Konsultais Pernikahan : 6 Tips Menghindari Perceraian Dalam Pernikahan

Konsultais Pernikahan : 6 Tips Menghindari Perceraian Dalam Pernikahan

Konsultais Pernikahan : 6 Tips Menghindari Perceraian Dalam PernikahanKonsultais Pernikahan : 6 Tips Menghindari Perceraian Dalam Pernikahan

Setiap pasangan selalu mengusahakan berbagai cara agar pernikahan mereka selamat dari jurang percaraian. Begitu banyak masalah yang hadir dalam kehidupan pernikahan. Namun belum cukup menjadi alasan kenapa pasangan harus berceraian.

Semua pasangan pasti tak menginginkan jika pernikahan yang ia lalui akan berakhir di sidang pengadilan agama. Adanya rasa masih mencintai satu sama lain, dampak buruk yang akan dialami oleh anak, hingga faktor emosional, psikis dan fisik adalah alasan yang membuat pasangan memilih untuk mempertahankan pernikahan tak peduli dengan besarnya masalah yang dihadapi sekarang.

Jika anda ingin membangun hubungan pernikahan yang harmonis sehingga terhindar dari kata “perceraian”. Berikut ini adalah 6 tips sederhana yang bisa anda lakukan bersama pasangan :

1.      Saling mendengarkan satu sama lain

Untuk memulai hubungan pernikahan yang damai dan tanpa ancaman perceraian. Hal yang harus dilakukan oleh kedua pasangan adalah mendengarkan keinginan satu sama lain. Hubungan komunikasi yang salah dan tidak sehat menjadi pemicu adanya sebuah konfik. Selain itu untuk menyelesaikan sebuah masalah haruslan ada komunikasi, penjelasan dari hati ke hati.

Jangalah berburuk sangka terlebih dahulu karena itu akan memperburuk hubungan anda. Dengarkanlah penjelasan yang diberikan dengan begitu anda akan memami sudut pandang pasangan anda.

2.      Ungkapkan apa yang ada di pikiran anda

Selain saling mendengarkan satu sama lain, anda dan pasangan juga harus mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran masing-masing. Memang terkadang kita merasa kesulitan untuk menjelaskan apa yang sebenarnya diinginkan, namun cobalah untuk mengungkapkan hal tersebut secara pelan-pelan. Perasaan dan keinginan yang terpendam cenderung akan membuat anda kesal dengan diri sendiri.

Meskipun terdengar sederhana namun salah satu cara agar pernikahan terhindar dari perceraian adalah kedua pasangan yang saling mendengarkan dan mengutarakan apa yang sebenarnya mereka rasakan.

3.      Melakukan kompromi satu sama lain

Kompromi tidak hanya dibutuhkan pada hubungan bisnis saja. kompromi juga diperlukan dalam membangung pernikahan, pada suatu kondisi anda akan membutuhkan ide-ide pasangan dan atau pendapat dari pasangan sebelum memutuskan sesuatu. Hasil pernikahan yang baik tergantung dari kemampuan yang dimiliki pasangan. Bagaimana mereka mampu mengesampingkan egonya masing-masing demi kepentingan bersama.

4.      Berhenti menyalahkan satu lain

Saat masalah besar datang terkadang kesalahan yang dilakukan oleh pasangan adalah saling menyalahkan satu sama lain. Sadarilah masalah yang terjadi dalam pernikahan adalah akibat dari keputusan bersama. Menyalahkan pasangan tidak akan menyelesaikan masalah, justru hal tersebut akan membuat anda berkeluh kesah karena apa yang anda inginkan tidak terealisasi.

5.      Belajar untuk memaafkan dan melupakan

Pahamilah jika manusia memang tak luput akan salah dan dosa. Salah satu kunci untuk menghindari perceraian dalam hubungan pernikahan adalah dengan memaafkan dan melupakan kesalahan yang telah lalu. Coba pikirkan kembali apakah anda tidak geram jika kesalahan yang anda lakukan selalu diungkit pasangan? Selalu mengungkit kesalahan pasangan akan membuat anda menyimpan dendam dalam batin, untuk itu ikhlas adalah hal yang harus anda lakukan saat pasangan melakukan kesalahan begitu pula sebaliknya.

6.      Melakukan konsultasi pernikahan

Terkadang dalam membangung rumah tangga anda membutuhkan saran dari orang lain. Dengan melakukan konsultasi pernikahan anda bisa menemukan berbagai solusi yang tepat bagi hubungan pernikahan anda. Selain itu anda juga akan mendapatkan strategi bagaimana membangun hubungan pernikahan yang diharapkan.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di http://maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *