Kenali Depresi Mulai Sekarang – Konsultasi/Konseling Psikolog Semarang

Kenali Depresi Mulai Sekarang

Apa itu depresi?

Depresi bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit mental yang ditandai si penderita dengan penurunan gairah atau mood. Menurut beberapa psikolog Depresi adalah kondisi muramnya hari seperti kesenduan, kepedihan dan perasaan buram yang bersifat patologis (Kartono, 2002).

Depresi yang dialami oleh masing-masing penderita memiliki kendala yang berbeda-beda. Depresi bisa saja disebabkan oleh rasa sakit hati yang teramat sangat mendalam, trauma secara psikis, perasaan bersalah, rasa inferior atau perasaan emosional lainnya. Seseorang yang mengalami depresi biasanya mengalami tidak memiliki semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti makan, tidur dan bahkan untuk mengganti pakaian mereka memerlukan waktu yang lama. Apabila orang terdekat anda mengalami hal demikian bisa jadi dia sedang mengalami depresi.

Apa saja bedanya Depresi, Kesediahan dan Stress?

Banyak orang yang belum memahami apa perbedaannya Depresi, kesedihan dan stress. Sebelum mengetahui bagaimana gejala dan penangan penderita depresi, akan lebih baik jika kita memahami perbedaan dari 3 hal tersebut.

Kesedihan adalah perasaan seseorang akan kehilangan sesuatu hal atau musibah yang tengah dialami seperti diPHK dari pekerjaan, dijauhi oleh sahabat, perceraian rumah tangga atau ditinggalkan orang tersayang selamanya.

Stress adalah perasaan kewalahan terhadap tekanan yang dialami oleh penderita. Stress biasanya disebabkan oleh faktor luar seperti tekanan dalam pekerjaan atau tuntutan untuk mendapatkan peringkat  di kelas. Stress sendiri jika direspon positif dapat memotivasi penderita untuk bekerja lebih baik lagi, namun jika direspon kurang baik stress dapat menganggu aktivitas penderita.

Sedangkan Depresi adalah perasaan sedih yang dialami penderita dalam jangka waktu yang cukup panjang, bisa berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Jika depresi sudah mencapai waktu berbulan-bulan sebaiknya segera dirujuk ke Psikolog.

Gejala-gejala seseorang mengalami Depresi

Untuk mengetahui apakah orang terdekat kita menderita depresi atau tidak, mari kita simak bersama gejala-gejala penderita depresi sebagai berikut :

  1. Sulit berkonsentrasi
  2. Selalu menyendiri atau merasa sangat kesepian
  3. Mudah lelah dan hilangnya semangat untuk beraktivitas
  4. Sangat mudah berputus asa dengan situasi tertentu
  5. Sulit untuk makan dan tidur
  6. Perasaan bersalah yang berlebihan
  7. Pemikiran tentang kematian atau bunuh diri
  8. Hilangnya gairah seks

Jika gejala-gejala tersebut sudah dirasakan harap segera dibawa ke psikolog yang nyaman bagi penderita depresi.

Cara yang baik untuk menangani penderita Depresi?

Pertama yang harus dilakukan adalah segera hubungi dokter kehatan jiwa yang dapat anda percaya, buatlah janji untuk melakukan konsultasi. Dengan berkonsultasi beban yang dialami oleh penderita akan berkurang. Biasanya beberapa psikolog atau dokter kesehatan jiwa lainnya akan memberikan obat yang agar rasa depresi tersebut menurun. selain itu, anda dapat menggunakan cara lain diantaranya :

  1. Mulai terbuka dan bercerita dengan orang terdekat, penderita depresi sering sekali merasakan bahwa dia sendirian dalam menjalani hidup ini. Peran orang terdekat bisa membantu penderita untuk menyadari bahwa dia ada orang lain yang siap membantu dan mendukungnya.
  2. Mulai mendekatkan diri dengan Tuhan, cara ini bisa digunakan dengan memulai berkomunikasi dengan pemuka agama. Penderita depresi biasanya adalah orang-orang yang mudah melakukan tindakan negative. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan penderita depresi akan menjadi tenang dan dapat memahami hikmat yang didapatkan dari musibah yang dialami.

Jika anda mengalami depresi seperti yang telah dijelaskan, sebaiknya mulailah bersifat terbuka dengan orang lain. Kejadian yang menyedihkan memang sulit dilupakan, namun akan lebih baik jika kita tidak mengurung diri dari kesedihan tersebut.

Untuk info lebih lanjut mengenai gejala depresi atau gangguan kesehatan jiwa lainnya anda dapat mengakses website kami di http://maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 085290499960.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *