Perlukah Memiliki Tabungan Bersama Setelah Pasangan Resmi Menikah?

Perlukah Memiliki Tabungan Bersama Setelah Pasangan Resmi Menikah?

Perlukah Memiliki Tabungan Bersama Setelah Pasangan Resmi Menikah?Perlukah Memiliki Tabungan Bersama Setelah Pasangan Resmi Menikah?

Setelah resmi menikah tentu hubungan anda bukan lagi “aku” dan “kamu” saja, namun berubah menjadi “kita”. Setelah menjadi satu kesatuan tentu segala hal yang berurusan dengan pernikahan akan ditanggung bersama. baik itu tempat tinggal, anak hingga masalah keuangan. Uang adalah aspek yang sensitif dalam sebuah hubungan selain penopang segala kebutuhan. Uang juga diperlukan untuk menyiapkan masa depan bersama, apalagi jika kedua pasangan memiliki penghasilan yang tetap setiap bulannya. Setelah anda dan pasangan berdiskusi mengenai pengeluaran sehari-hari dengan rinci maka yang menjadi pertanyaan perlukan keduanya membuat tabungan bersama?

Perlukah pasangan membuat tabungan setelah menikah?

Rekening tabungan yang dibuat bersama dan terpisah dari penghasilan pribadi. Dimana rekening tersebut adalah tempat anda dan pasangan menyisihkan pendapat masing-masing. Adanya tabungan bersama tentu akan menjadi sumber keuangan rumah tangga dalam membayar beberapa pengeluaran baik itu tagihan listrik, air, internet, uang sekolah anak, hingga kebutuhan pokok setiap bulannya.

Bahkan sebagian pasangan juga membuat tabungan khusus yang sengaja dibuat untuk rencana berlibur, menggapai cita-cita, membuka usaha, atau keadaan darurat yang terjadi dimasa depan. Sedangkan biaya untuk kebutuhan sehari-hari dikeluarkan dari rekening masing-masing.

Membicarakan hidup dan uang, pada prinsipnya bagaimana cara seseorang menabung itu sangat penting. Pasangan tidak dapat membaca pikiran anda dan begitu pula sebaliknya. Jadi bersiaplah untuk terbuka dan jujur dengan ekspetasi dan impian masing-masing mengenai masalah keuangan setelah resmi menikah. Membahas semua hal tersebut akan membantu anda dan pasangan bekerja sama dalam mencapai tujuan pernikahan. Tidak lupa dengan menabung bersama tentu masing-masing pasangan akan bejalar untuk lebih realistis dan menyelaraskan prinsip kehidupan khususnya pada persoalan keuangan.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan pasangan sebelum membuat rekening bersama

Keputusan untuk membuat rekening bersama tentu adalah hasil kesepakatan bersama. tidak ada tujuan pribadi karena rekening tersebut digunakan untuk keperluan rumah tangga. Sebenarnya membuat tabungan bersama setelah menikah bukanlah sebuah kewajiban bagi pasangan. Namun sebelum memutuskan membuat atau tidak, simak hal yang harus anda pertimbangkan di bawah ini :

1.      Cek rekam jejak keuangan pasangan

Tak semua orang memahami tujuan dari tabungan bersama setelah menikah. Sebelum memutuskan apakah hal tersebut perlu atau tidak yang perlu anda lakukan adalah memastikan apa yang anda dan pasangan inginkan dari tabungan tersebut. Karena bisa saja uang yang ditabung bersama menjadi hilang tanpa jejak, atau terjadi pertengkaran hebat antara anda dan pasangan karena masalah keuangan.

Maka dari itu penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana riwayat keuangan pasangan, terutama dari pengalaman keluarganya. Misalnya saja prinsip dan pengertian menanamkan menabung dalam keluarga. Apakah penting baginya untuk menabung dan hidup santai di masa tua?

2.      Perhatikan cara masing-masing pasangan dalam menghabiskan uang

Baik anda atau pasangan harus memperhatikan betul bagaimana cara masing-masing mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri sebelum menikah. Anda harus mampu menganalisis apakah pasangan tipekal orang yang menghabiskan uang untuk jajan? Atau dia termasuk orang yang lebih gemar untuk menabung dan berinvestasi? Atau menghabiskan sebagian besat gajinya untuk membayar tagihan, hutang atau cicilan?

3.      Carilah tujuan jangka panjang bagi anda dan pasangan

Jadikanlah uang ini menjadi cara agar anda dan pasangan meraih tujuan bersama selepas pernikahan. Bila sudah terjalin kesepakatan maka kedua pasangan wajib untuk berkomitmen dengan tujuan tersebut.

Jika kamu masih kebingungan dengan penjelasan diatas kamu dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di http://maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 085290499960.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *