungan. Berkompromi membuat anda dan pasangan terlibat dalam diskusi untuk saling menemukan solusi dalam permasalahan.

Mengendalikan Emosi

Menahan untuk tidak marah dalam pertengkaran memang sangatlah sulit. Rasa ingin mengungkapkan ekpresi kemarahan serta kekecewaan seringkali akan memperparah pertengkaran. Oleh karena itu, mengendalikan emosi merupakan satu cara yang cukup efektif untuk mencari penyelesaian dari masalah.

Dengarkan Penjelasan Pasangan

Berusaha mendengarkan penjelasan saat sedang mengalami pertengkaran pastinya menjadi tantangan tersendiri bagi anda. Saat anda mendengarkan dengan sepenuh hati apa yang disampaikan pasangan, anda akan menjadi lebih mudah untuk memahami apa yang diinginkan dan dirasakannya. Tak perlu terburu nafsu untuk bereaksi saat pasangan belum selesai memberikan penjelasan. Dengan mendengarkan sepenuh hati, otomatis anda sudah memberikan kesempatan pada pasangan untuk memperbaiki hubungan.

Membawa tidur bersama

Sebuah pertengkaran tak selalu diselesaikan dengan duduk saling berhadapan. Bagi sebagian pasangan, tidur bersama bisa menjadi salah satu cara untuk meredakan pertengkaran. Segala argumentasi mereda saat anda dan pasangan saling tidur bersama. Memang cara ini agak sedikit aneh, namun cara ini sangat efektif untuk meredakan emosi kemarahan sehingga inti dari permasalahan dapat terselesaikan. Setelah anda dan pasangan berhasil menyelesaikan permasalahan, maka anda bisa melanjutkan dengan beruhubungan intim. Hubungan seks setelah pertengkaran disinyalir dapat menjadi lebih bergairah. Anda patut mencobanya.

Segala perdebatan dan pertengkaran dalam sebuah hubungan selalu ada titik temu jika anda bisa melakukan beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Tak perlu gengsi bila masih saling mencinta, karena gengsi hanya akan memperburuk keadaan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *