Pahami Pertanda Menurunnya Gairah Seks

Saat anda kehilangan nafsu seks denganpasangan, tentunya hal tersebut akan membuat anda bertanya-tanya. Banyak pertanyaan yang menghampiri pikiran anda, seperti mempertanyakan penyebabnya. Hanya karena anda kurang tertarik berhubungan seks dengan pasangannya sendiri, hal tersebut tidak berarti anda sedang mengalami disfungsi seksual. Banyak yang menganggap bahwa kehilangan nafsu seks menandakan bahwa anda sedang mengalami impotensi, padahal tidak.

Sebenarnya, kehilangan nafsu seks tidak berarti juga kehilangan rasa cinta dan sayang terhadap pasangan. Menurunnya gairah seks tersebut sebanarnya normal adanya dan tentunya dapat terjadi kepada pasangan manapun. Hal tersebut bisa berbeda-beda alasannya serta faktor penyebabnya, tergantung apakah hal tersebut terjadi pada pria atau wanita.

Terdapat beberapa penyebab anda mengalami penurunan gairah seksual. Seperti berikut ini:

Anda lebih memilih untuk masturbasi

Biasanya anda akan mengalami hal ini, saat anda sedang tidak ingin berhubungan seks dengan pasangan. Hal ini biasanya sering terjadi pada pria dengan memilih merangsang dirinya kemudian bermasturbasi untuk menyalurkan hasrat seksnya. Bagi orang yang melakukan hal tersebut, mereka berpikir dengan cara seperti ini merupakan cara yang cepat dan efisien untuk memuaskan nafsu bahkan tidak harus capek-capek untuk memuaskan orang lain.

Hormon menghambat gairah seks untuk beberapa saat

Hormon pada tubuh memiliki peranan dan kuncian sangat penting terhadap seks. Pada wanita, semakin bertambah usia maka akan terdapat perubahan pada gairah seksnya. Mungkin bisa menggebu-gebu saat usia subur dan matang, namun pada saat sudah memasuki masa menopause bisa jadi nafsu seks hilang. Selain itu, wanita akan kehilangan gairah seks saat setelah melahirkan dan kelelahan pada tubuh. Saat demikian, maka wanita akan memilih untuk mengistirahatkan tubuh daripada berhubungan seks.

Nafsu seks menurun akibat hubungan yang sudah berjalan lama

Beberapa penelitian mendapatkan suatu fakta bahwa dorongan seks bisa jadi hilang saat seseorang memiliki hubungan jangka panjang. Anda atau pasangan memang masih saling mencintai dan masih ingin bersama, namun tubuh anda tidak membawa ke arah keintiman satu sama lain. Namun jangan khawatir, karena hal tersebut adalah normal. Anda bisa saling memperbaikinya dengan saling mengeksplor satu sama lain untuk menemukan gairah seksual.

Kalau Anda masih menginginkan pernikahan yang bahagia, coba hentikan kebiasaan tersebut. Sepakati berdua dalam cara memperoleh frekuensi keintiman yang bisa bikin berdua bahagia. Kalau penyebabnya adalah karena Anda jenuh akibat hubungan yang sudah berjalan lama, ubah pola pikir kalau seks cuma jadi penyalur birahi saja. Seks adalah kewajiban bagi pasangan yang masih sama-sama sehat dan berencana bahagia selamanya. Mungkin, jika ditelisik kebelakang, nafsu seks yang hilang pada diri Anda hanyalah jenuh belaka.

Jika anda masih ingin hubungan anda dan pasangan berjalan dengan baik dan bahagia, maka anda tidak boleh membiarkan apa yang anda alami berlarut-larut terlalu lama. Sebab, pasangan anda akan merasakan bila anda terus menghindari berhubungan seks. Maka anda perlu terbuka dengan pasangan tentang apa yang anda rasakan saat ini. Ubahlah pola pikir bahwa seks tidak hanya sebagai penyalur birahi semata, namun jadikan seks sebagai pererat keintiman hubungan anda. Seks adalah kewajibab bagi pasangan yang sama-sama ingin memiliki hubungan yang sehat. Bisa jadi, gairah seks tersebut turun hanya karena pola hubungan yang monoton semata.

Bicarakan baik-baik dengan pasangan, mulai atur suasana baru, posisi baru, permainan atau gaya seks yang baru, agar seks tidak monoton dan berujung hilangnya nafsu pada pasangan.