Tips Kompromi Dengan Pasangan Saat Sedang Menghadapi Pertengkaran

Tips Kompromi Dengan Pasangan Saat Sedang Menghadapi Pertengkaran

Tips Kompromi Dengan Pasangan Saat Sedang Menghadapi Pertengkaran

Setiap hubungan asmara tentu tak selamanya berjalan mulus, ada kalanya anda dan dia akan berdebat dan berselisih paham karena hal tertentu. Pertengkaran mungkin tak dapat anda hindari, apalagi baik anda maupun pasangan tentu memiliki latar belakang, prinsip, karakter, perilaku dan pola asuh yang berbeda.Tips Kompromi Dengan Pasangan Saat Sedang Menghadapi Pertengkaran

Meskipun memiliki perbedaan bukan berarti setiap masalah yang anda dan pasangan hadapi, baik besar maupun kecil sebaiknya dihindari. Membiarkan masalah begitu saja karena tak ada pihak yang mau mengalah tentu bukan solusi yang tepat bagi anda berdua. Untuk itu berikut ini adalah strategi berkompromi yang sehat dengan pasangan.

1.      Cari tahu apa yang sebenarnya anda butuhkan dan inginkan

Dalam sebuah hubungan tentunya anda perlu memisahkan mana kebutuhan dan keinginan pribadi, serta kebutuhan dan keinginan bersama pasangan. kebutuhan merupakan hal-hal yang harus ada dan tidak dapat dikompromikan. Misalnya ada kalanya anda membutuhkan waktu sendiri tanpa harus diganggu siapa saja sekalipun itu pasangan anda. Atau, untuk menjalani hubungan asmara ini anda membutuhkan keterbukaan dan kejujuran pasangan selama bersama. Apabila kebutuhan anda tak terpenuhi dengan baik maka anda akan merasa frustasi dan terganggu.

Sementara, keinginan hanyalah sebatas hal-hal yang tidak harus terpenuhi sehingga anda masih bisa menoleransikan hal itu. Anda ingin meluangkan waktu untuk berlibur bersama pasangan, tapi anda atau pasangan berada di situasi darurat sehingga rencana berlibur pun batal. Atau anda ingin memberikan hadiah pada pasangan di saat perayaan hari jadi, akan tetapi karena ada kebutuhan lain yang harus terpenuhi. Maka pemberian hadiah anda tunda. Bahkan dalam kehidupan rumah tangga pun ada beberapa keinginan yang dapat ditoleransi seperti pembagian tugas rumah.

2.      Pahami pula keinginan dan kebutuhan pasangan

Kunci dari hubungan asmara yang sehat adalah komunikasi dua arah dari kedua pihak. Setelah anda tahu kebutuhan dan keinginan yang dimiliki, maka pasangan pun juga perlu melakukan hal yang sama. ajaklah pasangan anda untuk ikut menentukan kebutuhan dan keinginan berdua. Cobalah luangkan sedikit waktu anda berdua untuk menjelaskan beberapa hal penting daam hubungan dan pisahkan mana yang tergolong pribadi.

Kebuthan merupakan hal pokok yang telah disepakati bersama. Dengan memisahkan kebutuhan dan keinginan, anda berdua pun akan lebih mengerti tentang batasan dalam hubungan sehingga dapat meminimalisir adu cekcok.

Agar diskusi tak menjadi alot dan menguras emosional anda berdua, maka pastikan pikiran anda berdua tetap stabil, tenang dan dalam mood yang baik.

3.      Selalu bersikap tenang dan fokus

Mempertahankan ego masing-masing dan hanya ingin menang sendiri tentu anda dan pasangan tidak akan menemukan titik terang. Hal ini justru akan menimbulkan petaka dalam hubungan asmara anda. Untuk itu, cobalah menyendiri terlebih dahulu, tenangkan pikiran dan emosi anda sebelum bertemu lagi dengan pasangan. lakukan aktivitas yang membuat anda merasa lebih baik misalnya meditasi, menulis jurnal, mendengarkan musik, berolahraga, berendam dengan air panas. Usahakan untuk meluangkan waktu tersebut meski hanya sebentar, karena hal ini dapat membuat pikiran anda lebih jernih.

Selain itu, usahakan kondisi fisik dan emosional anda stabil. Sengan demikian diskusi pun akan menjadi lebih luwes tanpa diwarnai pertengkaran.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *