Kenali Berbagai Bentuk Kekerasan Yang Muncul Setelah Menikah

Kenali Berbagai Bentuk Kekerasan Yang Muncul Setelah Menikah

Kenali Berbagai Bentuk Kekerasan Yang Muncul Setelah MenikahKenali Berbagai Bentuk Kekerasan Yang Muncul Setelah Menikah

Kekerasan merupakan tindakan yang sulit untuk ditoleransi baik dilakukan oleh orang yang tidak dikenal, teman, anggota keluarga ataupun pasangan. kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT saat ini bagiakan fenomena yang sering kita temui saat ini. bahkah banyak media yang memberikan kekerasan rumah tangga yang dilakukan oleh masyarakat biasa hingga tokoh publik sekalipun. Kekerasan dalam rumah tangga bukan hanya dialami oleh kedua pasangan saja, kekerasan bisa saja terjadi pada anak, anggota keluarga yang lebih tua atau anggota keluarga lainnya.

KDRT sebenarnya dapat terjadi tanpa menggunakan kontak fisik, banyak orang yang mengira jika bentuk kekerasan dalam rumah tangga berupa memukul, menampar, menendang dan tindakan lainnya yang mempengaruhi fisik korban. Padahal terdapat beberapa jenis kekerasan dalam pernikahan apabila salah satu pihak merasa ketakutan, bersalah, malu dan tertekan atau tersakiti. Kekerasan dalam pernikahan tentu akan mempengaruhi kondisi fisik serta psikologis anda. Namun sayangnya tak banyak orang yang memahami jika dalam pernikahan yang dijalani pasangan telah melakukan tindakan kekerasan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak di bawah ini.Kenali Berbagai Bentuk Kekerasan Yang Muncul Setelah Menikah

Apa saja bentuk kekerasan dalam pernikahan?

1.      Kekerasan fisik dan kekerasan dalam pernikahan

Kekerasan fisik tentu akan sangat mudah dikenali karena kerugian yang dialami korban akan mudah dilihat dengan kasat mata. Kekerasan ini ditunjukan untuk melukai atau membahayakan korban dengan menggunakan kekuatan fisik, sehingga korban dapat mengalami luka atau cedera. Namun kekerasan lain yang sering terjadi dalam pernikahan adalah kekerasan seksual. Dimana jika dalam pernikahan anda dipaksa untuk melakukan hubungan seksual yang sebenarnya tidak diinginkan, meskipun terdengar sepele namun sebenarnya hal ini termasuk dalam pemerkosaan dalam rumah tangga. Bukan hanya itu jika pasangan melakukan hubungan seks dengan disertai tindakan agresi dan kekerasan adalah bentuk kekerasan seksual yang terjadi dalam pernikahan. Sering sekali korban kekerasan fisik ataupun seksual mengalami cedera serius bahkan kehilangan nyawa.

2.      Kekerasan emosional

Kekerasan dalam pernikahan lainnya adalah kekerasan emosionla. Walau tidak ada luka fisik, namun kekerasan emosional justru memiliki masalah yang besar. Pelaku kekerasan ini mungkin menggunakan ancaman kekerasan fisik atau mereka melakukan kekerasan verbal seperti berteriak, menyalahkan, hingga mempermalukan anda di depan umum. Kekerasan verbal yang dilakukan pasangan akan membuat anda terlihat bodoh dan tidak berharga. Bahkan pelaku kekerasa ini memiliki kekuasaan sehingga membuat anda tampak lemah dan rendah. Biasanya seorang yang mengalami kekerasan emosional akan mendapatkan intimidasi dari pasangannya, terisolasi dari lingkungan, atau dikendalikan sepenuhnya oleh pasangan.

Lama kelamaan jika terus dibiarkan anda akan merasa jika tidak ada jalan keluar dari hubungan ini dan merasa tidak memiliki harga diri lagi. Dampak paling buruk dari kekerasan emosional adalah korban mencoba bunuh diri.

Cara mengatasi kekerasan dalam pernikahan

Jika anda mendapatkan kekerasan baik fisik maupun emosional jangan ragu untuk berbicara dengan terus terang. Jangan mencoba untuk melawan pasangan anda sendirian, tentu hal itu justru akan semakin membahayakan bagi anda. Cobalah untuk menceritakan kekerasan yang anda alami kepada orang terdekat terlebih dahulu. Dengan begitu mereka akan memberikan dukungan dan solusi untuk anda.

Apabila perilaku pasangan sudah tidak bisa anda kendalikan lagi maka jangan ragu untuk menghubungi dokter, polisi, dan tenaga professional. Bagaimanapun keselamatan anda adalah yang harus diutamakan. Selalu ingat jika anda tidak sendirian! Banyak orang yang bernasib serupa dengan anda, mulailah untuk mengikuti gerakan perempuan yang ada di kota anda baik itu di bawah lembaga pemeritah atau swasta.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *