Konsultasikan Jika Pasangan Mengalami Trauma Masa Kecil Agar Pernikahan Tetap Harmoni

Konsultasikan Jika Pasangan Mengalami Trauma Masa Kecil Agar Pernikahan Tetap Harmoni

Konsultasikan Jika Pasangan Mengalami Trauma Masa Kecil Agar Pernikahan Tetap HarmoniKonsultasikan Jika Pasangan Mengalami Trauma Masa Kecil Agar Pernikahan Tetap Harmoni

Dalam hubungan pernikahan terkadang ada saja yang menjadi penghalang keharmonisan. Terkadang pasangan harus menghadapi sebuah konflik yang besar baik itu mengenai komunikasi, keuangan, perbedaan visi, atau hal lain.

Kejadian traumatis di masa kecil

Namun bagaimana saat anda menjalani kehidupan pernikahan ternyata pasangan mengalami kejadian traumatis di masa kecilnya? Kejadian traumatis dapat disebabkan oleh banyak hal misalnya perceraian orang tua, kehilangan orang yang dicintai, korban kekerasan fisik atau seksual, mengalami kecelakaan dan berbagai kejadian lainnya. Sulit bagi sebagian orang untuk melupakan kejadian tersebut sehingga ketakutan yang dialami bisa muncul kembali dikemudian hari. Tentu saja trauma masa kecil bukan hanya mempengaruhi aktivitas penderita saja, tetapi juga hubungan pernikahan anda.

Sebagai pasangan tentu anda harus melakukan sesuatu untuk orang yang dicintai, jangan sampai dia terjebak terlalu lama dalam perasaan trauma.

Efek dari kejadian traumatis di masa kecil

Efek kejadian traumatis saat masih kecil seperti korban keluarga broken home, tidak hanya berdampak pada ketidakstabilan seseorang pada usia yang masih belia saja. meskipun kejadian tersebut telah berlalu dalam waktu yang lama namun ingatan buruk akan peristiwa tersebut tidak mudah dihilangkan dalam memorinya. Meskipun tidak ingat secara mendetail namun seseorang akan menanamkan beberapa ingatan yang sangat membekas dalam benaknya, dan kemudian akan menimbulkan sebuah karakter atau sifat tertentu pada seseorang.

Dikutip dari Psychology Today, menyatakan seseorang yang mengalami trauma saat masih belia cenderung memiliki sifat minder, sulit mengendalikan emosinya hingga selalu menyembunyikan perasaan yang dirasakan. Beberapa ahli berpendapat, jika trauma pengalaman buruk di masa kanak-kanak ternyata dapat membuat seseorang menjadi sulit percaya dengan orang lain.

Dampaknya juga dapat merambat pada kemampuan seseorang saat menjalin hubungan asmara di kemudian hari. Hal ini bukan hanya mempengaruhi karakter penderitanya saja namun juga hubungan asmara seseorang dengan pasangannya.

Trauma masa kecil membuat sifat posesif dan cemburuan pada pasangan

Trauma masa kecil yang dimiliki dapat mengubah sifat seseorang menjadi lebih insecure (memiliki rasa takut berlebihan yang secara tidak wajar menghantui penderita). Percerian atau KDRT yang terjadi pada orang tua, berpotensi membuat seseorang menjadi sosok yang pasif atau memiliki kecenderungan bermain kasar baik secara fisik, psikologis atau verbal.

Salin itu trauma yang dialami lama kelamaan akan berpengaruh pada kondisi mental seseorang. Seseorang akan merasa kewalahan saat menghadapi sifat posesif pasangannya, kecemburuan yang berlebihan akan membuat anda lelah menjelaskan kebenaran. Tak jarang hal itu sering berakhir pada percecokan.

Apa yang harus dilakukan agar hubungan pernikahan membaik?

Anda tidak mungkin bisa mengatasi trauma pasangan dengan tangan anda sendiri. perlu adanya pihak ketiga untuk membantu anda menyelesaikan masalah tersebut. jangan ragu berkonsultasi dengan seorang psikolog atau konselor pernikahan lainnya.

Jangan khawatir atau merasa takut dulu, karena sekelam apapun ingatan seorang efek dari kejadian traumatis dapat disembuhkan. Meski konsultasi tidak dapat menghapus ingatan seseorang 100% namun setidaknya dapat mengurangi rasa sakit hati dirasakan oleh pasangan.

Mengubah cara pikir melalui proses konsultasi akan membantu pasangan untuk pulih dari rasa trauma. Saat rasa trauma pasangan perlahan menghilang secara tidak langsung hubungan anda dan pasangan akan lebih baik dan harmonis.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di http://maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *