Kenali Tanda-Tanda Jika Pasangan Anda Adalah Orang Yang Manipulatif

Kenali Tanda-Tanda Jika Pasangan Anda Adalah Orang Yang Manipulatif

Kenali Tanda-Tanda Jika Pasangan Anda Adalah Orang Yang ManipulatifKenali Tanda-Tanda Jika Pasangan Anda Adalah Orang Yang Manipulatif

Setiap orang menjalin hubungan asmara karena saling mencintai, menghargai dan mendukung satu sama lain. Meskipun terkadang kedua pasangan harus menghadapi masalah selama menjalani hubungan asmara baik itu kesalahpahaman, faktor luar, atau karena karakter pasangan yang kurang baik bagi anda.

Terkadang apa yang dikatakan oleh pasangan memicu adanya keraguan dalam diri anda sendiri, bisa saja masalah yang terjadi sebenarnya bukan karena anda namun karena pasangan anda melakukan manipulasi tersamar atau dikenal dengan gaslighting.

Apa yang dimaksud dengan gaslighting?

Gaslighting merupakan salah satu bentuk pelecehan emosional yang membuat korbannya mempertanyakan diri sendiri, naluri, dan kewarasannya sehingga sangat mungkin bagi pelaku memiliki kontrol atas korban. Pelaku cenderung melakukan berbagai cara untuk membuat anda sebagai korban dan merasa bersalah. Bahkan tak jarang pelaku justru bersikap defensif (menolak kenyataan), menyepelekan, memanipulasi, serta mencurigai korbannya.

Gaslighting biasanya terjadi saat korban menyadari jika ada sesuatu yang tidak ingin diakui oleh pelakunya. Saat mencoba melakukan diskusi, pelaku cenderung bersikeras menyangkal kenyataan dan justru menuduh balik si korban, sehingga hal tersebut justru mengbal presepsi korban dan publik jika dirinyalah yang sebenarnya menjadi korban dalam situasi itu. Gaslighting bukan hanya sekadar ketidaksetujuan saja, kenyataannya mereka menolak mentah-mentah diri anda, pendapat anda akan ditolak mustahil terjadi dengan nada suara yang tinggi dan sindiran. Bahkan ada beberapa kasus yang terang-terangan mengatakan jika korban sudah “GILA”. Karena anda yang bersikap tulus, anda justru merenungkan kesalahan yang anda perbuat demi mempertahankan hubungan, sehingga anda mulai meragukan diri sendiri.

Tanda-tanda pasangan anda adalah orang yang manipulatif

Adanya gaslighting bukan hanya menghancurkan presepsi dan keyakinan diri anda sendiri, bahkan ada beberapa korban yang tetap bertahan dalam hubungan yang bernuansa kekerasan. Hal ini dilakukan karena mereka percaya tidak dapat hidup tanpa pasangannya. Mengingat betapa bahayanya hal ini, berikut ini merupakan tanda-tanda pasangan yang manipulati.

1.      Anda sering merasa kacau dan kebingungan

Pasangan yang manipulatif memiliki kemampuan untuk menghilangkan pikiran rasional dan kritis anda dalam setiap situasi. Jika pasangan sering meremehkan atau merendahkan diri anda, serta memelintirkan fakta sehingga anda tampat tidak masuk akal. Apabila anda sangat kebingungan sampai merasa kehilangan akal sehat, maka itu bisa jadi tanda jika pasangan anda manipulatif.

2.      Anda bertanya-tanya apakahanda memang terlalu sensitif

Terkadang anda dituduh sebagai seseorang yang terlalu emosional, berlebihan dan sensitif setiap kali mengutarkan ketidaksetujuan dengan apa yang dilakukan oleh pasangan. hal ini terkadang membuat anda justru meyakini jika apa yang dituduhkan pasangan benar. Jika ini terus terjadi maka dalam jangka waktu yang lama akan menjadi racun dalam hubungan anda.

3.      Anda kerap merasa ragu dengan diri sendiri

Korban gaslihgting cenderung mempercayai presepsi yang diucapkan oleh pelaku, dibandingkan keyakinan diri mereka sendiri. pelaku yang memiliki posisi lebih tinggi akan berupaya membentuk fakta dari korban yang lebih lemah. Sehingga korban berada dalam kondisi yang rentan untuk memungkinkan manipulasi itu terjadi serta menghapus logika yang dimiliki. Jika pasangan anda bersikap demikian, maka bisa jadi dia adalah sosok yang manipulatif.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *