Langkah Bijak Mengatasi Pasangan Yang Hidup Boros

Langkah Bijak Mengatasi Pasangan Yang Hidup Boros

Langkah Bijak Mengatasi Pasangan Yang Hidup BorosLangkah Bijak Mengatasi Pasangan Yang Hidup Boros

Setiap pasangan pasti memiliki sifat yang berbeda-beda. Bisa saja pasangan anda termasuk orang yang baik dan penuh perhatian namun di sisi lain ada beberapa sikapnya yang tidak anda sukai misalnya saja menghambur-hamburkan uang. Atau yang lebih di kenal dengan “boros”, kebiasaan pasangan yang membelanjakan uang demi barang-barang yang belum tentu ia butuhkan terkadang membuat anda merasa kesal, terlebih jika sedang menemaninya berbelanjadi mall atau toko tertentu.

Hidup boros tentu tidak akan baik bagi anda dan pasangan. selain membuang uang, terlalu boros akan membuat pengeluaran rumah tangga menjadi membengkak, dan bisa-bisa anda akan terlilit utang atau tagihan kartu kredit dengan jumlah yang besar. Memang anda akan menjadi kesal dengan pasangan, namun jangan terburu-buru untuk berpisah dengannya.

Anda bisa menemukan solusi terbaik dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

Langkah cerdas menghadapi pasangan yang boros!

Hobi belanja baik dibeli melalui aplikasi online atau langsung mendatangi toko seakan telah mendarah daging dalam diri pasangan. tentu tak mudah bagi anda untuk memberikan pengertian kepada pasangan mengenai kebiasaan buruk yang dilakukannya ini. namun untuk mempermudah anda sebaiknya perhatikan beberapa langkah di bawah ini :

1.      Ajak pasangan berdiskusi

Ketika anda merasa terganggu dengan pengeluaran pasangan yang cukup besar, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengajaknya berbicara serius. Sampaikan pada pasangan jika apa yang dilakukannya melebihi batas wajar. Ingatkan pasangan sebaiknya ia harus mengutamakan keperluan pokok rumah tangga dibandingkan memenuhi kepuasaan dalam belanja semata.

Buatlah pasangan memahami jika kebiasaan buruk ini menjurumuskan dirinya di kemudian hari jika ia tak segera merubahnya. Saat menyampaikan hal tersebut pertimbangkan waktu, tempat, situasi, dan penyampaian yang tepat. Agar pasangan tidak akan tersinggung dengan apa yang anda sampaikan, sehingga meminimalisir pertengkaran.

2.      Buatlah anggaran finansial

Alasan mengapa pasangan boros tentu karena anda berdua tidak memiliki anggaran pemasukan dan pengeluaran secara mendetail. Akibatnya pasangan akan kurang memperhatikan jumlah uang yang digunakan untuk belanja apakah sesuai dengan pemasukan atau tidak. Untuk itu, saat ini mulailah untuk membuat anggaran keuangan meliputi kebutuhan anda dan pasangan setiap bulannya, jangan lupa untuk mencatat tagihan atau utang pribadi/bersama dalam anggaran tersebut.

Buatlah secara rinci dari hal yang besar hingga yang kecil seperti uang makan, uang bensi atau ongkos untuk berangkat kerja, uang belanja dapur, hingga uang untuk kebutuhan penting lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk menyisihkan sedikit uang untuk menabung. Selalu rutin mencatat pengeluaran harian serta keterangannya.

3.      Buatlah kesepakatan bersama

Jika anda telah berhasil menbatasi keinginan pasangan untuk belanja serta telah membuat anggaran keuangan bersama, maka sebaiknya buatlah kesepakatan. Misalnya saat pasangan ingin memanjakan diri dengan berbelanja atau menggunakan uang bulanan untuk sesuatu yang bukan termasuk ke dalam anggaran. Maka ada konsekuensi yang harus diterima semisal uang belanja keperluan pribadi akan di potong, atau rencana liburan akan ditunda.

Membuat komitmen bersama akan membantu anda mengatur keinginan pasangan untuk berbelanja dengan boros. Selain itu baik anda dan pasangan akan sama-sama belajar bagaimana mengelola keuangan secara baik dan disiplin.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *