Cara Tepat Hadapi Pasangan Yang Selalu Cemburuan

Cara Tepat Hadapi Pasangan Yang Selalu Cemburuan

Cara Tepat Hadapi Pasangan Yang Selalu CemburuanCara Tepat Hadapi Pasangan Yang Selalu Cemburuan

Cemburu adalah hal yang lumrah dalam sebuah hubungan asmara. Namun jika pasangan selalu dipenuhi dengan kecemburuan terhadap anda tentu akan menjadi sebuah konflik. Lama-kelamaan anda akan merasa risih dan lelah untuk menghadapi pasangan yang cemburu buta. Apalagi jika rasa cemburu tidak dilandasi oleh alasan yang mendasar. Atau bahkan anda mungkin tidak melakukan hal apa pun.

Jika terus dibiarkan bisa saja hubungan anda akan berakhir pada perpisahan, untuk itu sebelum anda memilih untuk putus. Simaklah artikel di bawah ini caratepat menghadapi pasangan yang cemburuan.

1.      Tanyakan padanya alasan mengapa ia merasa cemburu

Hal yang biasanya dilakukan kebanyakan orang saat pasangan merasa cemburu adalah berbalik mengomelinya. Bukannya masalah selesai justru pasangan akan semakin ribut, oleh karena itu lebih baik anda menanyakan alasan mengapa pasangan merasa cemburu. Usahakan saat sedang mengatakan itu, anda tetap dalam kondisi yang tenang. Jika perlu sampaikanlah dengan intonasi yang lembut. Lalu dengarkanlah penjelasan pasangan dengan baik tanpa harus membantah.

Kesimpulannya, anda harus mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa pasangan merasa cemburu. Barulah anda dan pasangan dapat mencari jalan keluar dari masalah tersebut.

2.      Hindari sikap menyangkal dan defensif

Banyak orang yang menganggap jika kecemburuan bukanlah kesalahannya. Meskipun itu benar terjadi namun sikap meremehkah dan menyangkal pasangan dengan cara yang kasar justru akan memperkeruh masalah.

Mungkin anda perlu mengganti kalimat penyangkalan dengan kalimat yang lebih menenangkan pasangan misalnya “Maaf ya kamu jadi cemburu, tapi percayalah denganku. Apa yang kamu dengar kemarin sama sekali tidak benar”.

Saat anda berhasil menenangkan perasaan takut pasangan, maka kecemburuannya pun juga ikut mereda. Sedangkan semakin anda berusaha menyangkal tanpa ada pernyataan yang menenangkan, pasangan justru semakin merasa terancam. Tentu perasaan cemburu pasangan akan semakin meningkat. Ingatlah semakin anda menyangkal atau menghindari percakapan maka masalah yang dihadapi akan semakin besar dan sulit diselesaikan.

3.      Lakukan instropeksi diri

Sebelum anda menyalahkan pasangan atas rasa cemburunya, cobalah untuk lebih intropeksi diri. Bisa saja sikap anda yang terlalu cuek membuat pasangan merasa cemburu. Saat ini cobalah luangkan sedikit waktu untuk berpikir. Apakah ada perilaku yang secara tidak sengaja anda lakukan menjadi pemicu kecemburuan pasangan?

Jika anda masih belum menemukan jawabannya, anda bisa tanyakan kepada pasangan apa yang menjadi pemicu rasa cemburunya? Dengan demikian, anda akan tahu batasan dan sikap yang harus diubah.

4.      Menentapkan batasan kedua pasangan

Setelah anda mengomunikasikan masalah ini dengan baik, maka sebaiknya buatlah kesepakatan mengenai apa saja batasan yang dapat anda dan pasangan lakukan. Anda dapat membuat batasan tersebut melalui beberapa pertanyaan berikut ini :

  • Apa yang disukai dan tidak disukai pasangan
  • Apa yang membuat pasangan merasa nyaman dan apa yang membuatnya merasa ketakutan
  • Bagaimana pasangan ingin diperlakukan dalam beberapa situasi tertentu

Dengan memiliki berbagai informasi tersebut anda akan paham bagaimana seharunya bersikap. Selain itu anda dan pasangan akan tahu mana yang boleh dilakuan dan tidak.

Namun jika pasangan terus merasa cemburu cobalah tanyakan apa yang sebenarnya ia inginkan? Namun perlu diingat selalu pilih kata-kata yang baik agar tidak menyinggung perasaannya.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *