Konsultasi Psikologi Online : 3 Manfaat Konseling Online

Konsultasi Psikologi Online : 3 Manfaat Konseling Online

Saat ini hampir semua orang tidak bisa terlepas dari yang namanya gadget atau smart phone. Bila diberi pengandaian, orang akan lebih memilih ketinggalan dompet dibandingkan harus ketinggalan smartphone. Tidak bisa dipungkiri, bahwa handphone kini tak hanya sebagai alat komunikasi semata namun juga sudah berubah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari keseharian orang. Seperti handphone sebagai alat untuk mengambil momen-momen berharga, handphone sebagai alat untuk pembayaran, dan handphone juga bisa digunakan sebagai media untuk konseling.

Konseling online atau konseling melalui handphone memang masih tergolong baru di Indonesia. Sebab definisi konseling yang dipahami masih sekedar konseling secara konvensional, yaitu bertemu tatap muka secara langsung. Sehingga tak heran, konseling online masih dijadikan sebagai alternatif bila benar-benar tidak bisa melakukan konseling tatap muka. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman dan kecematan komunikasi bahwa saat ini konseling online sudah mulai diminati oleh klien maupun psikolog itu sendiri. Konseling tetep bisa dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip konseling walau dilakukan secara online tanpa tatap muka secara langsung. Ternyata maraknya penggunaan konseling online oleh klien sempat diteliti oleh Elleven & Allen, di tahun 2004. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa konseling online dapat membantu untuk menjembatani kesenjangan yang ada terkait konseling konvensional yang ada selama ini, seperti aksesibilitas, kenyamanan, keterjangkauan dan banyak hal lagi.  Oleh karena itu untuk lebih jelasnya, kami akan menjelaskan beberapa manfaat dari konseling online, yaitu sebagai berikut:

  1. Aksesbilitas

Konseling online dapat diakses oleh semua orang kapan saja dan dimana saja. Terapi online dapat mengatasi hambatan yang mungkin dapat menghalangi orang lain dalam mencari terapi. Contohnya seperti, seseorang yang berada di pedesaan atau di daerah yang terpencil di mana tidak ada layanan konseling di daerahnya maka dapat menggunakan konseling online untuk mendapatkan pertolongan psikologis. Selain itu bagi meraka yang memiliki keterbatasan fisik atau tidak dapat meninggalkan rumah juga bisa mengakses layanan konseling online dengan mudah dan tentu saja tidak mengurangi kenyamanan.

Konseling onlien juga telah terbukti efektif untuk dapat mendorong anak-anak dan remaja untuk melakukan konseling sebab mereka sudah sangat dekat kesehariannya dengan penggunaan internet. Konseling online juga dapat digunakan walau psikolog sedang tidak ada di tempat, yaitu dengan melalui email dan tetap bisa beristeraksi walau tidak berkomunikasi secara langsung.

  1. Kenyamanan

Konseling online memberikan kenyamanan baik bagi psikolog maupun klien satu sama lain. Cara terapi ini tentu saja menjadi alternatif penyelesaian dalam kerumitan penjadwalan serta pengaturan janji antara psikolog dan klien secara konvensional. Hal ini tentunya menciptakan kesempatan seluas-luasnya bagi klien untuk mengakses terapis dengan mudah dan dapat disesuaikan dengan letak geografis daerah yang memiliki zona waktu yang berbeda.

Selain itu, konseling dan terapi online juga dapat menyaman kan bagi mereka yang ambivalen atau merasa kurang nyaman dengan model terapi konvensional. Klien yang demikian akan menilai bahwa konseling online lebih menyamankan karena tidak harus bericara tatap muka dengan seseorang yang baru dikenalnya terkait permasalahan yang selama ini dilami.

  1. Terjangkau

Konseling web telah terbukti lebih ekonomis baik bagi klien maupun bagi terapis. Hal ini terutama bagi klien yang memiliki keterbatasan biaya untuk menjangkau layanan kesehatan psikologis. Dapat dikatakan bahwa dengan konseling online dapat memangkas beberapa biaya seperti biaya transportasi, biaya soal waktu, serta biaya-biaya lain yang tidak terduga ketika akan melakukan konseling secara tatap muka.

Demikianlah beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan ketika anda hendak melakukan konseling online. Sebenarnya pemilihan dalam model konseling yang ingin dilakukan itu semua kembali lagi ke klien. Sebab ada tipe-tipe klien yang lebih senang bertemu langsung dalam menyampaikan persoalan yang dihadapinya dan ada pula tipe klien yang justru lebih nyaman melakukan konseling melalui gadget. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari layanan konseling, bila anda membutuhkan konseling tatap muka ataupun secara online, maka anda bisa hubungi MARAGAMA Consulting di nomor 0852 904 999 60 untuk informasi lebih lanjut.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *