gairah seks pria menurun

Kenali Penyebab Menurunnya Gairah Seks pada Pria

Menurunnya gairah seks pada pasangan memang dapat terjadi sewaktu-waktu, terlebih bila terjadi pada pria. Namun pada bila penurunan gairah seks terjadi dalam kurun waktu yang lama maka hal tersebut akan menimbulkan suatu permasalahan. Bisa jadi penurunan gairah seks disebabkan oleh beberapa permasalahan kesehatan tertentu. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan menurunnya gairah seks pada pria, yaitu:

Penurunan hormon testosteron

Testosteron merupakan hormon penting bagi pria yang diproduksi di dalam testis. Hormon testosteron bertanggung jawab untuk membangun otot serta massa tulang dan merangsang produksi sperma. Selain itu, hormon testosteron juga sangat berpengaruh pada tinggi rendahnya dorongan seksual pada pria. Saat seorang pria memiliki kadar hormon testosteron yang rendah dalam tubuhnya maka berpengaruh pada menurunnya gairah untuk berhubungan seksual.

Obat-obatan

Efek mengkonsumsi obat-obatan tertentu ternyata juga dapat berdampak pada menurunnya gairah seks. Misalnya saja seperti mengkonsumsi obat tekanan darah dan beta blocker yang dapat mencegah ejakulasi serta ereksi. Selain itu pula, ada juga beberapa obat anti depresan serta obat untuk penyakit kronis lainnya juga memiliki efek samping menekan libido.

Depresi

Seseorang yang mengalami depresi cenderung akan mengalami penurunan atau kehilangan minat pada hal-hal yang disukai, termasuk hubungan seks. Depresi membuat seseorang enggan untuk aktif melakukan kegiatan, dan cenderung ingin menghabiskan waktu untuk tidur ataupun menangis.

Penyakit kronis

Penyakit memang dapat mengganggu kestabilan dalam tubuh, terlebih apabila mengalami penyakit-penyakit yang membutuhkan penanganan khusus seperti kanker. Penyakit kanker pada seseorang dapat mengurangi jumlah produksi sperma karena sebagian energi dalam tubuh terfokus untuk melawan sel-sel kanker agar bisa bertahan hidup.

Stres

Salah satu penyebab gairah seks murun ialah stres. Seseorang yang sedang mengalami tekanan hidup otomatis hormon dalam tubuhnya tidaklah seimbang dan cenderun mengeluarkan homon adrenalin serta kortisol. Tingginya hormon kortisol dapat menyebabkan penurunan kualitas tidur serta produksi sperma yang buruk

Demikia beberapa penyebab menurunnnya libido pada pria. Bila anda mengalami beberapa hal di atas maka segeralah mengkonsultasikannya pada dokter atau ahli lain yang dapat membantu anda. Semoga bermanfaat.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *