Manfaat Yang Didapatkan Saat Merencanakan Jumlah Anak Sebelum Menikah

Manfaat Yang Didapatkan Saat Merencanakan Jumlah Anak Sebelum Menikah

Manfaat Yang Didapatkan Saat Merencanakan Jumlah Anak Sebelum MenikahManfaat Yang Didapatkan Saat Merencanakan Jumlah Anak Sebelum Menikah

Sebelum melangsungkan pernikahan tentu ada banyak hal yang harus dibicarakan oleh kedua calon pengantin. Salah satu pembahasan yang harus dibicarakan menjelang pernikahan adalah jumlah anak yang diharapkan, waktu untuk hamil, serta jarak kehamilan.

Bahkan seorang spesialis obstetri dan ginekologi bernama Dr. Sandy Prasetyo dari RSIA Brawijaya mengungkapkan merencanakan jumlah anak serta kapan kedua pasangan memiliki anak akan berdampak positif bagi keduanya selama membina kehidupan rumah tangga.

Manfaat dari merencanakan jumlah anak sebelum menikah

Mungkin sebagian orang setuju dengan hal ini, namun tak sedikit pula yang mengabaikan perencanaan jumlah anak menjelang pernikahan. Berikut ini setidaknya terdapat 4 manfaat yang didepatkan pasangan yang merencanakan jumlah anak sebelum pernikahan antara lain:

  1. Menghindari jarak kehamilan yang terlalu muda, terlalu tua, atau pun jarak antara kehamilan yang terlalu dekat. Dari ketiga risiko kondisi kehamilan ini dapat mempengaruhi risiko gangguan kesehatan organ reproduksi wanita. Tentu hal ini akan merugikannya, risiko yang dapat dialami seperti pre-eklampsia, persalinan prematur, risiko tinggi terhadap melahirkan melalui operasi bedah caesar, serta risiko komplikasi lainnya.
  2. Mencegah terjadinya masalah fisik dan psikologis diakibatkan oleh kehamilan yang tidak direncanakan kedua pasangan
  3. Kedua pasangan memiliki persiapan yang matang terkait dengan perencanaan kehamilan.
  4. Dapat meningkatkan kualitas diri dan mewujudkan harapan kedua pasangan untuk menjadi keluarga yang harmonis.
  5. Dapat mempertimbangkan kapan istri berhenti melahirkan sehingga dapat membesarkan anak secara optimal

Adanya persetujuan antara kedua belah pihak sangatlah dibutuhkan. Walaupun banyak pepatah yang mengatakan “banyak anak banyak rejeki”, namun untuk kondisi zaman sekarang tentu tidaklah efektif diterapkan. Selain itu saat ini pemerintah pun merencanakan program Keluarga Berencana (KB). Program ini bukan hanya pemberian pil atau alat KB guna pencegahan kehamilan saja, namun terdapat beberapa sosialisasi yang diberikan untuk masyarakat. Program ini menghimbau agar setiap pasangan memiliki 2 anak, dengan jarak kelahiran yang ideal 3 sampai 5 tahun.

Perencanaan lain yang tidak kalah pentingnya

Selain perencanaan jumlah anak ternyata terdapat perencaan lain yang harus anda dan pasangan bahas menjelang pernikahan. Pembahasan seperti ini tentu akan mendukung hubungan anda mencapai keluarga yang harmonis, namun pada kenyataannya masih banyak pasangan yang mengabaikan. Untuk lebih jelas berikut ini adalah ulasannnya:

1.      Perencanaan usia nikah

Jodoh memang tidak ada yang tahu, namun jika anda telah menemukan pasangan yang cocok mendampingi hidup anda maka tak ada salahnya untuk merencanaka pernikahan. Akan tetapi ada baikny anda merencanakan usia nikah. Menurut BKKBN terdapat usia ideal bagi seseorang yang ingin menikah, yaitu 25 tahun untuk pria dan 21 tahun untuk wanita.

2.      Perencanaan dan kesepakatan apa yang dilakukan setelah menikah

Banyak pasangan yang justru memiliki keinginan yang berbeda setelah resmi menikah. Tak jarang perbedaan yang dialami menjadi sumber masalah besar dalam pernikahan. Untuk itu cobalah untuk berdiskusi dengan pasangan mengenai apa yang ingin dicapai setelah menikah, akan tinggal dimana, keuangan, anak, hingga pembagian tugas rumah.

3.      Merencanakan masa depan anak

Saat anda resmi menjadi pasangan suami istri tentu anda dan pasangan harus siap menjadi orangtua kapan saja. merawat anak tentu bukanlah hal yang mudah, anda haru memperhatikan kecukupan gizi anak, mempersiapkan keuangan untuk pendidikan anda, serta memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup pula.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *