Menghadapi Pertanyaan Kapan Hamil Dari Keluarga

Menghadapi Pertanyaan Kapan Hamil Dari Keluarga

Menghadapi Pertanyaan Kapan Hamil Dari Keluarga

Meskipun sudah menikah terkadang pasangan suami istri sering diajukan berbagai pertanyaan dari orangtua atau kerabat yakni “kapan punya anak?” hal ini sering kali dialami oleh pasangan yang baru menikah. Sayangnya, tak semua orang nyaman dengan pertanyaan tersebut.

Menghadapi Pertanyaan Kapan Hamil Dari Keluarga

Sumber : Freepik

Padahal, anda dan pasangan mungkin telah memiliki rencana kapan saatnya memiliki anak. untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghadapi kondisi di atas antara lain:

1.      Hadapi sesuai dengan siapa yang mengajukan pertanyaan tersebut

Cara tepat unuk menghadapi pertanyaan kapan hamil? Sebenarnya tergantung dari siapa yang mengajukan pertanyaan tersebut. jika berasal dari orang yang tak terlalu dekat dengan diri anda dan pasangan makan tak ada salah untuk mengabaikannya. Misalnya anda berinteraksi dengan orang yang baru dikenal 5 menit lalu, orang tersebut berpotensi mengajukan pertanyaan atau mengomentari hidup anda. Maka anda tak perlu menjawab pertanyaan dari dia. Anda dapat menyibukkan diri dengan kegiatan seperti membaca buku, atau bermain ponsel.

Namun jika pertanyaan tersebut diajukan oleh orang terdekat seperti orangtua atau mertua anda, anda harus menganggapinya dengan sabar. Hal ini karena sebagai orangtua atau mertua, mereka memiliki rasa khawatir terhadap pernikahan anda. Meskipun anda dan pasangan tak dapat mengontrol apa yang orang lain tanyakan, namun anda berdua dapat mengatur bagaimana menjawab pertanyaan tersebut.

2.      Anda tidak memiliki kewajiban untuk menjawab

Anda tak perlu merasa jika orang lain berhak tahu tentang kehidupan pribadi anda dan pasangan. Mungkin orang lain juga tak selamanya berniat buruk dengan pertanyaan yang diajukan. Namun, apapun tujuannya anda tetap tak memiliki kewajiban untuk menjawabnya.

Apabila anda dan pasangan sepakat untuk menunda kehamilan, mungkin pertanyaan ‘kapan punya anak’ akan membebani. Namun, jika anda dan pasangan masih berusaha memiliki anak cukup lama, pertanyaan tersebut tentu menyakitkan.

Jika anda merasa tidak nyaman dengan pertanyaan ‘kapan hamil?’ atau ‘kapan punya anak?’ cobalah menjawab sekenanya. Mungkin saja mereka tak tahu bagaimana kondisi anda yang sebenarnya.

3.      Cari cara mengubah topik pembicaraan

Terkadang pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan anda pribadi harus anda hindari. Akan tetapi, jika anda terus-terusan merasa tertekan dengan pertanyaan tersebut. cobalah menghadapi situasi tersebut lebih berani lagi. Misalnya anda dapat mengatakan “aku tidak ingin membahas hal ini. lebih baik ubah topik pembicaraan kita.”

Mungkin orang lain akan terkejut dengan reaksi yang anda berikan. Bahkan, mungkin anda dianggap sebagai orang yang berlebihan dan menyimpan banyak rahasia. Akan tetapi, orang lain juha perlu ingat jika dalam setiap hubungna perlu adanya batasan yang harus dihargai. Seperti tidak menanyakan pertanyaan yang terlalu sensitif dan mungkin menyakiti perasaan orang yang bersangkutan.

Akan tetapi, jika anda merasa cara di atas butuh keberanian lebih, maka anda dapat menggunakan cara lain yang lebih halus dan penuh kehati-hatian. Misalnya ajak orang lain untuk bergabung dalam obrolan. Kemudian, perlahan menjauhkan diri dari obrolan tersebut.

Dengan demikian bisa jadi orang yang mengajukkan pertanyaan akan lupa jika anda benar-benar menjawab pertanyaan darinya.

Dengan menerapkan tips di atas dapat membantu anda mengatasi tekanan terhadap pertanyaan kapan hamil. Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *