Saat Anda Dijodohkan Oleh Orangtua, Haruskan Menerima Atau Menolak

Saat Anda Dijodohkan Oleh Orangtua, Haruskan Menerima Atau Menolak?

Saat Anda Dijodohkan Oleh Orangtua, Haruskan Menerima Atau Menolak?Saat Anda Dijodohkan Oleh Orangtua, Haruskan Menerima Atau Menolak

Masih mengingat kisah Siti Nurbaya? Cerita rakyat melayu yang mengangkat tema perjodohan. Meskipun saat ini zaman telah modern, namun ternyata masih banyak tradisi perjodohan di beberapa daerah. Memang terkadang banyak orangtua yang sedih melihat nasib anaknya yang tak kunjung mendapatkan jodoh sedangkan usia mereka bertambah tua. Ketakutan orangtua yang terkadang mendorong mereka untuk ikut campur dalam urusan mencari pasangan hidup anaknya. Meskipun banyak orang orang yang menentang dengan sikap orangtua yang menjodoh-jodohkan, namun tak selamanya perjodohan berakhir pada kehidupan pernikahan yang buruk karena tidak didasari oleh perasaan cinta.

Hal yang harus dipertimbangkan

Memang anda perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum menerima atau menolak perjodohan tersebut. ada banyak hal yang perlu anda pikirkan secara matang sebelum mengambil keputusan ini. agar semakin memantapkandiri ada beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan mengenai pejodohan antara lain.

1.      Cek komitmen pria yang akan dijodohkan dengan anda

Pasangan yang berani mengajak anda ke jenjang pelaminan tentu akan bertanggung jawab di depan orangtua anda setidaknya ia telah menunjukan sisi gantleman, dibandingkan pasangan yang terus bersama anda dalam jangka waktu bertahun-tahun namun hanya menjanjikan sesuatu yang tidak pasti dan tak kunjung berkomitmen dengan anda. Saat perjodohan berlangsung, anda tentu dapat melihat apakah calon pasangan anda bertanggung jawab atau tidak. Anda bisa mengajukan pertanyaan padanya mengenai rencananya yang akan dilakukan setelah melangsungkan pernikahan dengan anda kelak.

Dalam proses perjodohan umumnya anda tidak hanya direkomendasikan satu orang saja. anda akan diberikan beberapa pilihan untuk lebihan lebih logis lagi, manakan calon pasnagan yang lebih bertanggung jawab untuk kehidupan anda di masa mendatang.

2.      Kenali latar belakang pasangan anda dengan baik

Untuk mematangkan keputusan anda cobalah cek latar belakang calon pasangan anda, mulai dari hobinya, riwayat pendidikan, kegiatan yang dilakukan, hingga jenjang karir yang dimiliki. Jika perlu anda juga harus mengecek lingkungan sosial dan pertemanannya. Hal ini akan mempermudah anda untuk mendapatkan gambawan siapa dia sebenarnya.

3.      Tanyakan pada diri sendiri, hubungan apa yang sebenarnya anda inginkan?

Anda tidak boleh pasrah dan menerima begitu saja terhadap perjodohan ini, jika sosok yang dijodohkan dengan anda adalah orang cocok dan mampu berkomitmen serius dengan anda. Tak ada salahnya untuk menerima bukan? Namun yang perlu anda ingat, anda harus memantapkan hati dan perasaan. Terutama dengan hubungan pernikahan yang anda inginkan, selain itu anda pun juga harus memahami apakan anda benar-benar sudah siap menikah atau belum? Yakinkan diri anda mengenai pernikahan tersebut, sebelum mengambil keputusan.

4.      Mintalah saran dari orang-orang yang anda percayai

Sering kali orang-orang menolak perjodohan karena mereka merasa terlalu asing dengan calon pasangan yang dijodohkan. Jika anda merasa takut terhadap isu pernikahan dua orang yang tidak saling mengenal rentan mengalami perceraian. Cobalah mencari orang yang dapat anda ajak bicara, mintalah masukan dan saran darinya. Anda bisa meminta tolong teman di kantor, sahabat, atau saudara anda sendiri. perhitungkan baik dan buruknya perjodohan sambil terus mengenal calon pasangan yang dijodohkan dengan anda.

Jadi harus menerima atau menolak?

Semua keputusan akan kembali pada anda. Andalah yang berhak menentukan dengan siapa anda hidup dan bahagia, bagaimanapun keputusan anda mengenai perjodohan perhitungkan mana yang terbaik untuk diri anda serta keluarga.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *