Mengapa Sulit Bahagia Meskipun Telah Memiliki Pasangan Yang Ideal?

Mengapa Sulit Bahagia Meskipun Telah Memiliki Pasangan Yang Ideal?

Mengapa Sulit Bahagia Meskipun Telah Memiliki Pasangan Yang Ideal?

Saat anda sedang merajut kisah asmara, tentu anda telah menentukan kriteria pasangan yang ideal bagi diri sendiri. Anda tentu mencari sosok pasangan yang memenuhi kriteria tersebut, saat anda mendapatkannya tentu anda berasumsi jika hubungan anda akan bahagia. Namun yang terjadi justru tidak sesuai rencana. Kebahagiaan dalam hubungan asmara tentu bukan hanya ditentukan dari pasangan ideal saja. Untuk pembahasan lebih lanjut, simak penjelasannya berikut ini.

Mengapa Sulit Bahagia Meskipun Telah Memiliki Pasangan Yang Ideal?

Gambar : Freepik

Mengapa tidak bahagia meski telah memiliki pasangan yang ideal

Dalam sebuah penelitian, partisipan diminta untuk memberi skala kriteria apa yang mereka butuhkan dalam mencari seorang pasangan, para partisipan tersebut justru membuat skala setuju dan tidak setuju mereka terhadap tindakan tersebut. Partisipan menambahkan jika, kriteria tersebut sebaiknya dijadikan bahan intropeksi diri sendiri terlabih dahulu.

Dalam sebuah jurnalyang dimuat pada Psycological Journal mengungkapkan jika kebahagiaan seseorang dalam sebuah hubungan percintaan tak ada hubungannya dengan seberapa ideal pasangan yang dimiliki. Hal ini dikarenakan, kebahagiaan dalam sebuah hubungan lebih dipengaruhi oleh menemuka yang terbaik dari sekian pilihan yang ada. Pribadi yang bahagia cenderung sanggup mengandalikan hidup dan emosnya dibanding bersikap reaktif terhadap kondisi sekitarnya. Apabila anda tak bahagia dengan kehidupan anda, siapa atau apa yang dapat anda salahkan jika bukan diri sendiri?

Jikalau ada sesuatu atau seseorang yang dapat disalahkan atas rasa ketidakbahagiaan anda, apakah dengan menyalahkannya akan membuat anda lebih baik? sehingga, saat anda tak bahagia dengan pasangan ideal, atau pasangan terbaik dari berbagai pilihan yang anda miliki. Mungkin ini adalah waktunya lebih bersyukur atas hidup.

Mengapa setiap orang harus bersyukur?

Bagaimana seseorang dapat merasa bahagia jika ia terus-terusan merasa kurang dengan apa yang telah dimiliki dan selalu menginginkan hal yang lebih? Kebahagiaan dapat diraskan jika seseorang bersyukur. Sebuah penelitian menjelaskan jika orang-orang yang berlatik untuk bersyukur secara konsiste dapat merasakan beberapa efek positif setelah itu.

Kondisi fisik mereka akan cenderung mempunyai daya tahan tubuh lebih prima, jarang merasa sakit, memiliki tekanan darah yang lebih rendah, dapat menjaga kesehatan lebih baik seperti dengan rutin berolahraga. Serta lebih mudah tidur sehingga bangun lebih segar di pagi hari.

Sedangkan secara psikologi dan sosial, mereka akan cenderung memiliki emosi positif yang lebih besar, lebih waspada dan terjaga, merasa lebih lebih optimis dalam menjalani hidup. Selain itu, mereka yang terus bersyukur, lebih mudah membantu orang lain, memaafkan, serta tak mudah merasa kesepian.

Menjadi pribadi yang lebih bersyukur

Seorang professor psikologi dari University of California greatergood bernama Robert A. Emmons berpendapat jika anda melakukan beberapa tips berikut ini maka akan lebih mudah bersukur. Tipsnya berikut ini:

  1. Meluangkan waktu untuk merefleksikan hidup dan tandai setiap momen yang membuat anda lebih bersyukur dengan orang-orang terdekat dan diri sendiri
  2. Telusuri sudah sejauh mana anda telah berjuang, sehingga anda akan merasa lebih berapresiasi terhadap diri sendiri
  3. Tanyakan pada diri sendiri apa yang telah diterima dari pasangan? apa yang telah diberikan pada pasangan dan kesulitan apa dialami selamaini
  4. Buatlah perjanjian dengan diri sendiri, dengan pasangan atau keduanya untuk lebih bersyukur.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *