morning erection

Sebab Penis Ereksi Saat Pagi Hari

Bagi pria, ereksi saat pagi atau bangun tidur merupakan sesuatu yang rutin dialami. Kondisi penis tegang di pagi hari seringkali disebut morning glory atau morning wood, namun istilah klinisnya adalah nocturnal penile tumescence (NPT). Sebagian ahli urologi mengungkapkan bahwa NPT sangat berkaitan dengan fase tidur rapid eye movement (REM). Selama pada fase tidur ini sel noradrenergik yang berada pada area locus coeruleus, akan mati. Sel otak itu berhubungan dengan pola penghambat pada penis. Hal tersebut berakibat terjadinya peningkatkan hormon testosteron. Puncak peningkatan hormon testosteron biasanya pada pagi hari, maka inilah yang menyebabkan penis seringkali ereksi pada pagi hari.

penis ereksi pagi hari

Kondisi NTP merupakan hal yang sangat normal dialami pria yang tidak memiliki gangguan disfungsi ereksi. Biasanya selama tidur akan mengalami ereksi 3 hingga 5 kali. Seiring menuanya usia berpengaruh pada tingkat testosteron akan menurun, sehingga ini menjadi alasan mengapa morning glory perlahan jarang terjadi pada pria berusia senja. Biasanya ereksi akan segera menurun tensinya setelah buang air kecil. Sebab, fungsi ereksi di pagi hari untuk mencegah mengompol. Kandung kemih akan penuh karena semalaman mencegah keluarnya air seni. Kondisi ereksi yang membuat penis terangkat akan menghindarkan dari ngompol di pagi hari. Oleh karena itu, mengapa banyak pria paruh baya akan lebih sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil.

morning erection

Selain itu, terdapat hal sederhana yang dapat membaut penis ereksi pada saat Anda tertidur, yaitu karena mendapatkan rangsangan. Kondisi hormon testosteron yang tinggi akan memudahkan penis merespon rangsangan. Walau pada kondisi tertidur, bila penis mendapatkan sentuhan atau gesekan dari benda-beda tertentu misal seperti guling atau tubuh pasangan yang berada di samping Anda. Oleh sebab itu, banyak seksolog yang menyarankan berhubungan seks pada pagi hari atau pada saat bangun tidur, karena kondisi ereksi penis yang sempurna. Sebenarnya, tak hanya pria dewasa saja yang mengalaminya, sebenarnya NPT terjadi sejak mulai bayi atau bahkan sejak dalam kandungan dan terus berlanjut hingga bertambahnya usia. Selain itu, wanita juga bisa mengalami NTP, karena wanita tidak memiliki penis maka ereksi yang dialami pada klitoris.

Tidak mengalami ereksi pagi hari, normalkah?

Namun bila dalam beberapa bulan Anda tidak merasakan ereksi di pagi hari, maka segera temui dokter. Sebab bila sudah benar-benar tidak ereksi lagi di pagi hari, ini bisa jadi pertanda depresi, stres kronis, atau masalah kesehatan umum lain seperti penyakit jantung atau permasalahan disfungsi ereksi. Berkurangnya ereksi juga bisa menjadi pertanda mulai rendahnya tingkat testosteron Anda. Dr. Kohler, direktur program residensi divisi urologi di Southern Illinois University’s School of Medicine mengatakan, penis tidak ereksi pada pagi hari juga bisa disebabkan oleh penyebab lain misalnya, kadar kolesterol tinggi, pembuluh vena yang tersumbat, sehingga perlu dilakukan pengobatan tertentu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *