Berdiskusi Mengenai Pola Asuh Anak Sebelum Menikah Itu Penting

Berdiskusi Mengenai Pola Asuh Anak Sebelum Menikah Itu Penting

Berdiskusi Mengenai Pola Asuh Anak Sebelum Menikah Itu PentingBerdiskusi Mengenai Pola Asuh Anak Sebelum Menikah Itu Penting

Sebelum memutuskan untuk menikah tentu akan ada banyak diskusi yang perlu anda bahas dengan pasangan. mengingat setelah menikah anda akan hidup bersama dia, dan menyelesaikan berbagai masalah dengan dia. Memang banyak hal yang perlu anda diskusikan mulai dari kondisi keuangan, cara berkomunikasi dan menyelesaikan sebuah masalah, tempat tinggal bersama hingga pola asuh anak yang akan diterapkan. Namun sebenarnya apa yang mengharuskan pasangan harus membahas pola asuh anak sebelum menikah?

Diskusi pola asuh anak sebelum menikah itu penting

Pola asuh anak memang pembahasan yang penting bagi setiap calon pengantin. Harus ada kesepakatan bersama apakah anda berdua ingin langsung memiliki anak atau menundanya? Bagaimanapun keputusan anda dan pasangan, tetap yang lebih penting adalah bagaimana cara mengasuh anak sebelum menikah. Tujuannya baik anda maupun pasangan tidak terkejut dengan adanya prinsip hidup yang bisa saja berbeda.

Pembicaraan ini sangatlah penting dalam pernikahan karena kedua pasangan telah berkomitmen satu sama lain, bukan hanya untuk masa depan berdua saja namun juga untuk calon anak anda. Dengan berdiskusi secara tidak langsung anda dan pasangan memiliki gambaran bagaimana sosok orangtua yang diharapkan dari pasangan.

Namun sangat disayangkan banyak kasus perceraian saat ini yang disebabkan oleh perbedaan cara mendidik anak. untuk itu membicarakan masalah pola asuh anak akan membantu anda dan pasangan mempersiapkan diri menjadi orangtua. Hal ini akan menjadi pondasi yang kuat dalam membangun keluarga nantinya.

Cara berdiskusi dengan pasangan mengenai pola asuh anak

Mengasuh dan membesarkan anak adalah pekerjaan kedua pasangan. baik anda maupun pasangan harus saling membantu dan membutuhkan satu sama lain. Memiliki pasangan untuk saling berbagi suka dan duka dalam mengasuh anak tentu akan mempermudah pekerjaan. Cobalah untuk simak beberapa pertanyaan untuk anda diskusikan bersama pasangan antara lain :

  • Apa hubungan yang dijalani sudhah cukup sehat untuk memberikan dukungan sepenuhnya pada calon anak anda?
  • Apakah anda dan pasangan setuju untuk memiliki anak?
  • Bisakan anda dan pasangan berkomunikasi dengan terbuka tanpa ada rahasia yang ditutupi?
  • Akankah anda dan pasangan akan berbagi tanggung jawab secara finansial saat membesarkan anak nanti?
  • Bagaimana anda dan pasangan menghadapi ketegangan selama masa kehamilan dan ketika mengasuh anak?
  • Apakah anda dan pasangan siap membagi pekerjaan rumah saat merawat anak?
  • Jika seandainya pernikahan ini berakhir pada perceraian, bagaimana cara anda dan pasangan tetap berperan sebagai orangtua bagi anak?

Mengambil kalimat dari Lulu Tobing dalam film Dua Garis Biru, “menjadi orangtua bukan hanya mengandung 9 bulan 10 hari, namun pekerjaan seumur hidup”. Mengasuh dan membesarkan anak adalah tugas yang setiap pasangan perlu adanya kerja sama, kompromi dan kesabaran.

Oleh karena itu sebaiknya bicarakan pola asuh anak jauh-jauh hari sebelum menikah. Selain untuk masa depan calon anak, anda dn pasangan akan membangun ekspetasi saat mengasuh anak. selain itu anda akan mengetahui apakah prinsip yang dimiliki pasangan sama dengan anda?

Jika anda kesulitan untuk menentukan bagaimana pola asuh anak, jangan ragu untuk melakukan konsultasi pernikahan. Karena itu dapat membantu kedua pasangan menemukan jalan keluar dalam menentukan bagaimana pola asuh calon anak.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *