Saat Pasangan Harus Meninggalkan Kita Selamanya, Apa Yang Harus Dilakukan?

Saat Pasangan Harus Meninggalkan Kita Selamanya, Apa Yang Harus Dilakukan?

Saat Pasangan Harus Meninggalkan Kita Selamanya, Apa Yang Harus Dilakukan?

Kematian adalah sebuah hal yang pasti terjadi pada setiap makhluk yang hidup di dunia ini. kematian terkadang membawa duka yang mendalam bagi seseorang yang ditinggalkan. Kesedihan yang dirasakan terkadang membawa nyeri yang luar biasa, sehingga membuat seseorang merasa tidak semangat untuk beraktivitas, mengalami gangguan tidur, bahkan beberapa orang berniat untuk melakukan bunuh diri. Bagi sebagian orang terkadang merasa kesulitan untuk mengikhlaskan kepergian seseorang yang begitu dekat seperti pasangan hidupnya.Saat Pasangan Harus Meninggalkan Kita Selamanya, Apa Yang Harus Dilakukan?

Cara tepat mengatasi duka saat ditinggalkan pasangan

Dikutip dari Step to Health saat seseorang dilanda kesedihan maka penting baginya untuk bangkit dan move on agar mengantisipasi hal buruk yang bisa terjadi. Untuk itu berikut ini cara tepat mengatasi rasa sedih saat ditinggal oleh pasangan antara lain:

1.      Menangislah sebanyak yang anda butuhkan

Meskipun banyak ungkapan jika menangis hanya untuk mereka yang lemah, namun ada baiknya anda tidak mendengarkan nasehat tersebut. Pada kenyataanya menangis merupakan salah satu obat terbaik untuk mengurangi kesedihan yang anda rasakan. Selain itu, menangis juga menjadi cara untuk melampiaskan rasa frustasi.

Saat anda menangis beban fisik, mental dan emosional pun akan berkurang dan terasa lebih ringan. Untuk itu, penting bagi anda membiarkan diri merasa sakit dan jangan ragu untuk menangis saat diri tak tahan lagi.

2.      Berilah waktu dan ruang bagi diri anda

Setiap orang tentu memiliki waktu yang berbeda-beda dalam mengatasi kesedihannya, ada yang berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Hal tersebut tergantung pada faktor penyebab yang membuat anda merasa sedih seperti kepribadian, hubungan dengan pasangan, respon diri terhadap sebuah masalah, hingga cara mengatasinya.

Terlepas dari hal tersebut, ada baiknya anda tidak memaksakan diri untuk segera bangkit dari duka. Walaupun memang anda harus melangkah maju namun janganlah tergesa-gesa. Lakukan secara perlahan, ingatlah mengobati luka bukan perkara cepat atau lambat.

3.      Jangan ragu meminta bantuan orang lain saat menghadapi kesedihan

Saat anda merasa sedih, anda tentu membutuhkan orang lain untuk memberikan dukungan dan bersandar pada bahunya saat sedang menangis. Untuk itu, saat duka melanda anda perlu menemui seseorang yang dapat menjadi pendengar yang baik sekaligus dapat memberikan nasehat.

Selain meminta bantuan orang terdekat, ada baiknya anda menemui psikolog atau terapis agar kondisi mental serta emosional anda lebih baik. Bahkan tak ada salahnya jika anda bergabung dengen kelompok atau komunitas yang memiliki nasib yang sama dengan anda.

4.      Luapkan semua emosi

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengobati perasaan duka yang mendalam adalah mengungkapkan apa yang anda rasakan. Anda tak perlu mengutarakannya di depan orang lain, cobalah untuk berbicara di depan cermin atau menulis segala emosi anda dalam jurnal harian.

Setelah anda berhasil meluapkan emosi dan merasa lebih bebas, maka akan lebih mudah menentukan langkah berikutnya. Untuk itu, hindari terperangkap dalam emosi.

5.      Selalu jaga diri anda

Rasa duka terkadang membuat anda tidak merawat diri dan mengabaikan penampilan serta tugas sehari-hari. Ingatlah hal tersebut tidak akan menyembuhkan anda secara emosional ataupun spiritual. Meskipun sedang berduka, cobalah untuk menjaga diri dengan mandi, makan, berganti pakaian, menyisir rambut dan keluar rumah.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *