Cara Tepat Mengatasi Stres Dan Gugup Menjelang Pernikahan Bagi Calon Pengantin

Cara Tepat Mengatasi Stres Dan Gugup Menjelang Pernikahan Bagi Calon Pengantin

Cara Tepat Mengatasi Stres Dan Gugup Menjelang Pernikahan Bagi Calon Pengantin

Cara Tepat Mengatasi Stres Dan Gugup Menjelang Pernikahan Bagi Calon Pengantin

Sumber gambar: Freepik

Tentu anda tahu jika ada banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang pernikahan. mulai dari makanan, gedung, dekorasi dan make up, busana pengantin, undangan para tamu dan masih banyak lagi. Terkadang di tengah persiapan yang dilakukan, baik salah satu atau keduanya merasa ragu dan takut akan komitmen yang dibuat.

Hal ini karena komitmen tidak hanya berlaku dalam 2 atau 3 tahun saja, namun seumur hidup mereka. Maka tak jarang rasa ragu dan takut tersebut membuat mereka merasa stres dan sangat gugup/cemas menjelang hari pernikahan. Tentu hal ini membuat anda merasa tidak nyaman, lalu bagaimana cara yang tepat untuk mentasi rasa gugup menjelang pernikahan? simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Wajarkah jika anda merasa gugup menjelang pernikahan?

Jeilyn Ross MA, seorang CEO Anxiety Disorder Assosiation of Amerca menjelaskan, merasa gugup atau takut menjelang pernikahan adalah hal yang normal, bahkan banyak calon penganti yang mengalami hal itu.

Perasaan stres sebenarnya dapat mendorong anda untuk lebih fokus dalam melakukan sesuatu, mengambil sebuah tindakan, dan menyelesaikan masalah. Selain itu, perasaan cemas yang anda rasakan juga dapat mendorong untuk merencanakan hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan agar lebih baik. Stres memang memacu diri seseornag untuk bekerja lebih baik lagi, sehingga anda berdua dapat membuat pesta pernikahan yang tak terlupakan.

Akan tetapi yang perlu diingat, jangan sampai anda merasa sangat kewalahan. Stres berat dapat berpengaruh buruk pada kondisi fisik anda seperti kehilangan nafsu makan, kesulitan untuk tidur, tidak dapat fokus, hingga perubahan mood yang lebih sensitif dan mudah marah. Bahkan stres berat bisa membua anda terobsesi pada detail-detail pernikahan, atau merasa paranoid apabila pernikahan tersebut gagal.

Cara mengatasi gugup menjelang hari pernikahan

Tentu dampak buruk jika seseorang terlalu stres menjelang pernikahan perlu dihindari. Bahkan jika stres terus berlanjut menjelang pernikahan maka anda bisa mengalami depresi, untuk itu berikut ini adalah cara tepat mengatasi rasa gugup menjelang pernikahan antara lain:

1.      Bicarakan dengan orang-orang yang dapat anda percaya

Menjelang pernikahan sangat disarankan bagi calon pengantin untuk mengobrol dengan anggota keluarga atau teman dekat yang telah menikah dan dapat dipercaya. Ceritakan kekhawatiran yang anda rasakan kepada mereka. Jangan ragu meminta saran untuk mengatasi rasa gugup tersebut. setidaknya dengan bercerita beban pikiran anda akan terasa lebih ringan.

2.      Bicarakan hal ini dengan pasangan

Di tengah kesibukan yang ada tak ada salahnya anda meluangkan waktu untuk berdua dengan pasangan. hal ini akan memperkuat ikatan batin satu sama lain. Selain bersenang-senang mungkin anda dapat memanfaatkan momen ini untuk membahas mengenai urusan pernikahan. selain itu anda bisa menceritakan pada pasangan tentang rasa gugup yang selama ini dirasakan.

3.      Libatkan pasangan pada setiap perencanaan pernikahan secara aktif

Mengingat banyaknya  persiapan pernikahan, maka ada baiknya anda bekerja sama dengan pasangan. jangan membebankan diri sendiri dengan hal-hal yang membuat anda merasa stres termasuk detail pernikahan. rasa gelisah dan cemas yang anda rasakan bisa jadi disebabkan oleh suatu hal yang perlu lebih diperhatikan. Mungkin selama ini anda tidak bisa melibatkan pasangan selama proses persiapan. Untuk itu, jangan ragu mengajak pasangan, biarkan dia menyampaikan sudut pandangny terkait pernikahan tersebut. Bahkan hal ini justru melatih anda berdua dalam menyelesaikan masalah.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *