Langkah Sederhana Memulihkan Diri Setelah Perceraian

Langkah Sederhana Memulihkan Diri Setelah Perceraian

Langkah Sederhana Memulihkan Diri Setelah PerceraianLangkah Sederhana Memulihkan Diri Setelah Perceraian

Apapun alasan setiap pasangan untuk bercerai, tentu bukanlah hal yang mudah bagi semua pihak saat mengetahui pernikahan mereka berakhir pada perceraian. Perceraian memang selalu meninggalkan luka dan sakit hati baik sisi suami maupun istri. sangat wajar jika paska berpisah keduanya mengalami tekanan mental dan emosional, mengingat setelah berpisah banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan masing-masing. Stress dan kesedihan adalah perasaan yang sering muncul.

Namun yang menjadi pertanyaan bagiamana seseorang dapat mengembalikan perasaan mereka? Apa yang harus dilakukan agar rasa sakit berangsung-angsur menghilang? Tentu harus ada usaha dan kemauan dari dalam diri sendiri untuk terus melangkah serta dukungan dari sekitar juga sangat dibutuhkan.

Cara agar sembuh dari rasa sakit akibat perceraian

Menurut sebuah survey dari 4000 orang yang telah bercerai mereka membutuhkan waktu sekitar 1,5 tahun untuk sembuh dari kesedihannya akibat pernikahan yang gagal.

Bagi sebagian orang waktu tersebut tidaklah cukup untuk menyembuhkan mereka dari sakit hati dan memulai kembali kehidupan baru. Bahkan tak jarang mereka mengurung diri dari lingkungan sosial dan takut untuk menata kembali masa depannya.

Seorang Konsultan Psikiater dari Fortis Hospital, Kaylan mengatakan jika perceraian bukanlah akhir dari kehidupan. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan korban perceraian untuk memperbarui harapan dan menjalani hidup dengan otimis setelah bercerai.

Berikut ini adalah langkah agar anda dapat pulih setelah perceraian :

1.      Visi makro

Cobalah anda untuk melihat gambaran yang lebih besar dari kehidupan yang dijalani selama ini, terlepas dari kondisi anda yang telah bercerai. Dengan demikian anda akan melihat banyak hal yang sebaiknya disyukuri, dibandingkan terpuruk dalam kesedihan setelah hubungan cinta anda hancur.

2.      Carilah bantuan professional

Sembuh dari perceraian bukanlah hal yang mudah, apalagi jika anda memiliki trauma psikologi yang berat paska bercerai. Untuk itu jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan seorang professional. Jika anda menghadapinya sendiri tentu anda akan kewalahan dan kondisi mental akan semakin buruk. Jika tidak segera diatasi dapat berdampak buruk pada diri anda, ancaman bunuh diri, menganggap diri tidak berdaya, penuh keputusasaan, tidak berharga dan perasaan bersalah akan menyelimut korban perceraian.

3.      Melatih energi

Perubahan yang berkaitan dengan suasana hati, pikiran yang depresif, regu dengan diri sendiri, merasa kesepian, mudah terpancing emosi, adalah bentuk emosi negatif yang pelahan akan menghancurkan diri anda sendiri. anda akan sangat rentan mengelami gangguan kesehatanbaik fisik maupun psikis. Untuk itu cobalah alihkan pikiran anda dalam bentuk aktivitas positif, seperti olahraga. Berikan energi positif anda untuk membangun tingkat kekebalan anda baik fisik maupun psikis, saat pikiran anda segar maka tubuh anda pun juga lebih bugar.

4.      Meningkatkan pemahaman spiritual yang dimiliki

Anda harus percaya jika setiap kejadian yang anda alami terdapat hikmah yang Tuhan sembunyikan. Untuk itu salah satu cara memulihkan diri adalah dengan berserah dengan ketentuan Tuhan. Tingkatkan kemampuan spiritual anda melalui ilmu agama, atau berguru dengan tokoh agama. Dengan begitu anda akan merasa lebih sabar, tenang, damai, dan tidak kehilangan harapan.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di http://maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *