Tips Untuk Mengatasi Seseorang Yang Melakukan Percobaan Bunuh Diri

Tips Untuk Mengatasi Seseorang Yang Melakukan Percobaan Bunuh Diri

Bunuh diri dan kenapa orang melakukannya?

Bunuh diri menurut masyarakat adalah sebuah tindakan negative yang bertujuan untuk mengakhiri hidupnya. Bunuh diri bisa dianggap penyakit gangguan jiwa seseorang yang disebabkan oleh beberapa hal seperti depresi, kecemasan, rasa takut yang berlebihan atau hal-hal lainnya.

Dampak dari percobaan bunuh diri

Bagi korban percobaan bunuh diri merasa bahwa mereka bukan orang normal seperti yang lainnya dan mereka sering sekali mengalami pengucilan dalam lingkungan masyarakat. Bukan hanya dari korban, terkadang keluarga korbanpun juga mengalami dampak sosial dari kejadian percobaan bunuh diri. Bisa saja masyarakat mengatakan bahwa “orang tua yang tidak bisa mengurus anak” atau “istri yang terlalu menuntut banyak pada suami” dan masih banyak presepsi negative masyarakat  lainnya. Hal tersebut tidak bisa dianggap sepele, lingkungan yang seperti itu malah membuat korban semakin memburuk.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita mengetahui bersama bagaimana cara mengatasi seseorang yang melakukan percobaan bunuh diri?

  1. Mencari tenaga ahli kesehatan mental dan membuat grup dukungan

Ada yang perlu kita ketahui bersama bahwa kondisi korban percobaan bunuh diri saat itu berada dalam tingkat emosional yang buruk. Biasanya korban merasakan stress berat, kekecewaan yang mendalam dengan orang terdekat dan rasa putus asa terus menerus atau kondisi emosional lainnya. Dengan demikian diharapkan korban ditangani oleh tenaga ahli kesehatan mental dan didukung dengan lingkungan yang mensupport mentalnya.

      2. Prioritaskan keamanan di rumah korban

Rumah adalah tempat kembali bagi anggota keluarga yang sedang pergi kemanapun, termasuk bagi korban percobaan bunuh diri yang selesai melakukan perawatan khusus. Usahakan perabotan di rumah aman dari tindakan percobaan bunuh diri dan senantiasa mengawasi korban selama di rumah.

       3. Senantiasa menerima bentuk emosional seperti kemarahan atau kebencian

Sering kita temui pada orang terdekat korban percobaan bunuh diri jika mereka sering merasa marah terhadap tindakan korban. Banyak yang merasa bahwa apa yang dilakukan korban adalah hal bodoh dan tidak memikirkan bagaimana nasib mereka yang akan ditinggalkan. Namun di sisi lain, korban sering merasa bahwa lingkungan mereka tak pernah mengerti kondisinya, banyak korban yang merasa bahwa beban hidup sendirian. Akan lebih baik jika orang terdekat seperti keluarga atau sahabat bergabung dalam grup dukungan dan sesering mungkin berkonsultasi dengan tenaga ahli yang mengatasi kasus korban.

        4. Memberikan edukasi kepada lingkungan korban

Kasus percobaan bunuh diri sering sekali menjadi pembahasan topic yang menarik pada masyarakat. Pada kondisi tersebut membuat korban percobaan bunuh diri tidak dapat menerima presepsi negative dari masyarakat atau bahkan lingkungan keluarga terbesar. Sebaiknya hindari pertanyaan mengapa korban melakukan hal demikian? Apa penyebabnya atau pertanyaan terkait kasus percobaan bunuh diri tersebut. Akan lebih baik jika kita memperbanyak pengetahuan dan informasi mengenai kondisi korban melalui berkomunikasi dengan tenaga ahli kesehatan mental.

Informasi di atas diharapkan dapat menambah pengetahuan kita dalam bagaimana mengatasi korban percobaan bunuh diri. Apabila kita memberikan perilaku yang salah seperti tindakan pengucilan atau tindakan intimidasi lainnya, tidak akan membuat korban semakin membaik. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan mengenai informasi di atas atau permasalahan psikologis lainnya anda dapat mengakses website kami di http://maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 085290499960.

Semoga informasi diatas menambah informasi dan wawasan kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *