penyebab cemburu

Konsultasi Relationship/Percintaan : Ketahui 4 Penyebab Rasa Cemburu

Konsultasi Relationship/Percintaan : Ketahui 4 Penyebab Rasa Cemburu

Saat berkomitmen untuk menjalani hubungan dengan seseorang, maka dalam perjalannya pasti saja ada hal-hal yang memunculkan pertengkaran kecil bahkan bisa menjadi besar. Salah satunya ialah cemburu. Banyak yang mengatakan bahwa cemburu adalah salah satu tanda cinta, namun jika rasa cemburu menjadi sangat berlebihan hingga memunculkan pertengkaran besar maka bisa jadi bukanlah itu bukan lagi yang dinamakan cinta. Sebenarnya, terdapat banyak hal yang memunculkan perasaan cemburu tersebut. Nah untuk lebih memahaminya, berikut ini beberapa hal yang dapat memunculkan rasa cemburu, yaitu :

Rasa Takut Kehilangan

Rasa takut kehilangan yang besar memungkinkan perasaan cemburu hadir. Dalam porsi yang besar, rasa takut kehilangan bisa berubah menjadi sikap yang posesif. Saat salah satu dari anda memiliki ketakutan yang besar, maka hal sekecil apapun yang anda lakukan ataupun pasangan lakukan akan memunculkan rasa cemburu yang teramat besar.

Kurangnya Rasa Percaya

Kurangnya ada rasa percaya sebenarnya sangat berkorelasi dengan adanya perasaan takut kehilangan. Sebab, saat anda takut kehilangan pasangan anda sama saja anda tidak mempercayai bahwa ia sangat mencitainya anda, begitupula dengan sebaliknya. Rasa saling percaya merupakan kunci langgenggnya suatu hubungan.

Adanya Pengalaman Dikhianati

Saat anda atau pasangan memiliki rasa cemburu yang berlebihan bisa jadi hal itu didorong dari pengalaman masa lalu yang pernah dikhianati atau diselingkuhi. Maka tak heran, rasa takut hal tersebut terulang kembali membuat anda atau pasangan menjadi cemburu secara berlebihan. Sebenarnya, adanya perselingkuhan terjadi karena komunikasi kurang terjalin dengan baik.

Kurang Percaya Diri

Rasa kurang percaya diri dengan penampilan juga dapat membuat anda atau pasangan menjadi pencemburu. Hal tersebut karena seseorang yang tidak percaya diri cenderung untuk membandingkan diri dengan orang lain. Sehingga selalu menganggap diri sendiri selalu kurang dan sebaliknya menggap orang lain selalu lebih baik dari dirinya.

Rasa cemburu dalam hubungan percintaan sebenarnya sangat wajar, namun jika berlebihan maka akan merusak hubungan. Oleh karena itu, selalu perbaiki komunikasi antara anda dan pasangn sehingga terjalin rasa percaya yang kuat. Semoga bermanfaat.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *