Merasa Jatuh Cinta Pada Lawan Jenis Berdasarkan Kecerdasan, Simak Sapioseksual

Merasa Jatuh Cinta Pada Lawan Jenis Berdasarkan Kecerdasan, Simak Sapioseksual

Merasa Jatuh Cinta Pada Lawan Jenis Berdasarkan Kecerdasan, Simak Sapioseksual

Apakah pernah anda merasa kagum dan tertarik pada lawan jenis karena kecerdasannya yang di atas rata-rata. Apakah anda sangat menikmati setiap obrolan atau ruang diskusi yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir anda? Jika anda mengalaminya maka bisa jadi anda adalah seorang sapioseksual. Baru pertama kali mendengar istilah sapioseksual? Apa yang dimaksud dengan itu? Dan mengapa anda bisa mengalaminya? Simak lebih jelas di bawah ini.

Merasa Jatuh Cinta Pada Lawan Jenis Berdasarkan Kecerdasan, Simak Sapioseksual

Sumber gambar: Freepik

Apa yang dimaksud dengan sapioseksual?

Istilah ‘sapioseksual’ berasal dari istilah ‘sapien’ yang artinya bijaksana. Jadi dapat diartikan jika sapioseksual merupakan seseorang yang mempunyai ketertarikan pada orang lain berdasarkan tingkat kecerdasa serta isi pikiran orang tersebut. Dikutip dari NPR.org yang menjelaskan, popularitas istilah tersebut mulai meningkat saat sebuah aplikasi kencan berbasis online bernama ‘OkCupid’ memperkenalkan berbagai macam pilihan orientasi seksual bagi penggunanya. Termasuk mereka yang sapioseksual.

Pada sadarnya setiap orang memiliki preferensi tersendiri dalam memilih pasangan, mulai dari penampilan secara fisik, seleranya dalam musik atau seni, kesamaan hobi dan lain-lain. Beberapa di antaranya memiliki ketertarikan emosional bahkan seksual, pada orang yang memiliki tingkat kecerdasan tertentu. Seorang pakar psikologi bernama Diana Raab Ph.D yang dimuat dalam Psychology Today menjelaskan, orang-orang yang mengaku sebagai sapioseksual meyakini jika otak manusia merupakan organ seks terbesar. Mereka lebih bergairah dan antusias pada lawan bicaranya yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, cara berpikir yang tajam, serta terbuka dengan hal-hal baru.

Sapioseksual tak selamanya berkaitan dengan hubungan asmara

Jika diibaratkan sebagai sesi foreplay dalam hubungan seks, hal-hal yang dapat merangsang seseorang dengan sapioseksual adalah percakapan yang mengangkat topik cukup berat seperti berhubungan dengan filsafah, politik, psikologi, hukum dan lain-lain. Akan tetapi, tak selamanya ketertarikan yang dirasakan seseorang selalu mengarah pada seksualitas. Ada kalanya, sapioseksual juga berhubungan selayaknya teman baik. Misalnya, anda senang bergaul dengan orang-orang yang pandai di kampus. Karena berteman dengan mereka anda dapat berdiskusi mengenai isu-isu seputar politi, ekonomi atau hal lain. Contoh tersebut dapat digolongkan menjadi sapioseksual.

Fenomena ini pun didukung dalam sebuah jurnal penelitian yang melibatkan 383 orang deasa untuk mencari tahu kualitas hubungan apa yang dicari dari pasangannya. Serta, ketertarikan pada tingkat kecedasan yang berbeda-beda. Dari penelitian tersebut kemudian diperoleh hasil adalah ‘kecerdasan’ menempatkan posisi kedua dalam kualitas pasangan yang paling disukai. Sedangkan posisi pertama diduduki oleh ‘baik dan pengertian.’

Mengapa seorang sapioseksual dapat jatuh cinta pada kecerdasan pasanganya?

Sebenarnya cara pandang manusia terhadap hubungan asmara terlah dibentuk semenjak seseorang masih kecil. Adapun faktor-faktor yang mendasari hal tersebut antara lain, hubungan dengan orangtua, pengalaman cinta pertam, serta pengalaman intim pertama kali dengan pasangan.

Ada kemungkinan mengapa seseorang mencari pasangan berdasarkan sifat atau kualitas diri yang tidak pernah dimiliki. Adanya sapioseksual juga membantu seseorang lebih mengenal jauh dirinya. Aspek-aspek masa kecil sangat berpengaruh terhadap kecenderungan seseorang dalam memilih pasangan serta ketertarikan seksual terhadap lawan jenis. Meskipun demikian, seorang sapioseksual juga bisa mempertimbangkan kualitas lainnya dan mengesampingkan tingkat kecerdasan pasangan. seperti penampilan fisik, selera humor, atau perhatiannya dan kasih sayangnya.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *