Selaput Dara Yang Tidak Robek Saat Pertama Kali Berhubungan Seks Tanda Jika Tidak Perawan?

Selaput Dara Yang Tidak Robek Saat Pertama Kali Berhubungan Seks Tanda Jika Tidak Perawan?Selaput Dara Yang Tidak Robek Saat Pertama Kali Berhubungan Seks Tanda Jika Tidak Perawan?

Keutuhan selaput dara seorang wanita identik dengan tanda keperawanan.  Selain itu, masyarakat bahwa keperawan seorang wanita sebagai kehormatan dan nama baik keluarga. Selaput dara atau hymen adalah simbol kesucian dan moralitas seseorang wanita yang setiap terhadap agama, budaya serta keluarganya.

Membahas mengenai keperawanan, tentu berbagai mitos dan kepercayaan masyarakat begitu simpangsiur terdengar. Tak heran jika selaput dara dan keperawanan masih dianggap sebagai hal yang tabu untuk dibicarakan di kalangan sebagian masyarakat khususnya wanita.

Apa itu keperawanan?

Perawan sering diartikan sebagai wanita yang belum pernah melakukan seks, sedangkan seks memiliki berbagai cakupan yang bervariasi. Banyak orang yang menganggap seks merupakan aktivitas penetrasi penis ke dalam vagina. Definisi tersebut sangatlah sempit karena mengesampingkan tipe seks lainnya. Beberapa orang yang belum pernah melakukan penetrasi vagina bukan menganggap dirinya sebagai perawan karena sudah pernah melakukan tipe seks lain seperti anal atau oral.

Sebagian orang percaya jika keperawanan bersumber dari persetujuan (keinginan dan menyetujui untuk melakukan hubungan seksual dari setiap pihak yang terlibat). Jadi, banyak yang menganggap jika hubungan seks yang berlandaskan paksaan tidak dianggap jika seseorang bukan perawan lagi.

Apa itu selaput dara?

Selaput dara merupakan jaringan kulit tipis yang melapisi bukaan vagina. Anggapan banyak orang yang mengira jika selaput dara tersebut menutupi keseluruhan vagina. Padahal hymen memiliki berbagai jenis tingkat elastisitas dan ketebalan yang berbeda, serta memiliki bukaan (setiap wanita memiliki bentuk bukaan yang berbeda) untuk memungkinkan darah menstruasi dan cairan tubuh lainnya dapat mengalir keluar.

Pada dasarnya selaput dara memiliki selebar ukuran jari, namun bukaan tersebut tak selamanya berbentuk lubang donat. Untuk beberapa wanita, beberapa selaput dara mereka berbentuk injakan tangga, namun ada pula yang berbentuk seperti lubang-lubang kecil pada seluruh bagian hymen. Dalam kasus yang cukup langka, bukaan bisa terlihat sangat kecil sehingga jari, tampon atau penis mungkin tidak bisa menembus lapisan tersebut dengan mudah bahkan sampai tidak bisa sama sekali. Bahkan ada beberapa wanita yang lahir tanpa selaput dara dalam vaginanya.

Jika seorang anak perempuan menginjak masa pubertas dan tubuh mulai memproduksi hormon estrogen, hal ini dapat menyebabkan hymen berubah tekstur dan menyediakan halangan ‘semu’ yang bermanfaat untuk menikmati hubungan seks tanpa merasa sakit.

Saat ini belum diketahui secara pasti fungsi dari selaput dara. Namun dalam satu teori mengatakan jika hymen ada untuk melindungi bukaan dan daerah sekitanya selama permulaan masa pertumbuhan wanita

Apakah selaput dara robek, tanda tidak perawan?

Mayoritas masyarakat menjadikan keutuhan selaput dara sebagai tolak ukur keperawanan seorang wanita. Padahal keperawanan tidak dapat diukur atau dibuktikan dari pemeriksaan fisik vagina. Selaput dara yang robek saat melakukan hubungan seks pertama kali dapat menyebabkan pendarahan sementara dan sedikit rasa tidak nyaman. Padahal selaput dara bisa saja robet karena kondisi lainnya seperti masturbasi (sengaja memasukkan jari atau mainan seks ke dalam vagina), memasukan tampon, penyisipan speculum saat melakukan pemeriksaan dokter ginekolog, atau melakukan olahraga fisik lainnya (misalnya berkuda, bersepeda, atau senam).

Bahkan beberapa wanita tidak sadar jika selaput dara mereka telah robek, terutama jika hal tersebut tidak terjadi ketika berhubungan seks. Karena robeknya hymen dapat terjadi tanpa ada pendarahan atau rasa sakit.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *