menghilangkan kebiasaan masturbasi

Tips Mengatasi Kebiasaan Masturbasi

Sering merasakan kenikmatan dari kegiatan masturbasi memang akan terbentuk menjadi kebiasaan. Terlebih saat anda telah memiliki pasangan maka kebiasaan tersebut secara tidak langsung akan mengganggu keharmonisan anda. Masturbasi akan berubah menjadi kegiatan yang adiktif dan dapat mengganggu sisi kesehatan, psikologis maupun sosial. Selain itu, keseringan masturbasi akan dapat membuat hilangnya gairah seksual, depresi bahkan hingga impotensi. Oleh karena itu agar hal-hal tersebut tidak terjadi pada anda, berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan masturbasi secara efektif.

Menghindari Pencetus Masturbasi

Setiap perilaku selalu berawal dari pencetus atau trigger, termasuk  soal kebiasaan masturbasi. Maka anda bisa mulai menyadari hal-hal apa saja yang dapat menjadi pencetus anda melakukan masturbasi. Misalnya saja kebiasaan anda melihat film porno, membaca cerita seks, atau bahkan mendengar suara-suara sensual. Setelah anda menyadari pencetus perilaku masturbasi, maka anda bisa mulai menghindarinya. Bila anda masih kesulitan untuk menghindarinya langsung maka anda bisa lakukan secara perlahan, namun ada baiknya niatkan untuk menghindari secara total.

Berolahraga

Hasrat seksual merupakan sebuah energi yang tersimpan dalam tubuh dan sewaktu-waktu butuh disalurkan. Daripada dilepaskan dengan bermasturbasi, maka ada baiknya anda melepaskan energi seksual tersebut dengan dialihkan pada aktivitas fisik seperti olahraga. Dengan berolahraga, anda dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat hati anda senang serta memicu perasaan positif dalam tubuh anda. Hormon endorfin merupakan hormon yang sama diproduksi saat anda bermasturbasi. Oleh karena itu, olahraga sangat efektif untuk mengurangi kecanduan anda terhadap masturbasi.

Mengisi aktivitas sosial

Aktivitas masturbasi biasanya diawali saat anda merasa bosan serta kesepian. Dengan melakukan kegiatan sosial akan membuat anda menjadi banyak berinteraksi dengan orang lain, sehingga godaan untuk melakukan masturbasi bisa berkurang sedikit demi sedikit. Bila anda orang yang introvert, maka anda bisa mulai belajar untuk keluar dari kesendirian anda dengan cara bergabung denga klub sesuai hobi anda. Carilah teman-teman yang memiliki kegiatan yang mengarah pada hal-hal yang positif.

Mencari Orang yang Dapat dipercaya

Jika anda merasa bahwa kebiasaan masturbasi anda sudah sulit untuk dihentikan dan sudah mengganggu kehidupan anda, maka anda bisa menceritakan masalah anda pada seseorang yang menurut anda dapat dipercaya. Anda bisa menceritakan pada sahabat atau bahkan dengan pasangan. Dengan menceritakan apa yang anda rasakan maka orang terdekat dapat membantu anda dalam mencari solusi. Dengan adanya dukungan dari orang terdekat maka akan membuat anda tidak merasa sendirian serta anda menjadi lebih termotivasi untuk mengurangi kebiasaan buruk anda. Selain itu, anda juga bisa mengkonsultasikan masalah kebiasaan masturbasi anda pada ahli seperti dokter, psikolog ataupun seksolog. Carilah ahli yang mengkhusukan diri untuk membantu orang-orang dengan gangguan seksual, sehingga memungkinkan untuk membantu anda menemukan cara yang efektif untuk lepas dari kebiasaan masturbasi.

Menurangi kebiasaan buruk seperti bermasturbasi memang sangat berat, namun apabila anda memiliki niat yang kuat maka secara perlahan kebiasaan buruk tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *