Banyak Orang Rela Berubah Demi Pasangan? Apakah Itu Baik Untuk Diri Anda?

Banyak Orang Rela Berubah Demi Pasangan? Apakah Itu Baik Untuk Diri Anda?

Banyak Orang Rela Berubah Demi Pasangan? Apakah Itu Baik Untuk Diri Anda?

Saat dibuai gejolak asmara, rasanya anda ingin melakukan segala hal dengna pasangan. Karena melakukan aktivitas berdua akan terasa menyenangkan, sehingga tak jarang banyak orang yang memprioritaskan hubungan asmara mereka dibanding segalanya.Banyak Orang Rela Berubah Demi Pasangan? Apakah Itu Baik Untuk Diri Anda?

Sampai-sampai banyak orang yang rela mengubah dirinya menjadi sosok yang diinginkan pasangan, baik itu secara penampilan maupun sikap. Mengubah diri memang sah-sah saja apalagi jika itu mengarahkan anda menjadi pribadi yang lebih baik, namun sebaiknya jangan didasari oleh keinginan pasangan. karena apa yang diharapkan pasangan belum tentu terbaik untuk anda. Lalu apakah mengubah diri demi pasangan itu baik? Dan apa alasannya?

Mengapa orang rela mengubah diri demi pasangan?

Seorang psikolog hubungan yang berasal dari Washington DC bernama Rebekah Montgomery berpendapat, dibandingkan pria ternyata wanita cenderung lebih sering mengubah dirinya demi sang pasangan. Ia berpendapat, wanita biasanya merasa memiliki tanggung jawab lebih saat sedang menjalani sebuah hubungan. Hal inilah yang kemudian, membuat mereka merasa perlu beradaptasi dengan pasangannya.

Kemauan agar dapat menjadi kekasih atau istri yang baik membuat wanita berusaha untuk mengubah dirinya agar pasangan dapat menerima dan mencintainya. Padahal mungkin mereka sendiri merasa kurang klik dengan perubahan yang dilakukan.

Selain itu, seorang profesor psikologi lainnya dari Northwestern University, Chicago bernama Eli Finkel menjelaskan, setiap orang yang ada dalam hidup kita memiliki pengaruhnya sendiri. pasangan anda pun termasuk dalam orang yang memiliki pengaruh sangat kuat dalam kehidupan anda. Pengaruh ini bisa berdampak baik, namun juga berdampak buruk tergantung dari bagaimana pasangan anda. Saat seseorang berusaha mengubah dirinya demi pasangan, bisa jadi ia ingin menjadi sosok yang ideal sesuai apa yang diharapkan pasangannya. Dengan demikian, diharapkan jika pasangannya akan mencintainya dan tidak akan berpaling dengan orang lain.

Rasa tidak aman seperti inilah yang membuat mengapa banyak orang relah mengubah dirinya demi sang kekasih. Dalam situs Doquesne University, kondisi ini dikenal dengan ‘efek Pygmalion.’ Efek pygmolion ini merupakan kondisi seseorang yang berusaha bertindak sesuai dengan harapan orang lain. Yang itu artinya pasangan anda.

Jika pasangan terus menuntut anda untuk berubah

Mencintai pasangan boleh-boleh saja, namun jangan sampai cinta itu membuat anda merasa buta dan lupa dengan diri sendiri. mencintai diri sendiri bisa dimulai dari dengan menolak hal-hal yang membuat anda merasa tidak nyaman. Termasuk menolak untuk berubah demi pasangan, apalagi jika anda sendiri tidak menginginkan hal itu.

Jika pasangan meminta anda melakukan sesuatu namun anda merasa keberatan akan hal itu, maka cobalah untuk mengatakannya dengan baik. Sampaikan apa yang ada dalam hati ini mengenai berbagai permintaan pasangan yang memberatkan diri anda. Apabila pasangan menghargai, tentu ia akan memahami anda dan meminta maaf atas apa yang telah dilakukan selama ini.

Namun jika pasangan merasa tersinggung dan marah pada anda, maka cobalah pertimbangkan kembali apakah bisa melanjutkan hubungan yang seperti ini? apakah anda mampu bertahan dengan menuruti semua perminataan pasangan? Jika anda ingin berubah, maka hal ini harus didasari oleh keinginan sendiri bukan orang lain. Karena hanya anda yang tahu mana yang baik dan bukan untuk diri sendiri.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *