Jangan Ragu Mengajak Pasangan Konseling Untuk Menyelesaikan Masalah Pernikahan

Jangan Ragu Mengajak Pasangan Konseling Untuk Menyelesaikan Masalah Pernikahan

Jangan Ragu Mengajak Pasangan Konseling Untuk Menyelesaikan Masalah PernikahanJangan Ragu Mengajak Pasangan Konseling Untuk Menyelesaikan Masalah Pernikahan

Komunikasi yang buruk, pasangan mulai tidak menghargai anda, merasa diri diabaikan, saling menyalahkan satu sama lain, tidak ada yang ingin mengalah, selalu terjadi percecokan, hingga pisah ranjang dalam jangka waktu beberapa hari hingga bulanan. Semua yang telah disebutkan merupakan ciri-ciri jika hubungan pernikahan sudah tidak lagi sehat. Namun meskipun banyak pertengkaran bukan berarti hubungan yang dijalani harus berakhir. Kedua pasangan masih memiliki kesempatan untuk saling memperbaiki sikapnya.

Mengatasi konflik dalam hubungan pernikahan

Konflik yang terjadi dalam pernikahan dapat berasal dari pihak wanita, pria ataupun keduanya. Konflik yang terjadi dalam sebuah hubungan tidak memandang apakah pernikahan itu telah bertahan lama atau masih baru. Sulit bagi pasangan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Kebanyakan pasangan berusaha menyelesaikan masalah namun yang terjadi malah masalah semakin besar. Hal itu bisa terjadi karena keduanya masih dalam kondisi marah. Masalah tak mungkin selesai jika emosi berada dalam puncaknya, diperlukan kepala dingin untuk menyelesaikannya.

Selain itu untuk menyelesaikan sebuah pernikahan terkadang kedua pasangan memerlukan pihak ketiga sebagai mediator. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan mediator adalah melakukan konsultasi pernikahan.

Konsultasi pernikahan yang dilakukan oleh seorang yang berkompeten dapat membantu hubungan kedua pasangan yang hubungan mereka berada di ujung tanduk. Seorang konselor pernikahan merupakan seseorang yang berwawasan, memiliki banyak pengalaman, cakap, dan berkarakter dalam membantu kliennya. Selain itu konselor professional akan bersikap sabar, tidak menghakimi, serta memahami betul kondisi yang dialami oleh pasiennya.

Tahapan konseling pernikahan

Jika anda berminat melakukan konseling jangan harap hasilnya bisa anda dapatkan dalam satu kali pertemuan. Pada dasarnya koseling pernikahan layaknya konseling psikologi, dimana seorang konselor akan mempertanyakan masalah anda. Kemudian konselor akan menyampaikan pendapatnya dan memberikan beberapa tips dan solusi untuk menyelesaikan hal tersebut. berikut ini merupakan tahapan konseling pernikahan adalah sebagai berikut :

1.      Konseling awal

Pada awal pertemuan dengan konselor, biasanya anda dan pasangan akan diajukan beberapa pertanyaan. Pertanyaan yang diajukan biasanya berkaitan dengan hubungan pernikahan anda, contohnya : sudah berapa lama usia pernikahan anda? Kapan terakhir kali anda melakukan hubungan seks dengan pasangan? apa saja masalah yang terjadi dalam pernikahan anda yang tak kunjung selesai?

2.      Pemahaman mengenai latar belakang pernikahan

Setelah mendengarkan keluh kesah anda mengenai masalah yang sedang dihadapi, seorang konselor akan mengatakan pendapatnya mengenai masalah yang terjadi. Selain itu dia akan membantu anda untuk merencanakan penanganan anda dan pasangan terhadap masalah tersebut.

3.      Merasakan hasilnya

Untuk dapat merasakan hasil dari konseling umunya anda perlu melakukan konseling minimal 5 kali pertemuan. Pada saat itu anda akan mampu merasakan perbedaan seperti komunikasi dengan pasangan jauh lebih membaik, dan masalah yang dihadapi kemarin berangsur mereda.

Jika dalam sebuah hubungan pernikahan kedua pasangan masih saling mencintai namun kondisi yang dialami adalah masa sulit. Banyak masalah yang sedang dihadapi, serta komunikasi dan sikap kedua pasangan mulai merenggang dan merasakan kecanggungan. Maka segeralah bertindak, banyak pasangan yang akhirnya menyesal telah berpisah karena tak mampu menyelesaikan masalah, masalah yang datang dalam pernikahan adalah cara agar membuat pernikahan anda semakin kuat. Maka dari itu jangan anda dan pasangan kalah karena hanya mendapatkan masalah.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di http://maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *