Pahami Apa Itu Pelecehan Seksual

Pahami Apa Itu Pelecehan Seksual

Pahami Apa Itu Pelecehan SeksualBanyak orang beranggapan jika pelecehan seksual itu selalu berkaitan dengan tindakan seperti pemerkosaan atau sengaja menyentuh bagian seksual seseorang. Padahal pelecehan seksual sendiri adalah berbagai tindakan yang dilakukan yang bernuansa dengan seks entah secara fisik  maupun non fisik. Tindakan seperti bersiul, mengedipkan mata atau bahkan memberikan materi-materi pronografi dengan bermaksud untuk mengajak korban melakukan hubungan seks merupakan tindakan pelecehan seksual yang kadang dialami di kehidupan sehari-hari. Pelecehan seksual sangat merugikan bagi korban, ya pasti secara psikologis korban merasa sangat terpukul, direndahkan dan bahkan trauma yang besar. Banyak kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh  perempuan terhadap laki-laki, namun tidak menuntut kemungkinan bahwa kasus pelecehan seksual juga dilakukan oleh perempuan terhadap laki-laki. Dan bahkan ada kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh penyuka sesama jenis (laki-laki terhadap laki-laki dan perempuan terhadap perempuan).

Pahami jenis-jenis pelecehan

Menurut teman-teman dari Perempuan Mahardika, jenis-jenis pelecehan seksual ada 3. Apa saja mari kita baca selengkapnya dibawah ini :

  1. Pelecehan seksual Verbal

Pelecehan seksual verbal bisa dikatakan pelecehan dalam bentuk ucapan atau komentar pelaku terhadap korban baik secara individu maupu secara kelompok. Pelecehan seksual verbal bisa dicontohkan :

  • Memberikan sindiran, berkomentar, bergurau atau menanyakan hal-hal yang bersifat seksual terhadapa korban sehingga korban merasa obrolan tersebut tidak nyaman
  • Menyebarkan issu atau cerita pribadi seseorang yang berhubungan dengan seks tanpa ijin atau kesepakatan
  • Memberikan komentar yang tidak pantas terhadap seseorang mengenai cara berpakaiannya, bentuk tubuh yang dimiliki atau gaya yang digunakan sehingga menyinggung perasaan korban

      2. Pelecehan seksual non-verbal

Pelecehan ini berbentuk gerakan tubuh atau tindakan yang berkaitan dengan seks sehingga membuat orang tidak nyaman. Pelecehan ini bisa dicontohkan sebagai berikut :

  • Menggesekkan alat kelamin ke bagian tubuh korban
  • Memperlihatkan tindakan yang tidak kurang nyaman seperti melihat bagian tubuh seksual (dada seseorang atau bagian alat kelamin seseorang).
  • Secara sengaja memperlihatkan alat kelaminnya atau sengaja melakukan sentuhan/gesekan ke alat kelamin sendiri di depan umum.

      3. Pelecehan seksual secara Fisik

Pelecehan ini memiliki dampak secara fisik dari korban pelecehan seksual. Pelecehan ini biasanya dilakukan dengan terpaksa oleh si korban. Contoh pelecehan seksual secara fisik adalah :

  • Pemerkosaan ata bentuk penyerangan seksual lainnya
  • Meremas atau meraba bagian seksual seseorang tanpa ijin
  • Memberikan hadiah kepada pasangan misalnya pacar dengan maksud untuk mau diajak melakukan tindakan seks.
  • Memeluk, mencium atau membelai seseorang tanpa izin dan menganggu kenyamanan korban
  • Menuntut melakukan tes keperawanan

Dampak dari pelecehan seksual

Kita menyetujui bahwa pelecehan seksual adalah tindakan yang sangat merugikan bagi korban. Dampak dari pelecehan seksual bisa berupa dampak fisik maupun dampak psikis. Dampak yang dialami korban pelecehan pasti berbeda-beda tergantung dari tindakan apa yang diterima. Seperti dampak secara fisik biasanya dialami oleh korban yang mengalami kekerasan seksual, biasanya korban mengalami luka gores atau bahkan penyakit yang tertular dari pelaku.

Namun dampak yang paling besar dari dampak pelecehan seksual adalah dampak secara psikis. Kebanyakan korban pelecehan seksual akan mengalami depresi, sindrom trauma pemerkosaan, Disosiasi dan bahkan penurunan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Apabila dampak psikis ini tidak segera ditangani ditakutkan korban akan melakukan tindakan berbahaya seperti bunuh diri.

Apa yang harus dilakukan jika anda menjadi korban pelecehan?

Jika anda merupakan salagh satu korban pelecehan seksual. Salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah mulai berpikir jika kejadian itu anda mengabaikan kejadian tersebut. Befikirlah bahwa kejadian tersebut bisa dialami oleh banyak orang dan semua orang tidak menginginkannya. Jangan pernah berfikir bahwa ini adalah kesalahan anda sendiri atau sebuah aib.

Jika cara tersebut masih belum membantu korban dalam menangani trauma atau depresi pasca pelecehan seksual disarankan anda segera menghubungi seorang psikolog untuk melakukan konsultasi atau terapi.

Informasi diatas untuk menambah wawasan kita agar lebih memahami tindakan pelecehan seksual, jangan sampai anda atau orang disekitar mengalami tindakan pelecehan seksual  hanya mampu berdiam diri dan tidak tahu berbuat apa. Pahami pelecehan seksual sejak sekarang dan lindungi diri anda beserta orang yang anda sayangi.

Apabila ada pertanyaan mengenai informasi pelecehan seksual atau tindakan lain yang merugikan anda. Jangan ragu untuk bertanya pada kami melalui website kami di www.maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 085 290 4 99960.

Semoga informasi diatas menambah informasi dan wawasan kita semua.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *