Mengatasi Perbedaan Dengan Pasangan Dalam Mengasuh Anak

Mengatasi Perbedaan Dengan Pasangan Dalam Mengasuh Anak

Mengatasi Perbedaan Dengan Pasangan Dalam Mengasuh AnakMengatasi Perbedaan Dengan Pasangan Dalam Mengasuh Anak

Saat menikah banyak hal yang harus didiskusi bersama pasangan, mulai dari komunikasi, keintimanan dan hubungan seksual, keuangan, hingga mengasuh anak. berdiskui dengan pasangan memang dibutuhkan selain untuk meminimalisir terjadinya konflik. Diskusi juga diperlukan untuk menemukan titik tengah dari perbedaan anda dan pasangan.

Salah satu hal yang penting dalam keluarga adalah anak. sebagai orang tua baik anda maupun pasangan pasti menginginkan hal yang terbaik dari segi kebutuhan, masa depan, pendidikan maupun perilaku. Untuk mencapai semua itu memang diperlukan pola asuh yang dapat membimbing anak meraih masa depannya.

Namun bagaimana jika cara mengurus anak yang anda dan pasnagan berbeda? Sulit memang membahas anak, karena baik anda dan pasangan memiliki pendapat dan standar yang masing-masing dalam mengurus anak. jika sudah demikian maka ketegangan pun akan terjadi. Adalah hal wajar jika terjadi perbedaan dalam mengurus anak, mungkin anda lebih cenderung bersikap tega pada anak. namun pasangan justru cenderung memanjakan anak.

Sayangnya, perbedaan cara didik anak, sering kali memicu konflik yang berkepanjangan dalam rumah tangga. Jika sudah demikian anak pun akan bingung dengan perbedaan yang terjadi. Lebih buruk lagi jika perdebatan anda dan pasangan akan berakhir pada percecokan dan berujung perceraian.

Untuk itu berikut ini merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perbedaan pendapat bersama pasangan dalam mengasuh anak.

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi perbedaan pola asuh?

Sebenarnya ada beberapa tipe pola asuh anak yang dapat dikategorikan dalam 4 kelompok yakni Authoritarian (otoriter), permisif, authoritative, dan neglectful. Sebenarnya perbedaan pola asuh yang dimiliki anda dan pasangan adalah hal lumrah. Ada sisi baik yang didapatkan anak yaitu anak aan mempunyai gambaran yang lebih luas akan nilai-nilai tertentu serta membangung ikatan khusus antara ayah dan ibu. Yang perlu dicatakan baik anda maupun pasangan harus terlihat kompak dimata si anak. di bawah ini adala beberapa cara yang bisa anda lakukan bersama pasangan :

1.      Berargumenlah saat anak tidak ada disekitar anda dan pasangan

Beradu argument dengan pasangan di depan anak, bukanlah cara yang tepat. Terlebih jika apa yang anda bahas adalah menyangkut kehidupan mereka. Cobalah berdiskusi diluar sepengetahuan anak, anda bisa berbicara dalam kamar, atau mendiskusikannya saat anak sudah tidur.

2.      Belajar pola kepengasuhan bersama

Saling memahami dan memperlajaro pola asuh yang diterapkan masing-masing, yakini jika pola asuh yang dimiliki pasangan terdapat sisi positif yang bisa anda ambil. Selain itu dengan memahahi pola asuh masing-masing akan anda dan pasangan akan lebih menemukan pola asuh yang tepat.

3.      Berkonsultasi pada ahli

Saat ini ada banyak cara untuk berkonsultasi dengan seorang ahli yang paham akan kepengasuhan anak. baik mendatangi sebuah seminar, bergabung dengan forum atau grup parenting. Atau anda anda datang mendatangi biro atau lembaga konsultasi yang membuka praktek mandiri.

Entah bagaimana pun pola asuh yang anda dan pasangan terapkan, percayalah jika baik anda dan pasangan menginginkan yang terbaik untuk anak. jangan jadikan perbedaan antara anda dan pasangan membuat anak terbebani atau hanya memihak salah satu orang tua. Dengan menyetarakan pola asuh masa depan anak dapat diraih.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *