Manfaat Konseling Pranikah Yang Perlu Kita Ketahui Bersama

Manfaat Konseling Pranikah Yang Perlu Kita Ketahui Bersama

Pernikahan adalah sebuah ikatan yang sah antara laki-laki dan perempuan yang dilandasi oleh cinta kasih dan bertujuan untuk menjadi keluarga bersama. Pernikahan juga menjadi puncak kebahagian dari setiap pasangan kekasih. Namun pernikahan sendiri bukan hanya mengaitkan kedua pasangan saja, pernikahan memerlukan banyak persiapan baik materi maupun psikologis dari kedua belah pihak.

Jika anda salah satu orang yang tengah mempersiapkan prosesi pernikahan, hendaknya calon pasangan  tidak hanya mempersiapkan prosesi pernikahan saja tapi juga mempersiapkan mental mereka. Sering sekali calon pasangan mengabaikan persiapan mental menjelang pernikahan, padahal ketika mereka menikah kondisi mental sangat mempengaruhi keharmonisan rumah tangga nanti.

Ketika kita menikah pasti kita mengalami kondisi yang berbeda, yang biasanya kita bangun siang dan bermalas-malasan ketika menikah kita akan dituntut bangun pagi dan mempersiapkan segala kebutuhan suami. Atau ketika menikah tuntutan financial yang  akan jauh lebih besar dibandingkan sebelum menikah. Meskipun terlihat sepele namun perubahan kebiasaan dan banyaknya tuntutan akan mempengaruhi Psikologis setiap pasangan.

Maka dari itu, sebaiknya sebelum menjalin hubungan rumah tangga akan lebih baik jika setiap pasangan melakukan konseling pranikah dengan tujuan membangun rumah tanggga yang hamonis. Di bawah ini adalah manfaat dari konseling pranikah diantaranya :

  1. Masa depan rumah tangga akan lebih terarah

Ketika pasangan kekasih telah melangsungkan proses pernikahan pasti dalam bayangan mereka hanyalah keindahan ketika hidup bersama. Untuk menyiapkan masa depan tidak bisa dibuat sembarangan, setiap pasangan harus mulai memikirkan perekonomian rumah tangga dan keberlangsungan anak mereka kelak. Dengan, melakukan konseling pranikah diharapkan pasangan baru dapat memperhitungkan hal-hal demikian.

2. Mengurangi resiko keretakan dalam rumah tangga

Keretakan rumah tangga merupakan hal yang ditakutkan oleh setiap pasangan suami istri. Kadang beberapa pasangan baru  mengungkapkan rahasia pribadi mereka setelah menikah dan terkadang hal itu menjadi hal yang memberatkan pihak suami ataupun istri, atau mungkin hal lain yang membuat keretakan rumah tangga. Untuk menghidari hal tersebut diharapkan pasangan melakukan konseling pranikah karena dengan berkonsultasi Psikolog akan memberikan tips-tips bagaimana mengahadapi permasalahan rumah tangga.

3. Menyatukan Visi  pasangan

Dengan menikah pasti akan menyatukan dua kepribadian yang berbeda, namun untuk menyatukan hal tersebut diperlukan proses dan pemikiran yang sama-sama dewasa. Peran konseling disini untuk mediasi kedua pasangan agar lebih mengerti karakter pasangannya, jangan sampai karena ego pasangan masing-masing tujuan pernikahan menjadi gagal.

4. Mencegah masalah yang terkait dengan keuangan

Masalah keuangan sering  menjadi masalah besar dalam rumah tangga seperti seorang suami yang tidak pernah menafkahi istrinya, gaji istri yang lebih besar dari gaji suami atau masalah financial lainnya. Dengan melakukan konsultasi pranikah calon pasangan dapat belajar bagaimana mengelolah keuangan rumah tangga nantinya.

5. Memberikan kepuasan dalam pernikahan

Dalam konsultasi pranikah tidak hanya membahas mengenai psikologi pasangan saja, namun pasangan suami istri nanti dapat menanyakan mengenai hal-hal seksologi dalam pernikahan.

6. Memberikan problem solving terhadap pemasalahan rumah tangga.

Banyak pasangan suami istri yang sering meributkan hal-hal yang sepele dalam rumah tangga atau masalah kecil yang lama kelamaan menjadi masalah besar dalam rumah tangga. Hal tersebut sering sekali kita jumpai, dengan berkonsultasi dapat membantu pasangan dalam menyelesaikan dari sumber masalahnya.

Nah informasi diatas adalah manfaat dari konseling pernikahan, pernikahan adalah sebuah ritual suci yang menyatukan bukan hanya kedua pasangan namun juga melibatkan seluruh keluarga pasangan. Jangan sampai karena mental yang belum siap membuat pernikahan yang harmonis menjadi berantakan.

Apabila anda ingin menanyakan informasi informasi lebih lanjut mengenai konseling pranikah anda dapat mengakses website kami di http://maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 085290499960.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *