Hal Yang Perlu Dihindari Oleh Pasangan Suami Istri Saat Bertengkar

Hal Yang Perlu Dihindari Oleh Pasangan Suami Istri Saat Bertengkar

Hal Yang Perlu Dihindari Oleh Pasangan Suami Istri Saat Bertengkar

Bertengkar tentu hal yang wajar dalam hubungan pernikahan, ada banyak alasan mengapa pasangan suami istri menjadi bertengkar. Perbedaan pendapat atau pandangan seringkali menjadi sumber pertengkaran. Meskipun pertengkaran tak bisa dihindari, jangan sampai masalah yang dihadapi berlarut-larut hingga berdampak buruk pada kualitas hubungan anda berdua.Hal Yang Perlu Dihindari Oleh Pasangan Suami Istri Saat Bertengkar

Jika pertengkaran telah terjadi ada baiknya pasangan menjaga perasaan satu sama lain. Dikutip dari The Asian Parent ternyata ada beberapa tindakan yang sebaiknya dihindari saat anda dan pasangan sedang bertengkar. Apa saja? simak penjelasannya di bawah ini.

1.      Jangan menutup diri atau ‘mendinginkan’ pasangan

Sebenarnya tidak masalah jika anda membutuhkan waktu sendiri setelah bertengkar dengan pasangan. asalkan anda mengatakannya pada pasangan terlebih dahulu. Menurut seorang psikoterapi dan pakar hubungan bernama Rachel A. Sussman menjelaskan salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang setelah bertengkar ialah menutup diri. Apalagi, jika tidak memberi tahu alasan mengapa mereka perlu sendiri kepada pasangannya.

Jika anda mengabaikan pasangan, maka mereka akan menganggap jika dia tengah dihukum. Hal inilah yang membuat kedua pasangan berkemungkinan saling menahan diri untuk mengungkapkan apa yang sedang mereka rasakan di kemudian hari.

Untuk itu cobalah katakan pada pasangan jika anda butuh ruang untuk sendiri, sampaikan pula kira-kira berapa lama waktu yang anda butuhkan.

2.      Jangan mengungkit masalah kembali

Segala hal yang terjadi saat sedang bertengkar biarkanlah berlalu begitu saja. jangan lagi anda mengungkit kesalahan ataupun masalah tersebut setelah pertengkaran usai. Jika anda mengatakan sesuatu yang membuat pasangan tidak nyaman saat sedang bertengkar lagi. Maka katakan padanya jika anda juga tidak menyukai hal tersebut.

Jika beberapa hari perasaan anda masih terganggu oleh masalah tersebut, maka tak ada salahnya untuk menyendiri sebentar. Hal ini lebih baik dibanding anda mengungkapkan kesalahan yang dapat memicu konflik baru.

3.      Jangan meninggalkan pasangan

Meninggalkan pasangan tanpa alasan yang jelas dan dalam waktu yang cukup lama merupakan kebiasaan buruk pasangan suami istri. Seusai bertengkar ada baiknya anda dan pasangan saling menjauh sementara waktu, hal ini bertujuan agar anda berdua dapat menenangkan diri. Setelah anda berdua tenang maka buatlah diskusi untuk menyelesaikan masalah dengan terbukan dan kepala yang dingin.

4.      Jangan melakukan hubungan seks jika memang tidak ingin

Tak sedikit pria yang ingin langsung melakukan hubungan seks setelah bertengkar dengan pasanganya. Hal ini karena mereka ingin merasa lebih dekat, namun bila anda enggan melakukannya maka katakanlah dengan jujur. Menolak hubungan seks bukan berarti anda tak mencintainya.

Katakanlah dengan lembut namun tegas, misalnya “Terima kasih karena kamu ingin kita membaik lagi, namun aku tak ingin melakukan hal itu dulu.” Untuk meredakan pertengkaran anda bisa melakukan sentuhan fisik seperti memeluk erat pasangan atau mencium.

5.      Jangan hanya fokus pada penyebab masalah

Dibanding membuang tenaga, waktu dan pikiran untuk memperdebatkan penyebab masalah lebih baik anda dan pasangan berdiskusi bagaimana jalan keluar terbaik bagi anda berdua. Bahkan untuk membedakan pertengkaran yang buruk dan baik dapat dilihat dari kemampuan anda dan pasangan dapat mencari solusi.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *