Merasa Stres Dengan Berbagai Pertengkaran Menjelang Pernikahan, Simak Tips Menghadapinya

Merasa Stres Dengan Berbagai Pertengkaran Menjelang Pernikahan, Simak Tips Menghadapinya

Merasa Stres Dengan Berbagai Pertengkaran Menjelang Pernikahan, Simak Tips Menghadapinya

Terkadang banyak pasangan yang justru mengalami pertengkaran dan konflik menjelang haru pernikahannya. Hal ini muncul karena adanya perbedaan pendapat antara kedua pasangan maupun kedua keluarga. Apalagi menjelang pernikahan biasanya calon pasangan penting disibukkan dengan berbagai hal-hal yang berkaitan dengan hajatan. Mulai dari catering, sewa gedung, fitting baju penganting, undangan yang harus disebar, dan lain sebagainya.Merasa Stres Dengan Berbagai Pertengkaran Menjelang Pernikahan, Simak Tips Menghadapinya

Tentu hal di atas membuat anda dan pasangan merasa lebih sensitif dan mudah berdebat mengenai hal apa pun. Namun anda tak perlu cemas atau khawatir, ada beberapa hal yang dapat anda berdua lakukan untuk menghadapi kondisi ini.

Meminimalisir pertengkaran menjelang hari pernikahan

Hampir semua calon pengantin mengaku sering mengalami pertengkaran menjelang hari pernikahannya. Sehingga terkadang, terbesit dalam pikiran anda jika anda belum siap untuk menikah atau anda dan pasangan belum tentu cocok untuk menjadi pasangan suami-istri.

Namun, tenangkan diri anda terlebih dahulu. Ini adalah hal yang wajar, dikutip dari Psychology Today konflik dapat membantu anda mengenal kepribadian pasangan dalam mengahadapi sebuah masalah, dan bergitu pun sebaliknya. Selain itu, anda berdua akan lebih memahami perspektif satu sama lain. Jika konflik yang anda alami sekarang dapat terselesaikan dengan baik, maka kedekatkan dan keintiman anda berdua semakin meningkat. Akan tetapi, ada baiknya anda dan pasangan meminimalisir terjadinya konflik. Untuk itu berikut ini adalah tips mudah untuk anda dan pasangan yang sering bertengkar menjelang pernikahan.

1.      Selalu bersikap terbuka pada pasangan

Cara pertama adalah selalu bersikap terbuka dengan pasangan anda entah apa saja masalah yang dihadapi. Apalagi jika hal ini berkaitan dengan finansial, masalah finansial sering menjadi pemicu konflik kedua calon pengantin. Bahkan isu ini dapat menjadi perdebatan yang lebih besar ketika keduanya telah resmi menikah. Untuk meminimalisir konflik ini, maka cobalah anda berdua terbuka mengenai budget pernikahan. Selalu diskusikan dengan pasangan anda secara terbuka mengenai pengeluaran dan berbagai keperluan untuk hajatan nanti.

Dengan begini maka anda dan pasangan akan saling mengerti satu sama lain. Selain itu, anda dan dia dapat menentukan batasan budget pernikahan sehingga baik kedua pasangan maupun keluarga tak ada yang merasa keberatan

2.      Pilihlah jalan keluar yang menguntungkan satu sama lain

Terkadang pertengkaran bisa disebabkan oleh hal-hal yang berkaitan tentang hajatan nanti. Misalnya jumlah tamu yang akan diundang, ditambah dengan permintaan khusus kedua keluarga yang semakin membuat pusing kedua calon pengantin.

Untuk cobalah luangkan waktu untuk berkumpul dari anda sendiri, pasangan dan kedua keluarga. Dengarkan setiap pendapat mereka, setelah itu ambillah jalan keluar terbaik dimana tak ada pihak yang merasa dirugikan. Dengan begini maka pikiran semua pihak dapat disatukan, namun ingat hindari sikap merasa diri paling benar.

3.      Diskusi dengan kepala dingin

Jika anda merasa kesulitan untuk mengontrol emosi dan konflik dapat terjadi, maka cobalah tenangkan diri terlebih dahulu. Sebaiknya anda dan pasangan sama-sama menyendiri untuk sementara waktu. Namun jangan sampai anda berdua telalu lama menjauh karena hal ini dapat menimbulkan masalah baru.

Setelah anda dan pasangan tenang maka anda dapat mendiksusikan masalah kembali. Hindari intonasi suara yang terlalu tinggi. Jangan mengatakan kalimat yang sifatnya menyudutkan atau menghakimi. Pastikan anda berdua dalam kondisi kepala dingin dan jernih.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *