Cara Tepat Agar Pernikahan Anda Terhindar Dari Risiko Perceraian

Cara Tepat Agar Pernikahan Anda Terhindar Dari Risiko Perceraian

Cara Tepat Agar Pernikahan Anda Terhindar Dari Risiko PerceraianCara Tepat Agar Pernikahan Anda Terhindar Dari Risiko Perceraian

Setiap pasangan yang telah menikah pasti tidak menginginkan jika pernikahannya berakhir pada jurang perceraian. Maka tak jarang jika mereka mengusahakan berbagai cara agar pernikahannya tetap awet dan langgeng. Apalagi saat ini semakin banyak masalah yang akan dihadapi, namun masalah tersebut bukan berati menjadi penyebab anda harus berpisah.

Perceraian tentu bukan hanya merugikan anda atau pasangan namun juga anak dan seluruh keluarga besar. Perceraian terkadang membawa luka yang mendalam bagi sang anak, tak jarang banyak orangtua yang mengaku bila anda mereka mengalami perubahan sikap setelah bercerai misalnya mulai tidak menghargai orangtua, munculnya kebencian, hingga melakukan tindakan yang menyimpang.

Mengingat dampak buruk yang disebabkan oleh perceraian maka tak ada salahnya bagi anda untuk melakukan beberapa cara agar pernikahan anda terhindar dari perceraian. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan antara lain :

1.      Saling mendengarkan satu sama lain

Untuk menciptakan hubungan pernikahan yang harmonis, hal sederhana yang bisa dilakukan oleh kedua pasangan ialah saling mendengarkan. Adanya komunikasi yang salah dan tidak sehat terkadang menjadi sebuah konflik dalam pernikahan. Selain itu komunikasi yang baik harus dilakukan dari hati ke hati. Untuk membangun komunikasi yang baik cobalah untuk mendengarkan setiap kali pasangan menjelaskan sesuatu, jangan buat diri anda dipenuhi oleh perasangka buruk yang belum pasti benar atau tidak. Berilah kesempatan bagi pasangan berbicara jangan menjadi pribadi yang egois, yang ingin didengarkan namun tak ingin mendengarkan.

Komunikasi yang sehta akan membantu anda dan pasangan terhindar dari perceraian.

2.      Selalu ungkapkan apa saja yang sedang anda pikirkan dan rasakan

Selain menjadi pasangan yang saling mendengarkan satu sama lain, anda dan pasangan juga harus bersikap lebih terbuka. Itu artinya anda berdua harus mengungkapkan apa yang sedang dirasakan dan dipikirkan meskipun itu hal yang tidak menyenangkan. Perasaan yang terus terpendam terkadang menjadi bumerang dalam hubungan anda.

Selama bersama pasangan anda akan terus dihantui oleh rasa kesal dan berbagai emosi negatif yang membuat anda tidak nyaman, tertekan, hingga ketakutan selama bersama pasangan. untuk itu cobalah utaraka segala isi anda baik itu hal positif maupun negatif.

3.      Selalu melakukan kompromi

Dalam hubungan pernikahan tentu kompromi sangat dibutuhkan, apalagi jika anda dan pasangan dihadapkan sebuah pilihan tertentu. Adanya kompromi juga akan melatih anda untuk mengambil keputusan bersama. Dengan begitu anda dan pasangan akan mengesampingkan kepentingan pribadi, ingat setiap hasil kompromi harus dipatuhi oleh kedua pasangan.

Oleh karena itu setiap kali berkompromi dengan pasangan sampaikan ketidaksetujuan anda hal ini akan mengurangi rasa keterpaksaan.

4.      Berhenti menyalahkan satu sama lain

Hal yang sering dilakukan oleh pasangan anda menyalahkan satu sama lain. Sadarilah jika apapun yang terjadi dalam pernikahan anda merupakan konsekuensi dari keputusan bersama. Saling menyalahkan tidak akan menyelesaikan masalah. Hal ini justru akan membuat masalah semakin rumit dan hubungan anda akan menjadi renggang.

5.      Konsultasi pernikahan

Terkadang kita memang perlu meminta bantuan orang lain saat sedang menghadapi masalah bersama pasangan. untuk saat-saat seperti ini tak ada salahnya anda melakukan konsultasi dengan konselor pernikahan. Jangan takut bila dianggap hubungan anda gagal, karena terbukti banyak pasangan yang melakukan konsultasi demi mempertahankan pernikahannya.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *