Saat Hubungan Anda Berbeda Agama, Apakah Bisa Bertahan?

Saat Hubungan Anda Berbeda Agama, Apakah Bisa Bertahan?

Hubungan yang berbeda keyakinan tentu menjadi tantangan sendiri bagi kedua pasangan. bahkan tak sedikit pasangan yang memutuskan untuk berpisah atas kondisi ini. namun, tak sedikit pula pasangan yang mampu bertahan dan harmonis meskipun hubungan mereka berada di atas perbedaa. Komitmen dan rasa cinta adalah kuncinya. Jika anda dan pasangan termasuk pasangan yang berbeda agama, maka ada baiknya menyimak beberapa tips di bawah ini.Saat Hubungan Anda Berbeda Agama, Apakah Bisa Bertahan?

Membangun hubungan di atas perbedaan

Tentu bukan hal yang mudah menjalani hubungan di atas perbedaan keyakinan, namun bukan berarti anda harus menyerah begitu saja. berikut ini adaah tips membangun hubungan beda agama agar tetap langgeng, antara lain:

1.      Berani menghadapi perbedaan yang jelas dan di depan mata

Hubungan beda agama seharusnya anda ketahui sejak awal. Sejak anda berkenalan dengan pasangan, hal ini diperlukan karena anda dapat menentukan apa yang sebaiknya dilakukan di kemudian hari.

Jika anda telah mengetahui risiko yang akan terjadi maka anda dan pasangan telah mempersiapkan diri. bicarakan hal ini dengan pasangan anda mengenai perbedaan agama yang diyakini, kegiataan keagamaan yang dilakukan, waktu ibadah, dan lain sebagainya. Hal ini sangat pentig untuk menunjukan jika anda peduli dan menghargai kepercayaan yang dianut pasangan begitu pun sebaliknya.

Anda tidak boleh menyepelekan berbagai informasi mengenai agama yang dianut pasangan, sikap masa bodo mengenai hal tersebut, menunjukkan jika anda tak memiliki sikap toleransi atau menghargai perbedaan tersebut.

2.      Pahami budaya apa yang melepat pada agama masing-masing

Agama merupakan pedoman hidup bagi setiap orang yag meyakininya. Setiap aktivitas yang dilakukan seseorang, tentu akan mengarah pada ajaran agamanya. Beda agama tentu beda ajaran bukan? Untuk itu, tidak menutup kemungkinan jika dalam kehidupan sehari-hari anda akan menemukan banyak perbedaan yang terjadi dalam hubungan anda.

Saat menjalani hubungan ini, sikap saling memahami dan memaklumi satu sama lain sangatlah diperlukan. Apalagi jika anda dan pasanagn berada dalam keluarga besar. Akan lebih baik lagi, jika anda dan pasagan telah paham bagaimana satu sama lain menjalani hari biasa, memaknai sesuatu, hingga cara meluapkan emosinya.

3.      Dalami lagi agama yang anda percayai

Ada banyak informasi tentang agama yang dianut. Saat menjalani hubungan beda agama, ada baiknya anda mempelajari lagi mengenai agama yang anda yakini saat ini. hal ini bertujuan sebelum menceritakan agama anda ke orang lain, ada baiknya anda memahami agama sendiri. yang terpening adalah bagaimana cara anda memaknainya. Sehingga lebih mudah bagi anda untuk menyampaikan sepenting apakah agama tersebut bagi anda kepada pasangan.

Dengan memahami agama lebih dalam, serta menjelaskan arti agama bagi anda sendiri, hal ini akan membuat hubungan anda dan pasangan menjadi lebih menghargai satu sama lain dan perbedaan dalam hubungan.

4.      Jangan ragu untuk melakukan terapi

Masalah perbedaan agama bukan masalah yang kecil, banyak orang yang menentang hubungan ini mulai dari keluarga, teman, bahkan pemuka agama. untuk menyelesaikan masalah ini tentu  tak ada salahya meminta bantuan seorang psikolog.

Masalah yang sedang anda hadapi terkadang memicu perdebatan hinggi pertengkaran. Jika dalam kondisi ini anda merasa dilema antara bertahan atau berpisah. Maka segera hubungi psikolog terdekat, karena ia akan membantu anda mencari solusi terbaik.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *