Berbagai Tes Kesehatan Sebelum Menikah Yang Harus Dilakukan Wanita

Berbagai Tes Kesehatan Sebelum Menikah Yang Harus Dilakukan Wanita

Berbagai Tes Kesehatan Sebelum Menikah Yang Harus Dilakukan Wanita

Menjelang pernikahan tentu ada banyak hal yang harus disiapkan oleh calon pengantin. Bukan hanya konsep pernikahan, undangan, dan keuangan saja. Menjelang pernikahan ada baiknya anda dan pasangan membekali diri dengan menjalani tes kesehatan. Hal ini tidak dilakukan oleh pria saja, namun kalangan wanita juga harus melakukannya. Untuk penjelasan lebih lanjut, berbagai tes kesehatan yang harus dilakukan oleh wanita.

Berbagai Tes Kesehatan Sebelum Menikah Yang Harus Dilakukan Wanita

Sumber : Freepik

Sepenting apakah tes kesehatan sebelum menikah?

Tes kesehatan sebelum menikah merupakan serangkaian tes yang harus dijalani calon pengantin sebelum resmi menikah. Pemeriksaan ini sebaiknya menjadi salah satu syarat yang harus dilakukan sebelum kedua pasangan resmin menjadi pasangan suami istri. Untuk itu, ada baiknya kedua calon pengantin harus melakukan tes ini.

Akan tetapi, pada kalangan wanita tes kesehatan ini dilakukan untuk menilai kondisi fisik, organ, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan guna persiapan kehamilan nanti. Tak semua wanita memiliki kondisi kesehatan yang prima, terkadang ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin belum dideteksi sebelumnya. Untuk itu, fungsi tes kesehatan pranikah akan membantu menilai kondisi kesehatan anda.

Berbagai rangkaian tes kesehatan pranikah bagi wanita

Pada dasarnya tes kesehatan pranikah yang dilakukan oleh wanita tak berbeda jauh dengan pria. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan dalam beberapa bulan sebelum hari pernikahan. berikut ini serangkaian pemeriksaan kesehatan pranikah yang dilakukan oleh wanita antara lain:

1.      Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan fisik mungkin terdengar hal yang sepele, namun bukan berarti anda mengabaikannya. Pemeriksaan fisik akan membantu anda untuk memberikan gambaran mengenai status kesehatan anda saat ini. Tes ini mencakup pengecekan tekanan darah, serta penilaian riwayar kesehatan anda. Sebagai wanita yang akan mengandung anda, adanya tekanan darah tinggitentu akan berisiko pada kehatan janin dan kehamilan anda. Pemeriksaan fisik akan membantu anda dalam merencanakan momongan.

2.      Pemeriksaan penyakit menular seksual

Mengingat jika dalam pernikahan aktivitas seksual sangat mungkin dilakukan. Maka ada baiknya anda melakukan pemeriksaan penyakit menular seksual untuk hasil yang akurat. Dalam pemeriksaan ini diperlukan tes darah dan urine. Pengujian VDRL dan RPR akan membantu anda untuk mendeteksi penyakit menular seksual dengan darah.

Dikutip dari Mayo Clinic, menjelaskan HIV dan sifilis dapat dideteksi melalui dara. Selain itu penyakit seksual menular lainnya yakni herpes, hepatitis, gonore, serta HIV juga dapat dideteksi melalui urine dan tes darah. Yang perlu anda pahami jika beberapa penyakit menular seksual tidak menunjukkan gejala spesifik.

3.      Pemeriksaan darah

Pemeriksaan darah sebelum menikah bertujuan untuk mengetahui kondisi wanita lebih mendalam lagi. Pemeriksaan darah dimulai dari hemoglobin, sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), trombosit, hematokrit, hingga lajut endap darah.

Pemeriksaan darah ini, hasil tersebut bisa menganalisa kemungkinan penyakit kelainan darah yang mungkin anda miliki. Misalnya saja leukimia, anemia, polisitemia vera, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu golongan darah serta rhesusnya pun juga ikut diperiksa.

4.      Pemeriksaan organ reproduksi

Pemeriksaan terakhir yang tak boleh anda lewatkan adalah pemeriksaan organ reproduksi, umumnya pemeriksaan ini menggunakan alat ultrasonografi atau USG. Seluruh organ reproduksi wanita yang diperiksa antara lain vagina, leher rahim, rahim,seluran telur, dan indung telur.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *