Ingin Mengajukan Perceraian? Simak 9 Pertanyaan Diri Sendiri Yang Perlu Dikonsultasikan

Ingin Mengajukan Perceraian? Simak 9 Pertanyaan Diri Sendiri Yang Perlu Dikonsultasikan

Ingin Mengajukan Perceraian? Simak 9 Pertanyaan Diri Sendiri Yang Perlu DikonsultasikanIngin Mengajukan Perceraian? Simak 9 Pertanyaan Diri Sendiri Yang Perlu Dikonsultasikan

Setiap pernikahan selalu diuji dengan berbagai masalah. Masalah yang muncul dalam kehidupan pasangan adalah salah satu cara untuk menguji kesetiaan dan kekuatan cinta kedua pasangan. Cinta yang besar akan mengalahkan berbagai masalah yang dihadapi.

Masalah yang dialami oleh pasangan saat pernikahan

Namun tak sedikit pasangan yang merasa kewalahan dengan masalah yang dihadapi. Masalah yang semakin membesar ditambah dengan hubungan komunikasi yang kurang baik menyebabkan kedua pasangan mengesampingkan cinta mereka yang telah dijalin lama.

Tak sedikit pasangan yang memiliki untuk pisah ranjang, atau “break” dalam beberapa waktu tertentu. Meskipun tujuannya agar masing-masing intropeksi diri dan menenangkan pikiran masing-masing. Menyelesaikan sebuah masalah memang memerlukan kepala yang dingin namun bila pisah ranjang dan “break” berlangsung lama dapat berdampak buruk pada pernikahan. Salah satunya adalah kedua pasangan merasa lebih baik untuk tinggal sendiri-sendiri, dan terlintas dalam benak masing-masing untuk mengajukan perceraian.

Pikirkan kembali sebelum memutuskan menggugat cerai

Mengajukan perceraian bukanlah hal yang sembarang bisa diminta, sebelum mengajukan perceraian ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal. Cobalah simak pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, dan tanyakan pada diri anda :

1.      Apakah ada yang layak diselamatkan dari pernikahan meskipun hanya 10% ?

Terkadang banyak pasangan yang memfokuskan masalah mereka pada masalah besar yang terjadi, namun jika pasangan mencoba mencari tahu ada hal positif yang masih terjalin dalam hubungan mereka meskipun sedikit. Adalah salah satu cara dasar untuk membangun hubungan yang lebih baik

2.      Perlu diingat jika masalah yang anda hadapi saat ini merupakan masa sulit yang mampu anda lewati bersama pasangan

Dalam masa sulit saat menjalin pernikahan pasangan akan kebingungan untuk memilih antara berpisah atau bertahan. Perasaan campur aduk akan dirasakan kedua pasangan hal itu adalah penyebab kenapa pasangan terburu-buru untuk bercerai.

3.      Cobalah buka hubungan kembali dengan pasangan meskipun awalnya masih canggung

Saat hubungan tengah memburuk, kedua pasangan pasti akan jarang berkomunikasi. Cobalah untuk membangun hubungan kembali meskipun masih canggung.

4.      Sadari jika adanya konflik adalah cara agar hubungan pernikahan anda semakin kuat

Adanya konflik membuat pasangan akan semakin berkembang, sadarilah jika pasangan yang romantis dibangun dari perjuangan besar.

5.      Mungkin anda terlalu terbiasa menggunakan kata “aku” bukan “kita”

Meskipun terdengar sederhana, namun penggunaan kata tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Sebab setelah resmi menikah apapun yang dimiliki kedua pasangan adalah hak bersama.

6.      Tanyakan pada diri sendiri, mengapa masih mempertahankan pernikahan selama ini

Menjalani hubungan yang baik bukanlah hal yang mudah. Jika kedua pasangan ingin memiliki hubungan yang baik maka kedua pasangan harus mewujudkannya.

7.      Jika ingin mencari pasangan baru bukan berarti kehidupan akan lebih baik

Meskipun salah satu pasangan bersikukuh untu berpisah, namun ada baiknya jika kedua pasangan untuk berfokus pada proses pemulihan hubungan.

8.      Cobalah pertimbangkan kembali dampak perceraian pada anak-anak

Dampak perceraian bukan hanya dirasakan oleh salah satu pihak saja namun juga anak. Perasaan trauma mungkin bisa mereka alami.

9.      Cobalah untuk fokus pada hal yang bisa diubah dalam pernikahan

Sering kali pasangan merasa kesal dan berkeluh kesah mengenai konflik yang terjadi, cobalah ubah kebiasaan ini dengan lebih berfokus pada hal yang bisa diperbaiki.

Lakukan konseling saat menghadapi masa sulit

Perceraian bisa saja dicegah  oleh kedua pasangan, adanya layanan konseling pernikahan bagi masyarakat dapat menjadi solusi yang tepat apabila kedua pasangan mengalami masa sulit. Dengan melakukan konseling pasangan dapat dibantu untuk menyelesaikan konflik yang dihadapi. Selain itu dengan konseling pernikahan pasangan dapat mengetahui strategi untuk membangun komunikasi yang baik bersama pasangannya. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari proses konseling, dan sudah banyak yang membuktikan. Bahkan hubungan yang berada di ujung tanduk dapat diselamatkan jika ditangani oleh konselor yang berkompeten.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di http://maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *