Menghadapi Berbagai Masalah Pernikahan Yang Berkaitan Dengan Mertua

Menghadapi Berbagai Masalah Pernikahan Yang Berkaitan Dengan Mertua

Menghadapi Berbagai Masalah Pernikahan Yang Berkaitan Dengan Mertua

Setiap pernikahan tentu akan mengalami masalah entah kecil maupun besar. Masalah yang anda hadapi pun, bisa berasal dari dalam pernikahan seperti selisih paham atau komunikasi yang kurang baik. Namun bisa saja masalah yang anda hadapi justru berasal dari luar seperti ibu mertua. Ibu mertua mungkin menjadi sosok ibu kedua bagi anda. Bahkan tak heran terkadang ibu mertua memperlakukan menantunya selayaknya anak kandung. Namun ternyata ada beberapa sikap mertua yang justru menjadi masalah dalam pernikahan anda, apa saja? simak lebih jelasnya berikut ini.Menghadapi Berbagai Masalah Pernikahan Yang Berkaitan Dengan Mertua

Mertua yang terlalu otoriter

Apakah saat ini ibu mertua anda memegang kontrol terhadap pernikahan anda dan pasangan? atau apakah ia sering kali melakukan atau tidak melakukan sesuatu, menentukan tempat tinggal anda, mengkritik pola asuh anda terhadap anak, bahkan ia akan memarahi anda jika tak melakukan sesuai apa yang diperintahkan.

Jika anda mengalami semua kondisi itu, maka itu tandanya mertua anda bersikap otoriter. Tentu hal ini akan menjadi masalah dalam pernikahan anda, di satu sisi anda harus menghormati dia sebagai orangtua. Namun di sisi lain anda pun juga memiliki keputusan untuk melakukan sesuatu terlebih mengenai keluarga anda sendiri. ibu mertua yang terlalu menekan akan membuat anda stres sehingga berpengaruh buruk terhadap hubungan pernikahan.

Untuk mengatasi masalah ini, cobalah gali lebih dalam cari tahu apa yang membuat pasangan tak berdaya bila berhadapan dengan orangtuanya. Apakah memang kebiasaan sedari kecil, atau karena mertua anda takut kehilangan kontrol terhadap anaknya setelah menikah? Saat anda menemukan alasan yang mendasari masalah ini, cobalah diskusikan dengan pasangan. katakan pada pasangan anda berdualah yang lebih berhak mengendalikan pernikahan ini. bersikaplah kompak di depan merdua serta ingatlah anda juga tidak perlu meminta pertujuan mertua untuk membuat sebuah keputusan. Secara perlahan mertua anda akan mengerti

Mertua yang judes

Keinginan dekat dengan mertua tentu anda inginkan, maka tak jarang anda menunjukan keramahan dan sikap terbuka terhadap mereka. Namun terkadang kesan yang anda dapatkan justru sebaliknya, mereka cenderung cuek bahkan judes terhadap anda. Bahkan mereka terang-terangan menunjukan ketidaksukaannya terhadap anda, mulai dari perkataan hingga perilaku. Misalnya mereka sering mengomentari buruk pekerjaan anda di rumah, merendahkan anda di depan teman-temannya, hingga membandingkan diri anda dengan mantan kekasih pasangan anda. Tentu semua tindakan ini membuat anda panas.

Hal yang harus anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menceritakan perlakuan atau perkataan mertua yang melukai anda. Mintalah asangan untuk lebih berperan dalam menegur orangtuanya. Atau anda bisa menyampaikan rasa keberatan anda terhadap sikap mertua secara langsung, namun sampaikanlah dengan kalimat yang tegas dan tetap sopan tanpa memancing emosi. Ingat jangan sampai anda terpancing amarah, mintalah ibu mertua anda untuk lebih menghargai anda sebagai menantunya.

Anda juga bisa menemukan persamaan dalam dirinya agar anda dan ibu mertua dapat saling mengenal kepribadian masing-masing. Jika masalah ini terlalu sering anda alami, maka cobalah cari area pribadi, sehingga interaksi anda dengan mertua sedikit berkurang. Bagaimana pun anda harus tetap menghormatinya sebagai orang tua. Anda juga tidak perlu memaksakan diri untuk akrab dengannya jika memang sulit dan justru membuat anda semakin tertekan.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *