Konsultasi Untuk Mengurangi Potensi Perceraian Dalam Hubungan Rumah Tangga

Konsultasi Untuk Mengurangi Potensi Perceraian Dalam Hubungan Rumah Tangga

Konsultasi Untuk Mengurangi Potensi Perceraian Dalam Hubungan Rumah TanggaKonsultasi Untuk Mengurangi Potensi Perceraian Dalam Hubungan Rumah Tangga

Setiap pasangan pasti menginginkan pernikahan yang harmonis dan awet. Baik suami maupun istri pasti  berusaha untuk mempertahankan pernikahan mereka agar tidak tidak berakhir pada perceraian. Namun yang disayangkan adanya kehidupan tak selalu berjalan mulus. Ada saja konflik yang terjadi dalam pernikahan, sehingga membuat hubungan terancam pada perpisahan.

Pengajuan perceraian tidak memandang suami atau istri, kedua pihak berhak mengajukan perpisahan. Meskipun banyak berita perceraian yang diajukan oleh istri, sebenarnya kasus suami yang mengajukan perceraian pun sama banyaknya.  Namun terkadang banyak orang yang bertanya apa yang menjadi penyebab seorang suami/istri mengajukan perceraian?

Permasalahan rumah tangga yang berujung pada perceraian

Bicara mengenai konflik rumah tangga, sebenarnya banyak faktor pemicu yang menjadi sumber permasalahan utama. Mulai dari komunikasi yang terjalin kurang baik, kurangnya gairah seks, atau masalah keuangan hingga adanya orang ketiga.

Jika masalah tersebut terus dibiarkan tanpa ada penangan dari kedua pasangan, maka bisa saja pernikahan berakhir pada perceraian. Menurut seorang psikolog dan konsultan pernikahan bernama Antonio Borrello mengungkapkan “lama kelamaan masalah rumah tangga akan menjadi periode ketidakbahagiaan yang lama, komunikasi menjadi semakin lemah, dan konflik menimbulkan kemarahan serta kebencian”.

Tanda saat pasangan menginginkan perceraian dalam rumah tangga

Namun sebenarnya ada beberapa tanda-tanda dimana pasangan menginginkan perpisahan. Untuk itu berikut ini adalah tanda-tandanya :

1.      Komunikasi pasangan berubah

Jika beberapa waktu terakhir tidak ada lagi pillow talk setelah melakukan hubungan seks. Atau cerita lucu, keluh kesah dan obrolan lainnya yang dibicarakan. Maka itu bisa menjadi sebuah tanda jika ada masalah dalam hubungan pernikahan anda.

2.      Perilaku finansial dan percekapan mengenai uang menjadi berubah

Saat pasangan menyembunyikan tagihan kartu kredit, atau membuka rekening baru, mengubah pin ATM dan kartu kredit. Perubahan pada perilaku finansial bisa diartikan pasangan memikirkan masa depan bersama, atau justru mengurusi masalah keuangan tanpa melibatkan anda.

Waspadai pula dengan jatah belanja atau keluhan lainnya yang berhubungan dengan riwayat karier dan peforma kerja yang baik.

3.      Perubahan emosi yang signifikan

Cobalah perhatikan sifat pasangan belakangan ini, apakah mereka kerap marah? Jika sebelumnya mereka berperilaku baik. Kini semua itu tak lagi terjadi, terlebih saat semua apa yang anda lakukan selalu dinilai salah olehnya. Saat pasangan memarahi anda tanpatahu penyebabnya, memberikan kritikan pedas, atau terus menyalahkan anda. Sebaiknya anda berhati-hati itu bisa jadi tanda jika ia ingin berpisah.

4.      Pasangan sangat tertarik dengan hal-hal lain kecuali anda

Setiap orang pasti memiliki hobi,termasuk pasangan anda. Namun saat pasangan mulai menyukai hal baru tanpa melibatkan anda. Saat mereka cenderung lebih senang bergaul dengan teman-temannya atau pergi sendiri, dan tidak mengharapkan kehadiran anda. Itu bisa jadi tanda jika pasangan ingin bercerai.

Perceraian bisa dicegah

Jika tanda-tanda tersebut anda alami maka ada baiknya anda melakukan tindakan pencegaha. Anda bisa menghubungi seorang konsultan pernikahan untuk mengatur jadwal konsultasi. Anda bisa datang sendiri atau jika ingin lebih baik datanglah bersama pasangan. konsultasi pernikahan terbukti dapat mencegah perceraian dalam rumah tangga, bila masalah yang dihadapi ditangani oleh tenaga yang berkompeten. Ingatlah setiap pernikahan pasti rentan akan perceraian namun yang terpenting adalah bagaimana cara anda mencegahnya?

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *