Menurunnya Gairah Seks Karena Efek Samping Obat Antidepresan

Menurunnya Gairah Seks Karena Efek Samping Obat Antidepresan

Menurunnya Gairah Seks Karena Efek Samping Obat Antidepresan

Apakah anda pernah mengonsumsi obat antidepresan? Obat antidepresan merupakan salah satu yang dikonsumsi saat seseorang mengalami depresi. Akan tetapi sama halnya obat-obatan medis pada umumnya, memiliki efek samping tersendiri. Misalnya, mengantuk, rasa mual, kenaikan berat badan, hingga insomnia. Pada obat antidepresan memiliki efek samping yakni penurunan gairah seksual. Jika saat ini anda sedang mengonsumsi obat tersebut, tak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang dapat diterapkan simak penjelasannya berikut ini.

Menurunnya Gairah Seks Karena Efek Samping Obat Antidepresan

Sumber Freepik

Bagaimana konsumsi obat antridepresan dapat menurunkan gairah seksual?

Gairah seksual yang menurun bisa dialami oleh wanita atau pria yang sedang menjalani terapi obat antidepresan. Hampir sebagian besar obat antidepresan merupakan obat SSRI (Selective Serotonin Reuptake Inhibitors). Obat SSRI dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, sehingga membuat orang yang mengonsumsinya merasa lebih tenang, santai dan bahagia.

Akan tetapi di sisi lain, Efek relaksasi yang dirasakan dapat memblokir kerja hormon yang berfungsi agar tubuh dapat merespon rangsangan seksual. Sehingga hal ini yang membuat seseorang mengalami penurunan gairah seksual.

Akibat dari penurunan gairah seksual anda akan mengalami beberapa masalah di antaranya, disfungsi ereksi (sulit ereksi dan mempertahankannya), sulit orgasme, vagina kering, hingga rasa tidak nyaman saat berhubungan seks.

Tingkat keparahan efek samping itu sendiri berbeda-beda, tergantung dari kondisi kesehatan secara keseluruhan dan jenis serta dosis obat yang seseorang konsumsi. Sebagian dari mereka efek samping yang dirasakan hanya ringan dan berangsur membaik saat tubuh mereka menyesuaikan diri dengan terapi pengobatannya. Namun tak sedikit pula yang merasakan efek samping dalam jangka waktu yang lama dan berkelanjutan.

Tips mengatasi efek samping dari obat antidepresan

Untuk mengatasi masalah penurunan gairah seksual akibat dari konsumsi obat antidepresan. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengelola efek samping tersebut, antara lain:

1.      Menurunkan dosis atau mengganti obat

Anda dapat melakukan hal tersebut, namun dengan catatan tidak sembarangan mengubah dosis. Cobalah berkonsultasi dengan dokter anda untuk mengubah dosis obat. Dokter anda yang dapat menentukan dan memberikan batasan dosis obat tanpa mengurangi efektivitasnya.

Setelah perubahan dosis, anda dapat memantai selama satu minggu ke depan. Apakah dosis yang baru memberikan efek samping lain dan efektif menyembuhkan gangguan anda?

2.      Pertimbangkan waktu penggunaan

Yang perlu anda perhatikan adalah waktu mengonsumsi obat ternyata dapat berpengaruh untuk mengelola efek sampingnya. Misalnya jika dosis anda hanya untuk sehari, maka anda bisa mengonsumsinya setelah berhubungan seks dengan pasangan. Untuk itu buatlah jadwal berhubungan seks yang dapat disesuaikan dengan risiko efek samping obat anda.

3.      Perlama waktu foreplay

Obat SSRI pada dasarnya tidak memengaruhi libido seseorang, hanya gairah seksual anda untuk berhubungan seks saja. sehingga alat reproduksi anda masih dapat merangsang, meskipun anda tak memiliki dorongan yang cukup untuk mencapai orgasme.

Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan memperpanjang waktu foreplay agar gairah seksual terus terbangun. Misalnya dengan berpelukan, masturbasi bersama, berciuman, petting, bermain dengan sex toys, stimulasi klitoris dengan tangan hingga seks oral. Intinya, lakukan apapun aktivitas yang anda sukai agar gairah seksual semakin meningkat.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *